terapi stroke dengan pijat refleksi dapat mencegah penyakit stroke - alfa singasari

terapi stroke dengan pijat refleksi dapat mencegah penyakit stroke

loading...
loading...
Banyak pasien stroke telah berpaling ke terapi alternatif seperti pijat refleksi untuk membantu mereka dalam pemulihan. Pijat refleksi bisa berarti memberikan tekanan ke daerah-daerah tubuh tertentu, termasuk tangan, kaki atau telinga, dengan menggunakan jari atau alat. Proses ini biasanya tidak membutuhkan minyak atau lotion. Terapi pijat refleksi ini didasarkan pada keyakinan terapis bahwa tekanan pada daerah-daerah refleks dapat memberikan hasil yang positif dan perubahan fisik tertentu pada tubuh. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengikuti pengobatan alternatif ini.

pengertian, jenis, gejala dan penyebab stroke

pengertian penyakit stroke

Penyakit Stroke adalah gangguan fungsi saraf di wilayah kepala yang terjadi secara mendadak akibat pasokan darah dan oksigen juga nutrisi ke suatu bagian otak terganggau sehingga menyebabkan peredaran darah ke otak terganggu. Kurangnya aliran darah, nutrisi dan oksigen ke otak menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf berupa pecah, menyempit atau tersumbatnya pembuluh darah di otak sehingga menyebabkan kelumpuhan anggota gerak, gangguan bicara, penurunan kesadaran.
terapi stroke dengan pijat refleksi dapat mencegah penyakit stroke

jenis penyakit stroke

  • Stroke hemorrhagic 

Pada stroke hemorrhagic Pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah yang normal dan darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya. Hampir 70 persen kasus stroke hemorrhagik terjadi pada penderita hipertensi.

  • Stroke iskemik 
pada stroke iskemik ini aliran darah ke otak terhenti karena penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis) atau menyumbatnya pembuluh darah ke otak karena pembekuan darah.  Penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur pembuluh darah arteri yang menuju ke otak. Darah ke otak disuplai oleh dua arteria karotis interna dan dua arteri vertebralis. Arteri-arteri ini merupakan cabang dari lengkung aorta jantung (arcus aorta). Hampir sebagian besar pasien atau sebesar 83% mengalamipenyakit stroke jenis iskemik.

gejala penyakit stroke

Serangan kecil atau serangan awal stroke biasanya diawali dengan daya ingat menurun dan sering kebingungan secara tiba-tiba dan kemudian menghilang dalam waktu 24 jam selain itu tanda dan Gejala-gejala terjadinya penyakit Stroke dapat diamati dari beberapa hal:

  • Adanya serangan neurologis fokal berupa kelemahan atau kelumpuhan lengan, tungkai atau salah satu sisi tubuh
  • Melemahnya otot (hemiplegia), kaku dan menurunnya fungsi sensorik
  • Hilangnya rasa atau adanya sensasi abnormal pada lengan atau tungkai atau salah satu sisi tubuh seperti baal, mati rasa sebelah badan, terasa kesemutan, perih bahkan seperti rasa terbakar dibagian bawah kulit
  • Gangguan penglihatan seperti hanya dapat melihat secara parsial ataupun tidak dapat melihat keseluruhan karena penglihatan gelap dan pandangan ganda sesaat
  • Menurunnya kemampuan mencium bau dan mengecap juga mata kabur
  • Berjalan menjadi sulit dan langkahnya tertatih-tatih bahkan terkadang mengalami kelumpuhan total
  • Hilangnya kendali terhadap kandung kemih sehingga sering kencing tanpa disadari
  • Kehilangan keseimbangan, gerakan tubuh tidak terkordinasi  dengan baik
  • Tidak memahami pembicaraan orang lain, tidak mampu membaca, menulis dan berhitung dengan baik
  • Adanya gangguan dan kesulitan dalam menelan makanan ataupun minuman (cenderung kesedak)
  • Adanya gangguan bicara dan sulit berbahasa yang ditunjukkan dengan bicara tidak jelas, sengau, pelo, gagap dan berbicara hanya sepatah kata bahkan sulit memikirkan atau mengucapkan kata-kata dengan tepat.
  • Menjadi Pelupa (Pikun/ Demensia) dan tidak mampu mengenali bagian tubuh, yang parah banget.
  • Vertigo (pusing tujuh keliling ) atau perasaan berputar yang menetap saat tidak beraktifitas
  • Kelopak mata sulit dibuka
  • Menjadi lebih sensitif, mudah menangis ataupun tertawa
  • Banyak tidur dan selalu ingin tidur
  • Gangguan kesadaran, pingsan sampai tak sadarkan diri.

