rpp bahasa indonesia mengungkapkan informasi kelas 6 sd lengkap - alfa singasari

rpp bahasa indonesia mengungkapkan informasi kelas 6 sd lengkap

loading...
loading...
Rencana pelaksanaan pempelajaran atau disebut juga RPP adalah sebuah kerangka acuan atau pedoman yang digunakan oleh seorang guru untuk mengajar muridnya dikelas. Dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini yang mewajibkan seorang guru dapat merancang pelaksanaan pembelajaran maka RPP ini sangat penting bagi seorang guru. Pada kesempatan ini saya mencoba memberikan rpp bahasa indonesia mengungkapkan informasi kelas 6 sd lengkap, semoga bisa dijadikan referensi dan perbandingan.

RPP yang baik memuat hal – hal berikut ini :


rpp bahasa indonesia mengungkapkan informasi kelas 6 sd lengkap
•         Nama sekolah
•         Mata pelajaran
•         Kelas / smester
•         Alokasi waktu
•         Tanngal pelaksanaan
•         Standar kompetensi
•         Kompetensi dasar
•         Indicator
•         Materi
•         Langkah – langkah pembelajaran (kegiatan awal, inti dan kegiatan akhir )
•         Alat, media meode dan sumber bahan
•         Evaluasi , dan
•         Lampiran

Manfaat dari RPP yaitu :
  • Waktu pembelajaran evektif karena sudah tersusun rapi
  • Memudahkan guru mengelola kelas
  • Tujuan pembelajaran dapat tercapai
  • Materi yang lengkap, karena sudah dipersiapkan sebelumnya
contoh rpp bahasa indonesia mengungkapkan informasi kelas 6 sd lengkap evaluasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah  : SDN 1 SUKA MAJU
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Pelaksanaan : Sabtu 8 Maret 2016


I. STANDAR KOMPETENSI

4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
        ringkasan dialog dan para frase

II. KOMPETENSI DASAR

4.1 Mengisi formulir ( pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, daftar riwayat hidup, dll) dengan benar

III. INDIKATOR

Mengidentifikasi ciri – ciri bahasa dari formulir daftar riwayat hidup.
Mengisi formulir daftar riwayat hidup sesuai dengan aturan penulisannya

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan penjelasan guru tentang ciri – ciri bahasa dari formulir daftar riwayat hidup, siswa
        dapat menceritakan bahasa yang digunakan dalam formulir daftar riwayat hidup dengan benar
Dengan penjelasan guru tentang formulir daftar riwayat hidup, siswa dapat memberikan contoh
        manfaat formulir daftar riwayat hidup
Dengan bertanya jawab tentang formulir daftar riwayat hidup, siswa dapat mengisi  formulir
        daftar riwayat hidup sesuaI dengan aturannya

V. MATERI PEMBELAJARAN

Daftar riwayat hidup adalah formulir yang berisi tentang data diri tentang seseorang secara lengkap. Mulai dari nama sampai dengan pendidikan. Daftar riwayat hidup biasanya dipakai seseorang untuk melamar pekerjaan atau untuk mendaftarkan sekolah, les dan menjadi anggota organisasi.
Daftar riwayat hidup berfungsi sebagaiacuan untuk mengetahui data diri seseorang sehingga orang tersebut mudah dikenali. Bahasa yang digunakan dalam daftar riwayat hidup sesuai dengan aturan penulisannya dan diisi sesuai dengan data diri masing – masing.
Contoh formulir daftar riwayat hidup

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama : Alfa Singasari
Tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 09 Juni 1985
Jenis Kelamin : Laki – laki
Agama : Islam
Alamat : Kampung Baru 11 / 6 , Jakarta Barat
Status : Kawin
Nama orang tua : Budi Santoso
Pendidikan Terakhir : Perguruan Tinggi
Pengalaman Kerja : Guru IPA di SD Teladan Jakarta Barat

VI. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal ( 10 menit )

1. Guru mengucapkan salam untuk memulai pelajaran
2. Guru memimpin doa
3. Guru mengabsen kehadiran siswa, dilanjutkan pengenalan diri secara singkat
4. Guru menyiapkan alat pembelajaran
5. Guru mengadakan apersepsi dengan cara Tanya jawab

