cara mengobati sakit pinggang dengan pijat refleksi dan cara alami - alfa singasari

cara mengobati sakit pinggang dengan pijat refleksi dan cara alami

loading...
loading...

cara mengobati sakit pinggang dengan pijat refleksi - sakit pinggang pada umumnya diderita oleh orang yang pekerjaannya membutuhkan posisi duduk yang sangat lama, dengan berada pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama akan membuat tulang menjadi kaku sehingga akan timbul masalah nyeri pada bagian persendian tulang tersebut.

penyebab dan jenis titik refleksi untuk mengobati sakit pinggang

Penyebab sakit pinggang diantaranya yaitu:

  • Sakit pinggang sering muncul akibat kelelahan,
  • jarang olah raga 
  • posisi duduk yang tidak tepat dan terlalu lama,
  • memakai sepatu hak tinggi
  • faktor usia.
  • ibu hamil
  • kurang minum air putih
cara mengobati sakit pinggang dengan pijat refleksi dan cara alami



jenis titik refleksi untuk mengobati sakit pinggang


  • Sen Su: letaknya 2 jari di sisi tulang punggung, tepatnya di belakang ginjal.
  • Ta Cang Su: letaknya 2 jari di sisi tulang punggung ke 4.
  • Kuan Yen Su : letaknya di bawah Ta Cang Su.
  • Tien Su (letaknya 3 jari di kanan kiri pusar).

Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan terapi Pijat Refleksi

cara mengobati sakit pinggang dengan pijat refleksi yaitu :

  1. Gunakan ibu jari untuk memijat mulai dari atas, yaitu Sen Su, Ta Cang Su, Kuan Yen Su. Kemudian gunakan empat jari untuk memijat secara pelan – pelan Tien Su. Terakhir pijatlah Cen San dan Cie Sie. Untuk titik-titik yang berada di sekitar pinggang, akan lebih baik jika menggunakan teknik pembakaran.
  2. Bila sakitnya tidak parah, cobalah dengan cara berikut. Kompreslah pinggang dengan air panas, sambil dengan keras memijat Cen San 5 – 7 detik sekalinya. Ulangi 2 – 3 kali. Kedua kaki dirapatkan, kemudian pijatlah Cie Sie dengan keras.
  3. Bagi orang dewasa dan lanjut usia. Demi menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit pinggang, lakukanlah cara berikut. Pijatlah sepanjang sisi tulang pinggang. Latihlah lutut dengan berjongkok dan berdiri. Memutar - mutar pergelangan kaki. Memukul - mukul telapak kaki.
  4. Bagi sakit pinggang kategori kronis, lakukan olahraga berikut. Tidur terlentang. Kemudian tarik pahanya ke samping, kemudian tutup kembali. Kemudian tarik lututnya ke dada. Ulangi 10 kali. Angkat kakinya lurus ke atas secara bergantian. Lakukan push up, dengan bergantian posisi kaki tumpuan. Duduk dengan merangkul kaki, kemudian berdiri perlahan sambil mengangkat tangannya ke atas. Condongkan tubuh bagian atas ke kanan dan ke kiri.
    cara mengobati sakit pinggang dengan pijat refleksi

cara mengobati sakit pinggang dengan cara alami 

Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami yaitu dengan beberapa hal berikut ini:

1. Mengurangi Waktu Duduk

Saat anda sudah mengalami gejala dan tanda sakit pinggang seperti yang dijelaskan diatas sebaiknya anda mulai mengurangi porsi duduk anda setiap hari. Jika biasanya sehari duduk antara 6-8 jam maka kini kurangi jadi 3-4 jam saja maksimal. Jika anda tidak berubah dan masih sering duduk terlalu lama maka jangan heran jika sakit pinggang anda semakin parah dan menjadi sulit untuk disembuhkan.

2. Sering Olahraga

Olahraga dapat menyembuhkan sakit pinggang anda secara berangsur angsur maka dari itu lakukan olahraga rutin secara teratur minimal 1 kali dalam seminggu, salah satu olahraga yang bisa anda coba adalah jogging, lakukan jogging sekali seminggu pada sore hari dan lakukan selama mungkin minimal 15-30 menit.  Saat pertama olaharaga biasanya pada saat malam anda akan merasakan pegal dan sakit di pinggang, jangan khawatir itu merupakan proses penyembuhan yang alami, jika sering anda lakukan maka nyeri yang muncul di pinggang tak akan anda rasakan lagi.

Penting untuk anda ketahui bahwa selain jogging salah satu olahraga yang baik untuk penyembuhan sakit pinggang adalah renang. Jadi lakukan olahraga jogging dan renang untuk terapi alami sakit pinggang.

3. Melakukan Terapi Akunpunktur

Langkah pengobatan selanjutnya adalah dengan melakukan terapi seperti terapi akupuntur, terapi akunpunktur merupakan jenis pengobatan kuno dari tiongkok yang dilakukan dengan memasukkan jarum pada bagian tubuh tertentu. Namun terapi ini juga harus dilakukan secara terus menerus sampai mendapatkan hasil, sehingga bagi yang ingin lekas sembuh jangan mencoba cara ini, karena dengan terapi akunpuntur tak bisa sembuh jika hanya dilakukan dengan satu atau duakali sesi.

4. Awas Pain Killer

Bagi anda yang mengalami sakit pinggang jangan pernah untuk mencoba jenis obat pain killer. Pain killer merupakan istilah yang digunakan dalam dunia medis untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri biasanya digunakan saat operasi. Jika dalam medan perang pain killer juga digunakan untuk mengobati prajurit yang tertembak dan terluka. Namun saat ini penggunaan pain killer juga digunakan untuk mengobati berbagai jenis sakit dan nyeri termasuk sakit pinggang. Ada banyak bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi pain killer ini, jadi hati hati dan waspada.

5. Menggunakan bahan herbal

Salah satu cara untuk mengobati sakit pinggang adalah dengan menggunakan bahan bahan alami atau herbal diantaranya adalah sebagai berikut.

- Rebus daun sirsak sebanyak 10 lembar lalu tambahkan dengan 2 gelas air dan biarkan sampai air mendidih atau sampai air rebusan tinggal separuhnya (1 gelas). Dinginkan dan minum 1 gelas air rebusan daun sirih sekali sehari.

6. Pijat Refleksi

Pijat refleksi merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit pinggang. Teknik pijat refleksi biasanya dilakukan dengan menekan titik atau bagian tertentu pada daerah pinggang. Biasanya yang dipijat pada bagian sisi tulang punggung belakang ginjal, daerah kanan kiri pusar (bagian belakang), daerah tengah betis dan bagian tengah pergelangan kaki. Namun untuk melakukan pijat refleksi ini sebaiknya dilakukan dengan bantuan ahlinya atau jika anda biasa melakukan pijat refleksi bisa mencoba sendiri.seperti yang telah saya uraikan diatas.

demikian artikel cara mengobati sakit pinggang dengan terapi pijat refleksi dan cara alami semoga dapat membatu.mengobati-diare-anak-bahan-alami.html
Loading...


EmoticonEmoticon