obat batuk kering anak dan dewasa alami dan apotik - alfa singasari

obat batuk kering anak dan dewasa alami dan apotik

loading...
loading...
Penyakit yang sering sekali mengganggu anak – anak adalah batuk, pilek, panas dan demam, anda pasti setuju dengan pendapat saya yang satu ini, namun pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas tentang obat batuk anak dan dewasa yang alami dan apotik, obat batuk alami menggunakan bahan dari buah ataupun tanaman rempah – rempah yang mempunyai khasiat meredakan batuk. Dengan penggunaan bahan alami maka tidak ada rasa khawatir tentang kelebihan dosis dalam mengkonsumsinya, sehingga tidak ada rasa was – was dalam penggunaan jangka panjang. Tidak seperti obat batuk anak dan dewasa yang menggunakan bahan kimaia, yang apabila dikonsumsi tanpa aturan yang benar bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi anak maupun orang dewasa. Namun sebelum pembahasan lebih lanjut mengenai obat batuk anak dan dewasa yang alami alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui tentang batuk itu sendiri, seperti keterangan dibawah ini.

Pengertian batuk, jenis batuk dan penyebab batuk serta cara mencegah batuk

obat batuk kering anak dan dewasa alami dan apotik

Pengertian Batuk

Batuk merupakan reaksi dari gangguan suatu penyakit yang menyerang organ pernafasan.Jadi bila selama ini anda beranggapan bahwa batuk adalah sebuah penyakit,  merupakan suatu anggapan yang salah. Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menimbulkan reaksi atau gejala berupa batuk, diantaranya sebagai gejala flu atau pilek, batuk asma, batuk TBC, batuk alergi dan jenis batuk lainnya.

Jenis - jenis batuk

1.       Jenis Batuk kering
Biasanya jenis batuk ini akan muncul sebagai tanda gejala penyakit flu atau bisa karena batuk alergi yang mengganggu saluran pernafasan. Pada penderita asma ringan juga seringkali dirasakan gejala batuk kering. Para dokter biasanya akan memberikan resep Obat Batuk kering dengan kandungan antitusif yang juga bisa anda temukan di apotek terdekat.
2.       Jenis Batuk berdahak
Batuk berdahak biasanya dipicu dari munculnya infeksi pada saluran pernafasan bagian atas yang menghasilkan dahak.Dahak biasanya berupa cairan kental seperti lem yang sulit untuk dikeluarkan. Gejala batuk berdahak biasanya akan muncul pada penderita ISPA, penderita sinusitis, dan juga pada penderita tBC. Secara umum batuk berdahak bisa dipicu dari munculnya virus atau bakteri. Obat Batuk berdahak dengan kandungan ekspektoran biasanya akan diberikan oleh dokter untuk meredakan dahak sekaligus mengeluarkannya.

Penyebab batuk

Untuk memilih Obat Batuk yang tepat sebaiknya terlebih dulu kita mengetahui hal hal yang menjadi penyebab munculnya batuk. Dibawah ini ada beberapa hal yang menimbulkan munculnya batuk:
1.       Alergi
Batuk pada kondisi alergi biasanya dipicu dari udara yang tercemar atau asap polutan pabrik, asap rokok dan bisa juga karena debu. Batuk alergi biasanya berupa batuk kering dan disisertai juga dengan bersin. Gejala batuk alergi biasanya tidak memerlukan penanganan Obat Batuk secara khusus karena kadang batuk ini akan sembuh dengan sendirinya seiring menghilangnya pemicu alergi tersebut.
2.       Infeksi virus
Banyak kasus yang dialami gejala batuk yang muncul disebabkan infeksi virus, seperti yang terjadi pada serangan penyakit TBC dan juga penyakit flu.Gejala ini bisa berangsur sembuh tapi juga bisa bertambah parah tergantung Obat Batuk yang kita makan.
3.       Serangan asma
Reaksi batuk akan muncul pada penderita asma yang sedang kambuh karena terjadinya penyempitan saluran pernafasan.
4.       Efek dari obat obatan
Ada beberapa jenis obat kimia yang bisa menimbulkna reaksi atau gejala batuk seperti pengaruh dari obat darah tinggi.

Pencegahan batuk Kering

Cara efektif Obat Batuk alami yang aman sebenarnya adalah dengan mengembalikan pribadi yang terbiasa dengan pola makan sehat dan gaya hidup sehat. Anda bisa berusaha menghindari begadang karena hawa dingin di malam hari bisa berdampak buruk pada saluran pernafasan. Disamping itu Obat Batuk alami yang ampuh juga bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur terutama pada saat musim pancaroba dimana tubuh memerlukan daya imunitas yang tinggi. Ketika Anda merasa terserang batuk, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut yang berguna untuk mengobati batuk yang Anda derita. Namun agar batuk berdahak dan kering tidak muncul lagi setelah di obati, sebaiknya Anda harus melakukan hal hal berikut ini agar penyebab munculnya batuk berdahak dan kering dapat di hindari.
1.       Segera jauhi tempat yang berdebu dan kotor. Anda juga harus beranjak dari tempat yang dingin karena kekebalan tubuh sedang menurun sehingga penyakit bisa lebih mudah datang.
2.       Jaga agar kondisi tubuh selalu hangat. Anda bisa menggunakan jaket, syal atau selimut untuk mengusir hawa dingin pada tubuh.
3.       Jangan mandi menggunakan air yang terlalu dingin, usahakan untuk mandi dengan air hangat agar kondisi tubuh selalu terjaga.
4.       Khusus untuk Anda yang menghisap rokok, berhentilah merokok untuk selamanya. Sebab rokok sudah terbukti merusak kesehatan dalam jangka panjang. Jika awalnya Anda terserang batuk, bisa jadi berbagai penyakit berbahaya akan menyerang tubuh Anda nantinya.
5.       Lebih baik perbanyak istirahat. Saat rasa sakit termasuk batuk menyerang, jangan terlalu banyak bekerja sehingga kondisi tubuh menurun. Istirahatlah dan jangan lakukan kegiatan yang bisa membuat ketahanan menurun.
6.       Penuhi asupan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Minumlah air putih setidaknya 7 hingga 8 gelas setiap hari.