B. Kegiatan Inti ( 40 Menit )

1. Guru memulai pembelajaran di papan tulis dan meminta siswa memperhatikan pelajaran
2. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang ciri – ciri bahasa yang digunakan dalam daftar
        riwayat hidup
3. Guru bertanya tentang manfaat daftar riwayat hidup
4. Siswa memperhatikan contoh cara mengisi daftar riwayat hidup
5. Siswa menjawab pertanyaan tentang tata cara pengisian daftar riwayat hidup

C. Kegiatan Akhir ( 20 Menit )

1. Siswa menulis rangkuman
2. Siswa mengerjakan soal evaluasi
3. Guru bersama siswa mengoreksi hasil evaluasi
4. Guru menganalisa tentang hasil pencapaian target atau tujuan pembelajaran
5. Guru menutup pelajaran dengan berpesan agar siswa belajar lebih giat lagi
6. Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam

VII. ALAT / MEDIA, METODE, DAN SUMBER BAHAN

A. Alat / Media
Formulir daftar riwayat hidup

B. Metode
Ceramah
Tanya jawab
Penugasan

C. Sumber Bahan
Silabus  kelas VI
Buku paket Bahasa Indonesia 6. Muh. Darisman.Spd. dkk hal 7 - 8

VIII. EVALUASI

A. Prosedur Tes
1. Tes Awal : ada, lisan dalam apersepsi
2. Tes dalam proses : ada, lisan dalam proses pembelajaran
3. Tes Akhir : ada, Tertulis dalam tes formatif

B. Teknik Tes
1. Lisan
2. Tertulis
3. Penugasan

C. Bentuk Tes
1. Pilihan Ganda
2. Esay
3. uraian

D. Alat Tes
1. Soal Terlampir
2. Kunci jawaban, skor penilaian terlampir


Wonosobo, 8 Maret 2016
Teman Sejawat                                                               Praktikan



Edi sarjana                                                            Alfa Singasari
Nip :

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN 1 SUKA MAJU



Nama
Nip :



Lampiran rpp bahasa indonesia mengungkapkan informasi kelas 6 sd lengkap lengkap 


LEMBAR EVALUASI

I. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c atau d sebagai jawaban yang tepat!

1. Formulir yang berisi data diri seseorang secara lengkap disebut ….
a. Daftar riwayat hidup
b. Wesel poss
c. Kartu pos
d. Kartu undangan

2. Nama lengkap dan nama panggilan terdapat di ….
a. Wesel pos
b. Daftar riwayat hidup
c. Kartu undangan
d. Kartu pos

3. Hal – hal berikut terdapat pada daftar riwayat hidup kecuali …
a. Nama
b. Tempat tanggal lahir
c. Alamat
d. Tokoh idola

4. Dalam surat lamaran pekerjaan terdapat beberapa lampiran diantaranya …
a. Waktu acara
b. Pengisi hiburan
c. Daftar riwayat hidup
d. Jadwal kegiatan

5. Daftar riwayat hidup dapat digunakan untuk melamar ….
a. Kekuatan
b. Perbuatan
c. Seseorang
d. pekerjaan

II. Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban singkat dan tepat!

1. Daftar riwayat hidup adalah …
2. Daftar riwayat hidup berfungsi untuk ….

III. jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Sebutkan hal – hal apa saja yang terdapat dalam daftar riwayat hidup….
2. Apa kegunaan formulir daftar riwayat hidup…



LEMBAR KUNCI JAWABAN

I. Pilihan ganda

1. A
2. B
3. D
4. C
5. D

II. Esay
1. Daftar riwayat hidup adalah formulir yang berisi tentang data diri seseorang secara lengkap
2. Berfungsi untuk mengetahui data diri seseorang sehingga orang tersebut mudah dikenali

III. Uraian
1. Nama lengap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat, status, nama orang tua,
        pendidikan terakhir, pengalaman kerja.
2. Manfaat DRH
a. Melamar pekerjaan
b. Masuk sekolah
c. Daftar organisasi


PENILAIAN

I. Pilihan ganda  = 5 X 10  = 50
II. Esay = 2 X 10  = 20
III. Uraian = 2 X 15  = 30 +
NILAI               = 100

NICH MASIH ADA YANG LAIN :
  1. contoh rpp ipa kelas 6 sd lengkap evaluasi 
  2. contoh rpp ipa kelas 3 sd lengkap evaluasi 
  3. contoh rpp ips kelas 4 sd lengkap lembar evaluasi
  4. contoh rpp ips kelas 3 SD lengkap evaluasi 
Loading...


EmoticonEmoticon