penyebab penyakit stroke

 dapat menyebabkan atau memperparah stroke antara lain:
  • Hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi),
  • Kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah),
  • Gangguan jantung,
  • Diabetes/ kencing Manis,
  • Riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturnan) dan
  • Migren (sakit kepelah sebelah)
  • Bagian muka, leher dan tengkuk sering tersorot AC dan kipas angin secara langsung.
  • Vertigo atau pusing 7 keliling.
  • Tinnitus/ telinga berbunyi
  • Gangguan tidur dan kelelahan yang sangat

Menurut data statistik 80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis 
Faktor resiko gaya hidup: disebakan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan cepat saji  (fast food dan junk food yang dapat menyebabkan kolestrol HDL/ kolestrol jahat menjadi tinggi). Faktor resiko gaya hidup yang lainnya adalah kurangnya aktifitas gerak / olah raga dan obesitas juga kondisi kejiwaan yang mudah stress.

Mekanisme Pijat Refleksi pada Penderita Stroke

Menurut Asosiasi Refleksi Kanada, tekanan pada titik-titik tertentu saat terapi pijat refleksi dapat meredakan ketegangan, meningkatkan sirkulasi, dan membantu meningkatkan fungsi alami tubuh.
Para ahli refleksi percaya bahwa pasien stroke bisa mendapatkan manfaat dari pengobatan jenis ini karena pijatan dengan tekanan dapat mengirimkan sinyal-sinyal keseimbangan ke sistem saraf atau melepaskan bahan kimia yang dapat mengurangi stres dan rasa sakit.

Teori dan Metode Pijat Refleksi pada Penyakit Stroke

Teori di balik pijat refleksi bertumpu pada keyakinan bahwa medan energi di dalam tubuh dapat diblokir oleh faktor-faktor lingkungan dan kondisi mental sehingga mengakibatkan penyakit.
Refleksi dilakukan dengan memberikan tekanan ke tangan, kaki, dan telinga, dengan maksud untuk meningkatkan aliran energi ke berbagai bagian tubuh.
Stimulasi seperti ini dapat membantu pelepasan hormon endorfin, yang merupakan penghilang rasa sakit alami dalam tubuh. Selain itu, pijat refleksi dapat merangsang pusat saraf yang dapat meredakan gejala-gejala pada pasien stroke.
Sesi pemijatan sering kali berlangsung antara 30-60 menit dan dalam paket program yang berlangsung selama 4-8  minggu. Hipotesis di balik pijat refleksi sebagai pengobatan untuk pasien stroke umumnya ditolak oleh komunitas medis.
Menurut seorang peneliti di Harvard Medical School, tidak ada bukti ilmiah dan penelitian yang mendukungnya. Karena kurangnya peraturan, akreditasi, perizinan, dan pelatihan medis untuk para terapis, maka pengobatan semacam ini juga sering dikritik.
Bukti yang Kuat Berbasis Penelitian
Dalam sebuah penelitian tahun 2002 yang diterbitkan dalam Biomedical Central Complementary and Alternative Medicine Journal, dilakukan analisis  terhadap penggunaan terapi alternatif pada populasi pasien yang mengikuti rehabilitasi stroke di Saskatchewan.
Dari 117 pasien rehabilitasi yang mengikuti tes ini, 16,1 persen pasien mengaku bahwa terapi alternatif, termasuk pijat refleksi, membuat perasaan dan kesehatan mereka membaik.
Sementara 83,9 persen dari korban stroke tidak mengalami perubahan atau mengalami hanya sedikit perbaikan. Namun, sama sekali tidak ada pasien yang dilaporkan mengalami efek buruk dari perawatan tersebut.

Mencegah stroke dengan pijat refleksi

pijat refleksi dititik pucuk telinga
Titik pucuk telinga digunakan untuk mencegah stroke dengan cara menekan pakai ujung taring ataupun menusuk dengan jarum untuk mengeluarkan sedikit darah. Lakukan setidaknya 2 kali seminggu, Lama penekanan atau memijat 30 detik sampai 1 menit.
terapi stroke dengan pijat refleksi dapat mencegah penyakit stroke


pijat refleksi dititik pucuk jari tangan kanan
yaitu titik Rongga Sinus dan Otak Besar. Titik terapi ini terdapat pada 5 ujung jari
terapi stroke dengan pijat refleksi dapat mencegah penyakit stroke

DEMIKIAN TERAPI STROKE DENGAN PIJAT REFLEKSI YANG DAPAT MENCEGAH PENYAKIT STROKE SEMOGA BERMANFAAT.obat-sakit-gigi-dijamin-ampuh-mujarab
Loading...


EmoticonEmoticon