obat panas anak alami yang ampuh - alfa singasari

obat panas anak alami yang ampuh

loading...
loading...

Sebagai orang tua yang baik, pastinya akan panik ketika sibuah hati mengalami panas apalagi mencapai batas yang tidak wajar, sebab bisa mngakibatkan anak mengalami kejang - kejang. Pastiya langsung mencari obat panas anak yang di anggap paling ampuh untuk menurunkan panas anak. Tapi taukah anda orang tua kalu panas itu merupakan gejala dari sebuah penyakit yang akan diderita oleh anak, maka kita sebagai orang tua harus cerdas dalam menyikapai panas yang dialami oleh sikecil. berikut adalah cara mengobati panas anak yang ampuh.

Cara Cepat Mengobati mengobati panas anak


Cara Mengobati panas anak. Sebagai orang tua ada kalanya kita binggung ketika dihadapkan dengan kondisi anak saat mengalami panas. Bagi orang tua yang sudah berpengalaman akan berbeda ceritanya ketika mereka menghadapapi anak saat demam panas, berbeda dengan orang tua atau ibu muda akan panik dalam situasi yang demikian.
obat panas anak alami yang ampuh
Banyak orangtua panik dan takut ketika demam bisa menyebabkan kejang pada anak. Bagi kebanyakan anak-anak, demam tidak akan mengakibatkan terjadinya kejang. Akan tetapi kejang demam memang bisa saja terjadi pada beberapa anak. Yang perlu diperhatikan selaku orang tua adalah sekali saja terjadi kejang pada anak, sebaiknya orang tua segera mengambil tindakan untuk mencegah jangan sampai terjadi demam tinggi tehadap anak.

Cara terbaik yang Anda harus lakukan untuk mencegah demam tinggi adalah :


  • Jangan membungkus orang yang menderita demam.
  • Singkirkan baju atau selimut yang berlebihan.
  • Lingkungan sebaiknya sejukdan nyaman, misalkan, satu lapis baju dan satu selimut tipis ketika tidur. Apabila berada di ruangan panas sebaiknya nyalakan AC atau kipas angin.
  • Mandi atau menyeka tubuh dengan air hangat kuku dapat membantu mendinginkan seseorang dengan demam. Ini efektif terutama setelah diberikan obat penurun panas kalau tidak suhu tubuh akan kembali naik.
  • Jangan mandi dengan air dingin atau mengompres menggunakan alkohol, hal ini akan mendinginkan kulit tetapi seringkali membuat situasi menjadi lebih buruk karena menyebabkan menggigil sehingga akan meningkatnya suhu dalam tubuh.
  • Minum cairan lebih banyak, minumlah cairan dingin kalau memungkinkan.

Mengapa demam atau panas  bisa terjadi? Demam merupakan salah suatu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh ketika melawan infeksi. Kebanyakan dari bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia bisa hidup subur pada suhu 37 derajat Celsius. Nah dengan meningkatnya suhu tubuh beberapa derajat akan dapat membantu tubuh melawan infeksi. 
Dengan terjadinya demam maka akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh guna memproduksi lebih banyak sel darah putih, sehingga membuat lebih banyak antibodi dan akan membuat lebih banyak zat-zat lain yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Penyebab demam Antara lain oleh :

Infeksi virus dan bakteri, flu dan masuk angin, radang tenggorokan, infeksi telinga, diare disebabkan bakterial atau, diare disebabkan virus, bronkitis akut, infeksi saluran kencing, infeksi saluran pernafasan atas ( seperti amandel, radang faring atau radang laring ) karena Obat-obatan tertentu. Kadang demam juga bisa disebabkan oleh terjadinya masalah-masalah yang lebih serius seperti akibat pneumonia, radang usus buntu, TBC, dan juga radang selaput otak.

Obat panas anak Alami 

Dalam mengatasi demam seharusnya dilakukan dengan cara bijak jangan larut dengan kepanikan lantas memberikan obat demam sembarangan. Mengobati demam yang terbaik seharusnya dengan :

1. Sup Hangat


Mengapa sup hangat dapat sebagai obat bagi orang demam ? Keuntungan yang didapat darisini adalah seperti obat tradisional yang berasal dari kaldu, sehingga membuat tubuh terhidrasi dan juga membantu dengan uap. Oleh karena itu mungkin bahwa setiap jenis kaldu panas akan membawa manfaat yang sama. Penelitian dibuat untuk konsumsi sup ayam sementara pada orang demam menunjukkan bahwa bahan-bahan sup ayam benar-benar dapat mengurangi terjadnya pembengkakan rongga hidung yang akan membantu dalam proses penyembuhan lebih cepat dari flu biasa. Selain itu sup ayam dapat memberikan protein dari ayam, zat penting bagi tubuh kita untuk membangun antibodi untuk melawan virus.

