obat batuk berdahak anak dan dewasa resep alami dan obat apotik - alfa singasari

obat batuk berdahak anak dan dewasa resep alami dan obat apotik

loading...
loading...
obat batuk berdahak anak sd dapat berupa ramuan alami dan juga obat yang dijula di apotik. batuk berdahak merupakan momok yang paling ditakuti oleh para ibu yang mempunyai anak kecil. Sebab batuk berdahak sangat mengganggu aktivitas anak sd baik pada saat pembelajaran disekolah maupun di rumah pada waktu tidur. Pada saat tidur batuk berdahak sering menutupi lubang hidung sehingga anak menjadi sulit bernapas, sehingga kualitas tidurnya menjadi rendah yang mengakibatkan kurang konsentrasinya ketika pagi tiba dan menghadapi pelajaran disekolahan. tapi pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi resep obat batuk berdahak anak sd yang alami dan obat apotik, yang mudah mudahan bermanfaat. tapi sebelumnya mari  kita pelajari dulu apa itu batuk berdahak.

Pengertian batuk berdahak

Batuk berdahak terjadi ketika paru-paru Anda mengalami infeksi sehingga menghasilkan dahak lebih dari kadar normal. Akibatnya terdapat dahak pada tenggorokan yang keluar saat Anda batuk. Batuk adalah cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak agar dapat bernapas dengan lebih lega. Batuk berdahak umumnya disebabkan oleh pilek, pneumonia dan sinusitis, namun kondisi ini dapat juga menjadi gejala penyakit bronkitis kronis, gagal jantung, dan asma. Makin lama batuk menetap, maka makin tinggi risiko mendapat penyakit yang lebih serius. Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada perokok dan orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah.
Batuk merupakan kondisi yang relatif umum sehingga jarang diperiksakan ke dokter. Namun ada saatnya Anda perlu memeriksakan diri untuk mencegah risiko. Lalu kapan saat yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter?
  1. Jika batuk berdahak Anda tidak kunjung sembuh atau bahkan lebih parah, hingga lebih dari sepekan.
  2. Jika dahak yang keluar saat batuk berwarna hijau pekat atau merah muda berbusa.
  3. Jika terdapat darah dalam dahak Anda.
  4. Jika batuk berdahak Anda disertai dengan gejala berupa demam tinggi, nyeri dada, sesak napas, penurunan berat badan, ruam, mengi, telinga sakit, sakit kepala yang terus timbul.
  5. Jika Anda adalah perokok dan batuk Anda makin parah di malam hari.
  6. Jika Anda tiba-tiba merasakan gejala-gejala sakit kepala, nyeri otot, kelelahan.
  7. Meredakan Batuk Berdahak
  8. Tidak dibutuhkan antibiotik untuk menangani batuk berdahak atau penyakit yang disebabkan oleh virus. Untuk infeksi biasa, obat batuk saja dapat meredakan batuk berdahak, namun jangan berikan obat ini kepada anak-anak di bawah usia dua tahun.

obat batuk berdahak yang di jual di apotik

  1. Obat batuk biasanya bermanfaat untuk mengencerkan dahak atau disebut ekspektoran agar dahak lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Oleh karena batuk memang diperlukan untuk mengeluarkan dahak, maka obat untuk meredakan batuk tidak disarankan.
  2. Guaiphenesin atau bromhexine adalah bahan utama pereda batuk berdahak yang juga aman untuk ibu hamil. Meski begitu perlu diingat bahwa bahan ini tidak dapat menyembuhkan kondisi lebih serius yang melatarbelakangi.
  3. Jika batuk disertai demam, konsumsi ibuprofen atau parasetamol yang juga dapat membantu meredakan sakit pada tenggorokan.
  4. Hati-hati mengonsumsi obat yang mengandung antihistamin yang berguna untuk meredakan hidung tersumbat, karena bahan ini justru dapat membuat dahak lebih sulit dihilangkan dari paru-paru.

Aneka macam obat batuk memang banyak tersedia di pasaran. Namun terdapat kondisi tertentu yang harus lebih diwaspadai seperti berikut ini.
  1. Jika Anda mengidap diabetes, tekanan darah tinggi, sakit jantung, gangguan tiroid, gangguan pernapasan seperti asma.
  2. Jika batuk berdahak diderita balita di bawah dua tahun.
  3. Jika Anda sedang menyusui atau hamil sehingga memerlukan obat batuk yang tidak membahayakan bayi.
  4. Jika Anda alergi terhadap obat-obatan, terutama kandungan dalam obat batuk.
Pada intinya, penting untuk mengonsumsi obat-obatan dengan label dan peruntukan yang tepat untuk menangani batuk berdahak. Akan lebih baik jika obat-obatan yang ingin dikonsumsi dikonsultasikan lebih dulu kepada dokter.
Secara medis, batuk berdahak atau kering yang disebabkan oleh infeksi atau virus tidak memerlukan obat antibiotik. Sedangkan untuk batuk yang terjadi lebih dari 2 (dua) minggu sebaiknya mendapat penanganan medis, dimana bisa jadi hal itu merupakan indikasi pada penyakit tertentu yang harus segera mendapatkan penyembuhannya lebih dahulu agar batuk yang disebabkannya menjadi hilang.

