cara mengobati sakit punggung atas dan bawah - alfa singasari

cara mengobati sakit punggung atas dan bawah

loading...
loading...
cara mengobati sakit punggung atas dan bawah - Sakit punggung adalah penyakit yang paling sering menyebabkan karyawan kehilangan jam kerja mereka-lebih sering dibanding gangguan-gangguan kerja lainnya. Dan keluhan yang paling sering dirasakan kaum pria yang menderita sakit punggung adalah sakit di punggung bagian bawah.Salah satu masalah kesehatan yang paling umum yang diderita kaum pria adalah gangguan kesehatan pada punggung. Mungkin Anda pernah mengalami sakit punggung. Dan jika belum, suatu saat mungkin Anda akan mengalaminya. Diperkirakan bahwa 80% orang Amerika dewasa menderita sakit punggung di titik-titik tertentu pada masa hidup mereka.
Rasa sakit nyeri punggung atas maupun bawah timbul karena adanya masalah pada salah satu bagian tulang-tulang yang menyatu dengan otot, tendon, ligamen, saraf, serta cakram sebagai bantalan peredam benturan.

penyebab sakit punggung
cara mengobati sakit punggung atas dan bawah

Cedera atau penyakit yang menyebabkan nyeri punggung umumnya tidak bersifat serius.

Penyebab paling umum


  1. keseleo, 
  2. cedera ringan, 
  3. saraf terjepit atau teriritasi, dan 
  4. ketegangan otot. 
Namun kadang-kadang nyeri punggung dapat terjadi mendadak tanpa sebab yang jelas. Misalnya, sebagian orang yang bangun di pagi hari tiba-tiba dapat merasa nyeri punggung tanpa tahu penyebabnya. Berikut ini beberapa hal lain yang dapat menyebabkan nyeri punggung:

  1. Posisi tubuh yang salah saat mengangkat, membawa, menekan, atau menarik sesuatu
  2. Perenggangan tubuh yang berlebihan
  3. Posisi duduk yang tidak benar
  4. Membalikkan badan secara tiba-tiba
  5. Berkendara dalam waktu lama atau dalam posisi membungkuk tanpa jeda
  6. Gerakan buruk yang dilakukan berulang-ulang dapat memicu otot bekerja secara berlebihan

Faktor Risiko sakit Punggung

Kondisi-kondisi berikut ini juga dapat membuat Anda berisiko mengidap nyeri punggung:

  1. Stres atau depresi.
  2. Berat badan berlebihan membuat tulang belakang bekerja lebih keras untuk menopang tubuh.
  3. Tambahan massa janin yang dikandung wanita hamil juga akan menambah beban tulang belakang dibandingkan kondisi wanita yang tidak hamil.
  4. Merokok dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh, termasuk punggung. Gaya hidup perokok yang cenderung lebih buruk dibandingkan bukan perokok juga diduga menambah risiko nyeri punggung.
  5. Konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang yang dapat melemahkan tulang, seperti obat antiinflamasi (steroid).

Beberapa kondisi lebih serius, namun termasuk jarang seperti berikut ini juga dapat memicu terjadinya nyeri punggung:

  1. Infeksi ginjal: infeksi saluran kemih, dapat bermula dari kandung kemih atau saluran uretra yang naik menuju ginjal.
  2. Osteoartritis: kondisi paling umum dari artritis berupa kerusakan pada tulang rawan di sendi.
  3. Osteoporosis: kondisi berkurangnya kepadatan tulang.
  4. Penyakit Paget pada tulang: gangguan pada regenerasi jaringan tulang lama dan tulang baru.
  5. Sakroilitis: peradangan pada sendi sakroiliak yang menghubungkan tulang belakang bagian bawah dengan panggul.
  6. Skoliosis: tulang belakang berbentuk menyerupai S yang dapat terjadi antara lain karena lumpuh otak atau penyakit otot.
  7. Stenosis tulang belakang: menyempitnya kanal di dalam tulang belakang.

