Pijat Refleksi Demam Bayi dan Panas Anak - alfa singasari

Pijat Refleksi Demam Bayi dan Panas Anak

loading...
loading...
Pijat Refleksi Demam Bayi dan Panas Anak - Setiap  orang tua yang telah atau sedang merawat bayi atau anak kecil, pastinya tidak akan asing lagi dengan istilah demam bayi atau panas anak. Demam atau panas yang terjadi pada bayi dan anak jangan sampai membuat panik berlebih sebab bukanlah sebuah penyakit melainkan pertanda akan ada penyakit yang diderita oleh bayi atau anak. Info pada artikel pijat refleksi demam bayi dan panas anak ini akan sangat bermanfaat bagi anda orang tua yang cepat panik ketika anak atau bayinya demam. Panas pada bayi dan anak bisa disembuhkan dengan terapi pijatan yang lembut pada bagian anggota badan. Mau tau secara lengkap? silahkan baca sampai dengan akhir artikel.

Pijat Refleksi Demam bayi

Jika bayi anda mengalami demam atau panas, anda dapat menggunakan metode terapi pijatan lembut untuk menurunkan panas bayi anda. Dengan memberikan pijat refleksi demam bayi acapkali disarankan oleh para praktisi kesehatan, sebab pijatan lembut bayi ini dapat membuat bayi merasa nyaman. Selain memberikan rasa nyaman ternyata pijatan lembut bayi oleh seorang ibu  juga bisa membantu meredakan panas saat bayi demam. Namun perlu diketahui, bahwa pijatan pada bayi demam memiliki perbedaan ketika memberikan pijatan saat bayi dalam kondisi normal dan sehat. Pada saat bayi demam yang diperlukan adalah air hangat, bukan minyak telon atau minyak kau putih yang biasa untuk memijat bayi saat sehat. Lebih detailnya lagi simak penjelasan berikut ini mengenai pijat refleksi demam bayi.

Cara Pijat Refleksi Deman Bayi

Apabila bayi anda mengalami demam, janganlah buru - buru untuk periksa kedokter tapi cobalah alternatif berikut ini dengan cara memberikan pijat refleksi demam bayi yang lembut agar demamnya bisa berkurang atau bahkan bisa reda.
Cara yang perlu dilakukan dalam pijat refleksi deman bayi yaitu berikut ini:
Pijat Refleksi untuk Demam Bayi dan Panas Anak

  • Siapkan alas anti air serta handuk kemudian, membaringkan bayi anda pada alas tersebut yang telah dilapisi handuk yang tadi telah dipersiapkan terlebih dahulu.
  • Selalu menjaga kehangatan ruangan yang digunakan untuk pemijatan.
  • Langkah selanjutnya mempersiapkan panci yang berisi air hangat.
  • Setelah itu, celupkan tangan Ibu pada air hangat lalu letakkan pada dada bayi.
  • Basuh bagian belakang tubuh buah hati secara merata hingga pada bagian kedua kaki bayi anda.
  • Memberikan pijatan secara lembut pada kaki si buah hati dimulai dari ibu jari sampai dengan paha secara bergantian. Ulangilah gerakan pijatan ini selama beberapa kali.
  • Setelah selesai dengan bagian kaki, kemudian dilanjutkan dengan gerakan yang sama persis pada lengan si buah hati tentu saja  dengan pijatan yang lembut. (jangan lupa untuk selalu mencelupkan tangan ibu pada air hangat yang telah disiapkan dalam panci jika dirasa sudah tidak hangat lagi).
  • langkah terakhir yaitu, melanjutkan pijatan lembut pada bagian dada kemudian turun ke bawah, sampai pada perut si sibuah hati. Ulangi langkah - langkah diatas sampai ibu merasa sudah cukup.
Itulah langkah - langkah yang harus dilakukan jika anda berniat untuk melakukan pijat refleksi demam bayi. Perlu diketahui bahwa dengan gerakan memijat ini akan bermanfaat untuk membantu menenangkan tubuh bayi yang sedang demam. Dengan demikian, panas si buah hati akan berangsur-angsur turun serta sikecil menjadi nyaman. Namun perlu diketahui juga, bahwa kondisi setiap bayi itu tidaklah sama, ada kalanya  sibuah hati tidak mengalami reaksi setelah dilakukan pemijatan. Semua cara yag telah dijelaskan diatas hanya sebagai alternatif saja, dan jika kondisi tubuh bayi tidak mengalami perubahan maka berkonsultasi dengan dokter adalah cara yang paling bijak untuk dilakukan.

Pijat Refleksi Anak

Untuk meurunkan panas anak bisa dilakukan dengan cara pijat refleksi panas anak di 3 bagian anggota tubuh, yaitu pada area bawah kaki, titik refleksi yang ada pada area punggung kaki dan betis, serta di area tangan. Untuk lebih jelasnya pada bagian penjelasan mengenai pijat refleksi panas anak berikut ini.