2. Cuci Mulut Anda dengan Air Garam

Ini mungkin terdengar seperti saran dari nenek moyang kita, akan tetapi fakta telah menunjukkan bahwa mencuci mulut Anda dengan air garam merupakan salah satu obat untuk sakit tenggorokan. Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah 5-6 kali. Ini akan benar-benar melegakan sakit tenggorokan Anda. Dalam hal ini jika demam yang terjadi disebabkan oleh radang tenggorokan.

3. Istirahat

Salah satu faktor yang paling penting dalam pengobatan demam adalah tidur yang baik dan umumnya santai. Anda perlu banyak beristirahat agar tubuh Anda dapat melawan virus demam dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien. Jika Anda memiliki demam Anda pasti harus tinggal di rumah, matikan ponsel Anda dan cobalah untuk bersantai. Kebanyakan orang cenderung untuk mencoba dan mengatasi demam dengan tidak beristirahat. Saran ahli adalah untuk tinggal di rumah dan bersantai selama dua hari di lingkungan yang hangat. Suhu yang khas bisa menjadi 24-25 Celcius ( 75,2 F ).

4. Nanas

Memakannya dalam keadaan segar merupakan cara terbaik menurunkan demam. Nanas mengandun antiperadangan alami yang mampu memerangi demam. Dalam bentuk jus, nanas bermanfaat untuk mencegah dehidrasi.

5. Konsumsi Vitamin C

Jika gejala demam mulai muncul, segera konsumsi vitamin C. Dengan cara tersebut, sistem imun dalam tubuh akan meningkat dan Anda bisa terhindar dari serangan sakit demam.

6. Gunakan Vicks VapoRub

Beberapa produk Vicks VapoRub sangat membantu untuk memulihkan kondisi tubuh yang sakit demam. Contohnya saja inhaler atau vaporizer yang bisa menghangatkan tubuh ketika demam menyerang.

7. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat adalah cara alami berikutnya untuk mengobati demam. Selain nyaman dan membuat tubuh rileks, uap dari air hangat akan melancarkan pernapasan saat demam.

8. Teh Lemon dan Madu

Minuman yang paling tepat dinikmati ketika Anda demam adalah teh lemon madu. Kombinasi ketiga hal tersebut mampu membuat demam cepat mereka karena semuanya kaya akan antioksidan tinggi.

9. Sirup Obat Batuk

Apakah demam juga disertai dengan batuk? Tidak ada salahnya minum sirop obat batuk. Segala gejala batuk berdahak, kering, atau bersin-bersin biasanya ikut hilang dengan obat tersebut.

10. Minum Air Putih

Ketika sakit demam, penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi. Jadi jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak-banyaknya.

11. Jangan Merokok

Meskipun Anda harus berhenti merokok untuk sejumlah alasan, merokok ketika Anda dingin memiliki kelemahan tambahan. Merokok dapat memperburuk gejala demam, sementara dapat diperburuk juga bila menjadi perokok pasif.

12. Jangan Berolahraga

Hindari olahraga dan segala macam aktivitas fisik, selama 3-4 hari untuk memberikan tubuh Anda kesempatan untuk menyimpan kekuatan untuk memerangi virus.

13. Hindari Kopi dan Alkohol

Cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena zat tersebut cenderung mengeringkan tubuh kita dan ini bukan apa yang kita inginkan ketika kita demam.

14. Kunyit ( Curcuma longa )

Kunyit yang lebih popular di jawa dengan sebutan kunir memiliki kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin, dan juga zingiberen dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi ( anti-peradangan ).
Caranya mudah: Cuci bersih sekitar 10 gram umbi kunyit. Parut lalu tambahkan 1/2 gelas air panas, lalu aduk sampai rata. Setelah menjadi dingin, peras, ambil sarinya saja. Tambahkan juga dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Campurkan dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk samapai rata. Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, selanjutnya berikan 3 kali sehari pada orang atau anak-anak yang mengalami panas.

15. Sambiloto ( Andrographis paniculata )

Sambiloto seperti yang kita tahu memiliki kandungan andrografolid lactones ( zat pahit ), glucosides, diterpene, dan flavonoid yang bisa difungsikan untuk menurunkan panas baik dewasa dan anak-anak.
Caranya cukup sederhana: Rebus sebanyak 10 gram daun sambiloto kering, 25 gram umbi kunyit kering ( 2,5 ibu jari ), dan 200 cc air. Rebuslah ramuan tadi samapi mendidih dan airnya tinggal 100 cc, kemudian saring. Setelah dalam kondisi hangat hangat, tambahkan 100 cc madu bunga kapuk atau mahoni, aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 bagian, berikan 3 kali sehari.