cara mengobati sakit punggung


Penyakit yang meningkatkan risiko untuk mengalami sakit punggung ialah infeksi pada saluran kemih atau infeksi ginjal. ada masalah pada organ ginjal pun bisa memberikan dampak dengan munculnya sakit punggung juga. atau penyakit tulang lainnya yang dapat meningkatkan risiko mengalami sakit punggung ialah penyakit pegat, penyakit osteoartritis, dan juga penyakit osteoporosis. Jika sakit punggung sedang kambuh, akan ada tingkatan rasa sakit yang berbeda beda setiap orangnya. Sakit punggung bisa di mulai dari yang ringan, sedang sampai yang parah yang sulit untuk ditahan. Sehingga sulit untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Oleh karena itu mengatasi sakit punggung bisa dilakukan sedini mungkin agar tidak semakin parah. dibawah ini beberapa cara untuk mengatasi sakit punggung :
cara mengobati sakit punggung atas dan bawah

  1. Aktif bergerak, mengatasi sakit punggung yang pertama harus aktif bergerak. Jika punggung terasa sakit akan lebih baik jika banyak bergerak, sebab jika tidak banyak gerak otot bisa kaku dan akan lebih parah lagi sakit punggung yang dirasakan. Karena itu untuk mengatasi sakit punggung sangat disarankan untuk aktif bergerak.
  2. Kompres punggung, selain dengan banyak bergerak, untuk mengatasi sakit punggung bias dengan mengompres punggung. Cara alami dengan kompres punggung dengan menggunakan air hangat atau pun air dingin akan membantu menghilangkan rasa nyeri. jadi akan lebih baik jika mengompres punggung ketika sedang kambuh.
  3. Kelola stress, salah satu pemicu sakit punggung karena sedang stress jadi jika ingin hilang rasa sakitnya, maka mengatasi sakit punggung ialah mengelola stress dengan baik dan juga berpikir positif karena cara ini pun akan mempengaruhi alam bawah sadar juga jadi rasa sakit bisa cepat menghilang.
  4. Diet, untuk mengatasi sakit punggung disarankan juga melakukan diet menurunkan berat badan sebab bobot tubuh berlebihan bisa menyebabkan sakit punggung sering kambuh. jadi kontrol asupan makanan, dan makanan yang sehat yang perlu di konsumsi.
  5. Obat sakit punggung alami, mengatasi sakit punggung yang tidak tertahankan bisa dengan menggunakan obat seperti dari jahe dan madu untuk obat alaminya.
  6. Memijat, cara menghilangkan sakit punggung yang pertama yaitu dengan dengan memijat. Memijat bagian punggung yang sakit sangat membantu karena sakit di punggung bisa dialami karena syaraf yang menegang, oleh karena itu apabila sedang sakit punggung maka sebaiknya memijat punggung untuk lebih merilekskan syaraf sehingga sakit akan menghilang secara perlahan.
  7. Obat sakit punggung alami, cara menghilangkan sakit punggung yang kedua yaitu dengan minum obat sakit punggung alami. Apabila di pijat masih terasa sakit setelahnya maka bisa konsumsi obat sakit punggung alami seperti madu salah satunya.
  8. Berbaring, cara menghilangkan sakit punggung juga bisa dengan berbaring, karena biasanya juga sakit punggung di sebabkan oleh punggung yang kelelahan duduk maka dari itu dengan berbaring akan membantu menghilangkannya.
  9. Peregangan secara perlahan, cara menghilangkan sakit punggung lainnya yaitu dengan peregangan secara perlahan. Melenturkan badan secara perlahan bisa mengurangi rasa sakit dan juga akan menghilangkan rasa sakit secara perlahan lahan. Lebih hati hati dalam menggerakkan badan agar tidak menyebabkan sakit punggung lagi.

