rpp ipa perubahan sifat benda kelas 3 sd lengkap - alfa singasari

rpp ipa perubahan sifat benda kelas 3 sd lengkap

loading...
loading...
Rencana pelaksanaan pempelajaran atau disebut juga RPP adalah sebuah kerangka acuan atau pedoman yang digunakan oleh seorang guru untuk mengajar muridnya dikelas. Dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini yang mewajibkan seorang guru dapat merancang pelaksanaan pembelajaran maka RPP ini sangat penting bagi seorang guru. Pada kesempatan ini saya mencoba memberikan RPP IPA PERUBAHAN SIFAT BENDA  KELAS 3 SD LENGKAP, semoga bisa dijadikan referensi dan perbandingan.

RPP yang baik memuat hal – hal berikut ini :


·         Nama sekolah
·         Mata pelajaran
·         Kelas / smester
·         Alokasi waktu
·         Tanngal pelaksanaan
·         Standar kompetensi
·         Kompetensi dasar
·         Indicator
·         Materi
·         Langkah – langkah pembelajaran (kegiatan awal, inti dan kegiatan akhir )
·         Alat, media meode dan sumber bahan
·         Evaluasi , dan
·         Lampiran

Manfaat dari RPP yaitu :
  • Waktu pembelajaran evektif karena sudah tersusun rapi
  • Memudahkan guru mengelola kelas
  • Tujuan pembelajaran dapat tercapai
  • Materi yang lengkap, karena sudah dipersiapkan sebelumnya

rpp ipa perubahan sifat benda kelas 3 sd lengkap

contoh rpp ipa kelas 3 sd lengkap




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah  : SDN 1 SUKA MAJU
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/ Semester : III / I
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Pelaksanaan : Sabtu 8 Maret 2016



I. STANDAR KOMPETENSI
  1. Memahami sifat – sifat, perubahan sifat benda, dan kegunaannya dalam kehidupan sehari – hari.
II. KOMPETENSI DASAR

     1.2 Mengidentifikasi sifat – sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda padat, cair
        dan gas.

III. INDIKATOR
  • Menyebutkan sifat – sifat benda gas.
  • Menyebutkan sifat – sifat benda cair.
  • Menyebutkan sifat – sifat benda padat.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Dengan mendengarkan penjelasan guru tentang sifat – sifat benda gas, siswa dapat menyebutkan beberapa sifat benda gas dengan benar.
  • Dengan bertanya jawab mengenai sifat – sifat benda cair, siswa dapat memberikan 3 contoh sifat benda cair dengan benar.
  • Dengan mendengarkan penjelasan guru tentang sifat – sifat benda padat, siswa mampu enyebutkan 3 contoh sifat benda padat dengan tepat.
V. MATERI PEMBELAJARAN

    1. Sifat – sifat benda gas / zat gas antara lain :
  • Tidak terlihat oleh mata
  • Mudah terbakar
  • Ringan
  • Contohnya : uap air, uap bensin
    2. Ciri – ciri zat cair / benda cair
  • Bentuk berubah – ubah sesuai tempatnya
  • Apabila di panaskan volumenya berkurang
  • Mempunyai berat yang konstan
  • Contohnya : air (semua zat cair : minyak, bensin, dll )
    3. Ciri – ciri benda padat / zat padat
  • Keras
  • Bentuknya tetap
  • Terbentuk karena proses pendinginan
  • Contohnya : es, besi, kayu, kain dll
VI. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

    A. Kegiatan Awal ( 10 menit )

  1. Guru mengucapkan salam
  2. Guru mengabsen kehadiran siswa
  3. Guru menyiapkan alat pembelajaran
  4. Guru mengadakan apersepsi
   B. Kegiatan Inti ( 40 Menit )

  1. Guru menulis topic pembelajaran dipapan tulis
  2. Guru menjelaskan sifat – sifat benda gas
  3. Siswa memperhatikan penjelasn guru
  4. Guru bertanya tentang sifat – sifat benda cair
  5. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang sifat – sifat benda cair
  6. Guru menjelaskan sifat – sifat benda padat
  7. Siswa dan guru membuat kesimpulan

   C. Kegiatan Akhir ( 20 Menit )

  1. Siswa mengerjakan soal evaluasi
  2. Guru bersama siswa mengoreksi hasil evaluasi
  3. Siswa mencatat rangkuman materi
  4. Bagi siswa yang mendapat nilai kurang dari 7,5 diberi perbaikan dan bagi siswa yang mendapat nilai 7,5 diberi pengayaan.
  5. Tindak lanjut berupa PR (Pekerjaan Rumah )
  6. Guru menutup pelajaran dengan berpesan supaya siswa lebih rajin belajar
  7. Guru mengucapkan salam
VII. ALAT / MEDIA, METODE, DAN SUMBER BAHAN

   A. Alat / Media

  • Gambar
  • Contoh benda cair dan padat

   B. Metode

  • Ceramah
  • Tanya jawab

   C. Sumber Bahan

  • Silabus kelas III
  • Buku focus kelas III, cv sindunata. Suryadi Dwijo Adi s. hal 10 s/d 15
VIII. PENUTUP

   A. Prosedur Tes

  1. Tes Awal : ada, lisan dalam apersepsi
  2. Tes dalam proses : ada, lisan dalam proses pembelajaran
  3. Tes Akhir : ada, Tertulis dalam tes formatif
   B. Teknik Tes

  1. Lisan
  2. Tertulis

   C. Bentuk Tes

  1. Pilihan Ganda
  2. Esay.

   D. Alat Tes

  1. Soal Terlampir
  2. Kunci jawaban, skor penilaian terlampir

Wonosobo, 8 Maret 2016
Teman Sejawat                                                               Praktikan



Edi sarjana                                                            Alfa Singasari
Nip :

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN 1 SUKA MAJU



Nama
Nip :


lampiran rpp ipa perubahan sifat benda kelas 3 sd lengkap



LEMBAR EVALUASI

II. Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban singkat dan tepat!

1. Uap air merupakan contoh benda …
2. Apabila balok es dipanaskan maka akan berupah menjadi ….
3. Selalu berubah sesuai tempatnya merupakan sifat ….
4. Besi, batu, kayu merupakan contoh dari ...
5. Proses perubahan benda cair menjadi padat disebut ….


LEMBAR KUNCI JAWABAN DAN SEKOR PENILAIAN

I. KUNCI JAWABAN

1. Gas
2. Air
3. Benda Cair
4. Benda Padat
5. Membeku

II. SEKOR PENILAIAN

Setiap soal benar bernilai 2 = 5 X 2
= 10


ARTIKEL TERKAIT :
  1. contoh rpp ips kelas 4 sd lengkap lembar evaluasi PENDIDIKAN
  2. contoh rpp ips kelas 3 SD lengkap evaluasi PENDIDIKAN
  3. contoh rpp bahasa indonesia kelas 2 sd lengkap evaluasi PENDIDIKAN
  4. contoh rpp bahasa indonesia kelas 6 lengkap evaluasi PENDIDIKAN
Loading...


EmoticonEmoticon