16. Temulawak ( Curcuma xanthorhiza Roxb. )

Tanaman sejenis rimpang ini memiliki zat aktif xanthorrhizol, germacrene, alpha betha curcumena, dan masih banyak lagi. Keberadaan temulawak telah sejak dahulu banyak dimanfaatkan sebagai obat penurun panas, untuk merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, mencret, diare, maag, perut yang kembung dan juga bisa untuk pegal-pegal.
Caranya cukup sederhana : Cuci bersih sebanyak 10 gram rimpang temulawak. Parut serta tambahkan 1/2 gelas air panas, lalu aduk sampai rata. Setelah kondisinya dingin peras dan ambil sarinya saja. Campurkan dengan 2 sdm madu asli bunga kapuk, lalu aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari.

17. Bawang merah ( Allium cepa L. )

Bawang merah kerap digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur rutin setiap hari. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, metilaliin, sikloaliin, kuersetin, kaemferol, serta floroglusin.
Caranya cukup mudah: Kupas sebanyak 5 butir bawang merah. Selanjutnya parut kasar dan tambahkan pula dengan minyak kelapa secukupnya. Cara menggunakanya cukup balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh pada anak yang mengalami panas.

18. Air kelapa muda

Didalam air kelapa muda ini banyak mengandung sejenis mineral, diantranya adalah kalium. Nah ketika terjadi panas,pada tubuh akan banyak mengeluarkan keringat, untuk menurunkan kondisi suhu tubuh ketika panas dan untuk menggantikan keringat yang banyak keluar, sebaiknya perbanyaklah minum air kelapa.

Dari beberapa bahan diatas jelas efektif dan telah banyak dipergunakan oleh orang-orang jaman dahulu ketika keluarga mereka mengalami demam panas baik pada anak-anak maupun bagi mereka yang telah dewasa. atau mungkin anda lebih suka dengan obat yang terjual bebas atau mungkin tersedia diapotik.

Berikut beberapa pilihan obat penurun panas yang ada di apotik maupun terjual bebas yang dapat digunakan:

1. Acetaminophen
Obat ini bisa digunakan sebagai pereda nyeri untuk menurunkan demam, sekaligus meringankan gejala lain seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit punggung, dan nyeri lain. Umumnya, acetaminophen yang ada di pasaran langsung diminum, baik dalam bentuk tablet, sirup, atau lainnya.

Lihat label kemasan untuk dosis pemakaian. Jangan gunakan obat acetaminophen dewasa untuk anak-anak. Sebaiknya penggunaan obat ini untuk menangani demam tidak lebih dari 3 hari tanpa konsultasi dengan dokter.

2. Ibuprofen
Selain acetaminophen, ibuprofen merupakan salah satu obat penurun panas yang banyak digunakan. Juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda nyeri saat sakit gigi, sakit kepala, sakit otot, kram perut saat menstruansi, atau pilek dan flu. Cara kerja ibuprofen yaitu dengan menekan produksi zat alami tubuh tertentu yang menyebabkan peradangan, sehingga dapat membantu demam, nyeri, ataupun bengkak.

Umumnya, dikonsumsi melalui mulut setiap 4-6 jam, sesuai dosis. Lihat label kemasan untuk aturan penggunaan lebih lanjut pada obat bebas atau minum sesuai dengan rekomendasi dokter.

3. Aspirin
Aspirin dapat digunakan untuk membantu menurunkan demam dan nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, pilek, dan arthritis. Penggunaan aspirin dosis rendah juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penggumpalan darah (biasanya terjadi setelah prosedur operasi ) yang dapat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung Penggunaan aspirin terhadap anak di bawah 12 tahun harus melalui konsultasi dokter.

Harap berhati-hati bagi orang yang mengalami demam dan pada saat yang bersamaan juga mengonsumsi obat imunosupresan (obat penekan sistem kekebalan tubuh), memiliki riwayat penyakit kanker, AIDS, diabetes, penyakit jantung dan penyakit berat lainnya. Jika demam disertai kondisi di atas, cepatnya periksakan diri ke dokter.

Gunakanlah obat turun  panas anak saat demam sudah lebih dari 38 derajat Celcius atau lebih. Jika demam tidak kunjung turun atau berlangsung berlarut-larut, segera konsultasi dengan dokter.sekian semoga bermanfaat. titik-pijat-refleksi-kaki.html
Loading...


EmoticonEmoticon