manfaat khasiat pohon pepaya dari daun sampai akar - alfa singasari

manfaat khasiat pohon pepaya dari daun sampai akar

loading...
loading...

Sebagian besar kita mengenal pohon pepaya hanya untuk di konsumsi buahnya karena rasanya yang manis dan daunnya dimasak baik dengan ditumis, rebus maupun dengan cara yang lain. Tetapi ternyata tidak sebatas itu saja, tanaman dengan nama latin Carica papaya L ini mempunyai manfaat khasiat dari daun sampai akarnya. Sungguh Anugerah yang begitu besar dari Sang Pencipta alam semesta. Sudah sepantasnya kita sebagai manusia yang memanfaatkan pohon pepaya untuk bersyukur dan berterimakasih kepada - Nya.


manfaat khasiat pohon pepaya dari daun sampai akar

MANFAAT / KHASIAT POHON PEPAYA DAPAT DIGOLONGKAN MENJADI 3 YAITU :

  1. KESEHATAN
  2. KECANTIKAN
  3. KONSUMSI / MAKANAN
UNTUK LEBIH JELASNYA, AKAN SAYA URAIKAN SATU PERSATU, SIAPKAN DULU AMUNISINYA AGAR ANDA TIDAK TERGANGGU PADA SAAT MEMBACANYA, CEMILAN, MAKAN KECIL DAN LAINYA AGAR ANDA LEBIH MENIKMATINYA. OKE LANGSUNG SAJA TANPA BASA - BASI LAGI

1. MANFATA POHON PEPAYA UNTUK KESEHATAN

Dalam pohon pepaya terkandung enzim papain yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain kandungan enzim papain, dalam pohon pepaya juga terkandung sifat anti septik yang berfungsi untuk mencegah perkembangan bakteri - bakteri yang hidup di dalam usus kita. Tak heran jika sebagian besar Dokter merekomendasikan pepaya untuk mengatasi masalah pencernaan. Beberapa senyawa yang diketahi terkandung dalam daun pepaya antara lain : Enzym Papain, Alkaloid, Karpaina, Pseudo-Karpaina, Glikosid, Karposid, Sakarosa, Levulosa.
Alkaloid Karpaina mempunyai efek seperti digitalis, sementara buahnya mengandung Beta Karotin, Pectine, galakktosa, arabinosa, papain, papayotimin papain dan fitokinase.
     
     1) Daun Pepaya bermanfaat untuk:

a.  Mencegah Kanker
Dari beberapa  penelitian dijelaskan,   daun pepaya  mengandung  getah  putih    seperti susu (White  milky  latex)  yang   berpeluang   dikembangkan    sebagai    anti kanker, sebagaimanadikutip   dari    journal    Society    of   biology.    getah    pepaya iniotomatis  didapatkan pada saat kita  mengkonsumsi  daun  pepaya.  bisa  dimasak  dengan cara apapun.

b.  Mengontrol Tekanan Darah
Caranya yaitu : 5 lembar daun papaya direbus dengan setengah liter air hingga air rebusan tinggal tiga perempatnya, diamkan beberapa saat sampai air rebusan menjadi dingin. Tara……. Siap deh diminum, Jika  perlu  tambahkan  gula  merahatau madu agar terasa lebih manis. Mudahkan…..??????

c. Mengobati nyeri haid
Caranya yaitu : 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya, di rebus dengan segelas air hingga mendidih, tunggu sampai dingin, baru deh…. Diminum, soal rasa jangan di Tanya pasti lebih enak dan segar dari pada minun obat -  obatan dari bahan kimia.


d. Mengobati Demam Berdarah 
Untuk penderita demam berdarah, Atau yang sedang mengalami gejala demam berdarah sangat disarankan untuk mengkomsumsi daun pepaya ini, Karena daun pepaya memiliki kandungan yang dapat mengobati dan menetralkan gejala demam berdarah yang di sebabkan oleh Nyamuk.
Caranya yaitu : 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah di campur kemudian  rebus hingga masak, seperti biasa  dinginkan dulu sebelum diminum.

e. Mengobati Demam Berdarah
Untuk penderita demam berdarah, Atau yang sedang mengalami gejala demam berdarah sangat disarankan untuk mengkomsumsi daun pepaya ini, Karena daun pepaya memiliki kandungan yang dapat mengobati dan menetralkan gejala demam berdarah yang di sebabkan oleh Nyamuk. Caranya yaitu : 5 lembar daun pepaya di campur temulawak serta meniran.