Obat batuk berdahak anak sd yang alami

Sedangkan untuk batuk berdahak dan batuk kering yang bukan disebabkan penyakit tertentu, pengobatannya lebih aman bila menggunakan bahan-bahan alami (obat herbal) saja. Selain mudah didapatkan, obat herbal lebih aman bagi tubuh manusia bila dibandingkan obat batuk atau pencahar yang mengandung kimia. Berikut merupakan bahan alami yang bisa dijadikan obat herbal mengatasi batuk berdahak atau kering secara aman :
1. Buah Anggur
Siapa sangka buah anggur ternyata bisa menyembuhkan batuk secara alami. Kandungan yang bersifat ekspektorat pada buah ini ternyata mencairkan lender sehingga mudah untuk dekeluarkan pada seseorang menderita batuk.
2. Jeruk Nipis
Selanjutnya adalah buah jeruk nipis,sejak dahulu buah jeruk nipis biasa dipakai sebagai obat batuk berdahak maupun kering. Cara pengolahannya pun tergolong mudah, dengan mengambil perahan air jeruk secukupnya. Kemudian ditambahkan air putih satu gelas, sebagian lagi ada juga yang menambahkan sedikit kecap untuk memperkuat rasa jeruk sehingga langsung dirasakan saat melewati tenggorokan yang mengandung lendir atau dahak.
3. Madu
Baik madu hutan maupun madu hasil lebah tangkaran memiliki kandungan zat yang sangat baik tubuh, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi madu pada saat batu ternyata telah terbukti dapat mengobati batuk berdahak dan kering termasuk sakit tenggorokkan.
4. Kacang Almond
Banyak orang belum mengetahui bahwa kacang almod bisa menghilangkan batuk. Rajin mengkonsumsi kacang almond saat sedang batuk adalah salah satu cara alami untuk mengatasi batuk yang sedang diderita. Secara pengolahan pun bisa disesuaikan dengan keinginan.
5. Daun Mint
Hasil penelitian kesehatan di beberapa negara telah membuktikan bahwa daun mint terbukti dapat menyembuhkan batuk dan infeksi saluran pernapasan karena kandungan daun mint dapat merelaksasikan otot trakea dan ilea pada saluran pernapasan. Cara mengkonsumsinya pun bisa secara langsung atau diolah menjadi teh, hal itu tergantung selera kita masing-masing.
6 . Bunga Mawar
Selain sebagai tanaman hias ternyata bunga mawar juga khasiat meredakan batuk. ambil bunga mawar yang masih segar kurang lebih 10gr  hancurkan bersama air secukupnya dan tambahkan sedikit gula batu. Minum olahan bunga mawar ini sebanyak 2 kali sehari sampai batuk benar-benar telah reda.
7. Jahe
Tidak hanya sebagai bumbu dapur ternyata jahe juga berkhasiat sebagai obat herbal dalam mengatasi batuk. Sifat jahe yang pedas dan hangat ternyata mampu membuat tenggorokan menjadi hangat pula. Saat terjadi batuk, cuaca dingin akan semakin mebuat dahak sulit untuk keluar untuk itu meminum air jahe hangat tentunya akan menyegarkan tengggorokan dan meredakan batuk yang sedang diderita.
8. Daun Sirih
Mengkonsumsi rebusan daun sirih bisa menyembuhkan batuk berdahak atau kering. Rebusan tersebut sangat baik lagi jika dicampur dengan cengkeh dan kayu manis. Ambil 5 lembar dau sirih kemudian bersama dan biarkan menjadi satu gelas. Untuk 1 gelas olahan daun sirih ini bisa kita konsumsi sampai dengan 4-5 hari dengan sekali minum sebanyak 1 sendok makan sebanyak 3 kali sehari.
9. Kunyit
Kunyit memang adalah salah satu rempah atau bumbu dapur yang sangat ampuh mengobati beragam penyakit.termasuk dalam hal meredekan batuk berdahak. Cara pengolahannya adalah ditumbuk dan ditambahkan madu serta susu. Minum olahan kunyit ini 1 (satu) gelas per hari untuk meredakan batuk berdahak ataupun kering.
10. Belimbing Wuluh
Rasa asam dan zat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh ternyata berkhasiat mengobati batuk. Caranya adalah, ambil 10 buah belimbing wuluh, cuci dan parut halus kemudian tambahkan air satu gelas dan sedikit garam. Saring dan minum sebanyak 2 kali sehari, namun untuk seseorang yang menderita maag atau masalah lambung sebaiknya cari alternative obat herbal lain yang memang benar-benar tindak mengganggung lambung.
 nah, demikian obat batuk berdahak anak sd yang alami dan obat apotik yang bisa saya bagikan, semoga ada manfaatnya, dan dapat menyembuhkan putra - putri bapak / ibu yang lagi menderita batuk berdahak dan lekas sembuh. obat sakit gigiobat batuk kering. 
Loading...


EmoticonEmoticon