cara mencegah sakit puggung

Sakit punggung jika sedang kambuh, maka akan memberikan rasa sakit pada bagian punggung. Sakit yang ringan bisa berlanjut menjadi sedang hingga parah jika tidak diatasi dengan baik. sakit punggung bisa juga bisa menyebabkan orang yang mengalami nya akan merasakan sakit ketika berjalan, atau juga bisa terjadi sakit pada saat pagi hari. Sakit punggung yang parah juga akan mengganggu aktivitas penderita nya karena tidak dapat menggerakkan tubuh dengan baik. maka dari itu sakit punggung sebaik nya diobati. Cara mengobati nya bisa dengan menggunakan obat anti nyeri untuk punggung yang cukup banyak di jual di pasaran. Selain itu agar sakit punggung tidak akan sering kambuh, maka pencegahan sakit punggung bisa di lakukan sehingga punggung akan selalu sehat. Pencegahan sakit punggung yang bisa di lakukan seperti di bawah ini :
cara mengobati sakit punggung atas dan bawah
  1. Bergerak secara perlahan,Pencegahan sakit punggung yang bisa di lakukan yaitu dengan bergerak dengan baik dan secara perlahan lahan. Bergerak secara perlahan agar tidak akan menyebabkan cedera pada punggung yang akibat nya bisa menyebabkan sakit punggung. Maka dari itu sebaik nya jika berjalan atau pun jika ingin mengubah posisi di lakukan secara perlahan agar tidak membuat cedera punggung.
  2. Aktif olahraga,Otot dan sendi bisa cedera jika kaku akibat tidak melakukan peregangan pada tubuh, karena otot otot dan sendi jika tidak sering di latih atau pun tidak di gerakan dengan baik akan mudah cedera. Maka dari itu pencegahan sakit punggung yang tepat yaitu dengan melakukan olahraga dan juga peregangan yang di lakukan secara teratur setiap hari nya. dan pada saat menggerakkan tubuh pun sebaik nya tidak berlebihan agar tidak menyebabkan sakit punggung juga.
  3. Jaga berat badan,Punggung juga bisa cedera jika mengalami memiliki berat badan berlebihan, karena berat badan berlebihan bisa membuat otot, tulang maupun sendi juga akan mudah cedera. Oleh sebab itu pencegahan sakit punggung yang tepat dengan melakukan diet menurunkan berat badan dengan baik.
  4. Memposisikan tubuh dengan baik,Pencegahan sakit punggung juga bisa di lakukan dengan memposisikan tubuh dengan tepat. Seperti pada saat duduk, tidur dan berkendara sebaik nya dengan posisi sudut 90 derajat agar tidak akan menyebabkan posisi tulang bergeser dan menyebabkan sakit punggung atau nyeri sendi.
  5.  Saat berdiri, berjalan atau duduk :aga punggung Anda tetap tegak,Jangan membungkuk ke depan,Jaga badan dan dada Anda tetap tegak,Jaga bahu Anda tetap tegak,Jaga kepala Anda tetap tegak dengan mata menatap ke depan dan dagu terangkat,Pelan-pelan tahan otot perut untuk menjaga punggung Anda tetap lurus
  6.  Saat berdiri dalam waktu yang lama : Jaga agar satu kaki tetap terangkat di atas kursi kecil, sewaktu-waktu ganti posisi istirahat ini untuk kaki satunya.
  7. Saat mengangkat : Jaga agar barang dekat dengan Anda. Saat membungkuk, jangan tekuk perut Anda, melainkan tekuklah pinggul dan lutut dan jaga punggung Anda tetap tegak.
  8.  Saat mengangkat tali sepatu :Letakkan kaki Anda di atas kursi sehingga Anda dapat membungkukkan pinggang dengan nyaman untuk mengikatnya,Hindari melengkungkan punggung Anda
  9. Saat menyapu atau mengisap debu : Jaga sapu atau alat penghisap berada dalam jangkauan yang nyaman di depan Anda sehingga gerakan dapat dilakukan tanpa harus membungkuk.
sekian tips dan cara menobati sakit punggung dibagian atas dan dibagian bawah yang dapat anda coba, semoga dapat bermanfaat dalam meringankan sakit punggung yang anda derita. apabila tidak kunjung baik atau tambah parah maka segera hubungi atau periksa kedokter yang ahli dibidang ini. terimakasih.obat-lemah-syahwat-pijat-refleksi
Loading...


EmoticonEmoticon