Cara Pijat Refleksi Panas Anak di Area Bawah Kaki

Tidak hanya pada bayi, sakit demam juga bisa dialami oleh orang dewasa dan anak - anak. Cara pijatan pada pijat refleksi panas anak tentunya memiliki perbedaan dengan cara pijat refleksi demam bayi, caranya bisa disimak pada langkah - langkah berikut :

  • Membawa anak keruangan yang sedikit terbuka dan lega.
  • Mulailah pemijatan pada area titik refleksi yang ada pada bagian bawah kaki yang bisa dilihat pada gambar berikut ini.
    Pijat Refleksi untuk Demam Bayi dan Panas Anak
    gambar titik pijat refleksi panas anak di area bawah kaki
Selain melakukan pemijatan, anda juga harus memberikan minun dalam jumlah cukup banyak sebab panas pada anak bisa menimbilkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Melakukan kompres anak dengan air hangat juga diperlukan, Jangan mengkompres anak dengan air dingin ketika sedang panas, sebab otak akan merespon dan mengira bahwa suhu diluar tubuh anak dingin sehingga memerintahkan tubuh agar menaikkan suhunya dengan cara menggigil. Itulah sebabnya kalau sedang demam tubuh malah menggigil. Alhasil jika dikompres dengan air dingin suhu tubuh anak bukannya turun, malah akan semakin panas. Selalu memantau kondisi suhu badan anak sangat penting sebab jika suhu tubuh sudah mencapai 38 C maka anda pelu memberikan obat penurun panas. Contohnya acetaminophen atau paracetamol seperti tempra, panadol, atau paracetol, tylenol, sesuai dosis. Perlu diingat juga bahwa pemberian obat turun panas jangan dilakukan sebelum suhu badan anak mencapai 38C. Itulah penjelasan mengenai pijat refleksi panas anak yang dapat dicoba dengan menekan titik pijat yang ada dibagian bawah area kaki.

Cara Pijat Refleksi Panas Anak di Area punggung kaki dan betis

Untuk melakukan pjatan pada titik pijat refleksi panas anak pada area punggung kaki dan betis bisa anda lihat pada langkah - langkah berikut ini yang lengkap diserati gambar.

  • Melakukan pijatan dengan cara keras atau lemah yang disesuaikan dengan tingkat rasa sakit ketika dilakukukan tekanan pada titik berikut ini. Titik ini berada pada punggung telapak kaki, tepatnya dibagian bawah agak kedepan dari mata kaki ( atau dalam bahasa jawa disebut polok / jengkolan).

Pijat Refleksi untuk Demam Bayi dan Panas Anak
Gambar titik pijat refleksi punggung kaki 1
  • Lakukan pijatan pada bagian kaki kanan dan kiri pada titik pada gambar berikut ini.

Pijat Refleksi untuk Demam Bayi dan Panas Anak
Gambar titik pijat refleksi punggung kaki 2
  • Dengan pemijatan pada titik diatas, biasanya panas anak sudah turun. Namun tidak ada salahnya dilanjutkan lagi pada titik berikut ini.

Pijat Refleksi untuk Demam Bayi dan Panas Anak


3. Sebagai langkah akhir, lakukan pijatan pada bagian titik refleksi sesuai gambar berikut ini.
Pijat Refleksi untuk Demam Bayi dan Panas Anak
Gambar titik pijat refleksi punggung kaki 3
Demikianlah cara melakukan pijat refleksi panas anak yang terletak pada titik refleksi di area punggung kaki dan betis, yang diyakini bisa meredakan atau mengurangi panas yang diderita oleh sibuah hati.

Cara Pijat Refleksi Panas Anak di Area tangan

untuk menurunkan panas anak, juga bisa dilakukan pijatan pada titik refleksi panas anak diarea tangan, yang dapat dipelajari atau dilakukan dengan melihat gambar pada langkah - langkah berikut ini mengenai cara pijat refleksi panas anak.

  • Lakukan pijatan pada titik yang berada dipunggung tangan, titik ini segaris dengan jari tengah.
Cara Pijat Refleksi Untuk Panas Anak di Area
gambar titik diarea tangan 1
  • .Langkah kedua, pijat pada titik yang berada pada ibu jari sesuai dengan gambar dibawah ini.

Cara Pijat Refleksi Untuk Panas Anak di Area
gambar titik diarea tangan 2
  • Titik refleksi yang berada dibagian punggung jari tengah, tepatnya dibagian atas kuku ini juga bermanfaat untuk menurunkan panas anak.
    Pijat Refleksi untuk Demam Bayi dan Panas Anak
    gambar titik diarea tangan 3
Semga artikel tentang pijat refleksi demam bayi dan panas anak ini bisa membantu anda yang sedang mencari cara untuk menurunkan demam atau panas yang dialami oleh sibuah hati. Cara ini bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan alat bantu pijat atau bisa juga dengan menggunakan jari dan jempol anda. Namun perlu dingat sekali lagi cara ini hanyalah sekedar alternatif saja, jika panas dan deman buah hati anda mencapai 38 C, maka sebaiknya langsung periksa kedokter. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

  1. cara mengobati asam lambung untuk pria dan wanita
  2. cara mengobati sakit tenggorokan anak
  3. cara mengobati sering buang air kecil untuk pria dan wanita
  4. keputihan,ciri, jenis, penyebab, dan cara mengatasinya
  5. obat asam lambung bahan alami untuk pria dan wanita
  6. obat maag kronis pria dan wanita
Loading...


EmoticonEmoticon