      2) Biji buah pepaya bermanfaat untuk :

Perlu juga diketahui bahwa selain bisa di jadikan bibit untuk di tanam kembali, biji buah pepaya juga bisa dijadikan obat yang sangat berkhasiat antara lain :

a. Biji Pepaya Sebagai Antibakteri
Penelitian telah melakukan dan menemukan bahwa biji pepaya ternyata efektif membasmi E. coli, Salmonella, dan infeksi Staph.

b. Melindungi Ginjal
Penelitian telah menyatakan bahwa dari ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari racun-diinduksi gagal ginjal.

c. Menghilangkan Parasit Di Usus
Banyak bukti bahwa biji pepaya membasmi parasit usus. Dalam sebuah penelitian yang di lakukan pada Anak-anak di Negeria dengan prasit usus, 76,7% dari Anak-anak bebas parasit setelah 7 hari pengobatan dengan biji pepaya dibandingkan dengan hanya 16,7% dari Anak-anak yang menerima plasebo.

d. Menetralisir Racun Dalam Hati
Dalam pengobatan di negri cina, Di yakini kalau sesendok teh biji pepaya dapat membantu detoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter secara alami dalam pengobatan pada sirosis hati.

e. Mengobati Cacingan
Penyakit yang memalukan ini, juga sangat baik di basmi dengan biji pepaya, Bahkan sangat ampuh. Peringatan : Bagi ibu yang sedang hamil jangan Sekali-kali mengkomsumsi biji pepaya sebagai obat, Karena akan meningkatkan resiko (Keguguran).
       
      3) Akar pepaya bermanfaat untuk :

Bagian akar dari pohon pepaya juga memiliki khasiat yang tidak sedikit untuk kesehatan. Berikut di bawah ini beberapa manfaat akar pepaya yang perlu kita ketahui.

a. Kesehatan Ginjal
Sebagai obat untuk penyakit ginjal, baik yang telah terkena maupun untuk menghindari penyakit ginjal.
Caranya yaitu : Rebus 3 potong akar pepaya bersama 1 liter air, Kemudian campur dengan madu untuk meminumnya.

b. Mengobati Cacingan
Akar pepaya juga baik untuk mengobati penyakit cacingan.
Caranya yaitu : Ambil satu jari akar pepaya dan 1 siung bawang putih, Kemudian direbus dalam 100 ml air, Setelah mendidih, angkat dan dinginkan, Di minum 2 kali sehari.

c. Mengatasi Gangguan Saluran Kencing
Caranya yaitu : 3 potong akar pepaya di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, Lalu saring. Diminum 1/2 gelas, 1 kali sehari.

d. Untuk Mengobati Rematik
Caranya Yaitu : Haluskan 30 gram akar pepaya, Dan 20 gram daun jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng cina, 30 gram daun sirih segar, dan 5 buah cabai rawit. Rendam campuran dalam alkohol 75% selama 7 hari, Kemudian peras dan saring. Gunakan airnya Untuk menggosok dan mengurut pada bagian yang sakit, Lakukan 2-3 kali sehari. (BACA JUGA TENTANG BUAH NAGA)

2.  MANFAAT POHON PEPAYA UNTUK KECANTIKAN

      1). Mengobati Jerawat


manfaat khasiat pohon pepaya dari daun sampai akar
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan penampilan muka, karena ada jerawatnya. Jangan kawatir  daun papaya juga bermanfaat untuk kecantikan kulit yaitu Menghilangkan jerawat. Caranya yaitu : 2-3 lembar daun pepaya tua diJemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan satu setengah sendok air, Kemudian  oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih, tara…….. wajah anda akan kembali bersih setelah teratur menggunakan ramuan ini secara continue.

    2). pembersih kulit
Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme dan racun lainnya. Sehingga membuat kulit lebih bersih dan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti bintik-bintik dan noda.

    3). Kondisioner Alami
Ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai  kondisioner bersama dengan bahan lain seperti santan dan madu untuk rambut yang berkilau. Kondisioner alami ini akan mmebuat rambut lebih bernyawa dan melembutkan rambut kasar yang sulit diatur.

   4). Menghilangkan ketombe
Ekstrak daun pepaya terutama digunakan sebagai bahan pembuatan sampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa efek samping.

3. MANFAAT POHON PEPAYA UNTUK KONSUMSI/ MAKANAN

Manfaat pohon pepaya untuk dikonsumsi atau sebagai bahan makanan adalah dengan memasaknya terlebih dahulu, bagian - bagian yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan masakan yaitu :

    1). Daun Pepaya

Daun pepaya ini bisa dimasak menjadi beberapa jenis masakan yaitu ada yang suka di tumis, dimasak dengan santan atau pun dijadikan bobor.
    
    2) Bunga Pepaya

Kebanyakan para ibu - ibu memanfaatkan bunga pepaya untuk masakan tumis, dengan titambahkan beberapa bahan lain.

    3). Buah Pepaya

Untuk buah pepaya apabila masih muda dapat juga dimasak dengan cara ditumis, sedangkan yang sudah matang secara alami dari pohon bisa langsung dikonsumsi.

Untuk mengatasi rasa pahit pada daun pepaya sebelum dijadikan masakan, anda perlu mencoba tips berikut ini :
  • Direbus dengan menggunakan tanah lempung, biasanya berwarna hijau agak putih, kemudian dibilas dengan air. 
  • Direbus dengan beberapa lembar daun jambu biji, kemudian setelah direbus dapat dibilas denga air dan diolah sesuai resep.
  • Direbus saja dengan garam sampai layu dan kemudian di bilas lagi dengan air dan rebus lagi sampai matang untuk dapat diolah untuk berbagai masakan.
Sekian, dan terimakasih atas kesediannya meluangkan waktu anda untu berkunjung. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu bagi kita.
Loading...
First

1 komentar:

Oh ternyata banyak sekali manfaat pohon pepaya, semua berguna dari daun sampai akarnya, ijin coba gan


EmoticonEmoticon