Obat batuk kering anak dan dewasa menggunakan bahan alami

Dalam pengobatan batuk dikenal pengobatan tradisional yang terbukti ampuh. Bahkan, Anda tak perlu membeli obat batuk alami ini karena bisa ditemukan di sekitar rumah dengan mudah. Selain itu penggunaan obat alami untuk mengatasi batuk juga lebih aman untuk anak. Apa saja ramuan alami yang bermanfaat untuk mengatasi batuk kering dan batuk berdahak?
1.       Daun sirih dan jahe
Kita telah mengenal daun sirih sebagai bahan alami yang memiliki jutaan manfaat. Manfaat tersebut yang bisa kita dapatkan yaitu untuk mengobati sakit batuk yang menyerang. Untuk mengobati masalah batuk berdahak, gunakan ramuan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan jahe dan daun sirih. Caranya yaitu : Rebuslah daun sirih dengan air secukupnya, kemudian masukkan potongan jahe ke dalam air rebusan jeruk nipis. Setelah itu, minumlah ramuan obat batuk alami ini setidaknya 1 kali dalam sehari.
2.       Jeruk nipis, madu dan kecap
Selain daun sirih dan jahe, obat batuk alami juga bisa dibuat menggunakan jeruk nipis, kecap dan madu. Ramuan alami ini sudah dikenal manfaatnya untuk mengobati batuk sejak lama. Cara penggunaanya, sediakan satu buah jeruk nipis. Kemudian potong jeruk nipis jadi 2 bagian dan peras airnya. Campurkan dengan kecap dan madu minum 2 hingga 3 kali sehari.
3.       Ramuan jahe dan kencur
Jahe juga bisa dikombinasikan dengan kencur untuk pengobatan batuk berdahak dan batuk kering. Jahe mengandung zat anti bakteri sehingga cukup efektif atasi batuk yang menyerang. Buatlah ramuan sari jahe dankencur dan minumlah 3 kali sehari. Batu yang Anda derita akan segera sembuh dengan obat alami ini.
4.       Obat batuk kering tradisional daun saga
Cara membuat ramuan ini adalah dengan 1 genggam daun saga dengan tangkainya dan 1 genggam daun asam. Kemudian setelah itu direbus dengan menggunakan kedua bahan tadi dengan 3 gelas air sehingga air rebusan yang tersisa adalah 2 gelas. Dan kemudian dinginkanlah dan sringlah, minumlah 2 kali dalam sehari.
5.       Teh jahe
Teh jahe merupakan salah satu jenis obat herbal yang bisa membantu mengobati sakit batuk kering. Cara membuat ramuan ini juga terbilang sederhana, yakni sediakanlah 2-3 irisan jahe yang sudah dicuci terlebih dahulu sampai bersih, kemudian diseduh dengan menggunakan teh hangat. Dan minumlah dua sampai tiga kali dalam sehari untuk membuat batuk menjadi reda dan bsia  disembuhkan.
6.       Kunyit
Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa membant untuk mengatasi masalah sakit batuk kering. Cara membuat ramuan ini adalah tambahan ½ sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk dengan madu ke dalam 1 gelas susu. Ramuan kunyit tadi akan memberikan khasiat yang alami yang bisa membantu untuk menghilangkan batuk kering.
7.       Lada putih
Obat batuk kering alami lainnya adalah dengan menggunakan lada putih. Cara membuat ramuan ini adalah coba minum satu sendok teh madu yang ditambahkan dengan sedikit taburan pada lada putih sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Ramuan lada putih tadi bisa membantu meredakan dan menyembuhkan batuk dengan cepat.
8.       Daun kemangi
Ramuan obat batuk kering dengan menggunakan daun kemangi caranya adalah sediakan 1-2 gelas air putih, kemudian 2-3 daun kemangi dan direbus menjadi satu. Setelah itu, dinginkan dan minum ramuan ini untuk membantu meredakan sakit batuk kering.
9.       Menggunakan serai
Salah satu obat herbal batuk kering lainnya adalah dengan menggunakan tanaman serai. Cara membuatnya adalah siapkan beberapa akar serai, kemudian setelah itu dicuci sampai bersih, dan direbus dengan menggunakan 1 gelas air selama 15 menit. Dan jika sudah dingin maka Anda bisa minum ramuan ini.
10.   Tapak dara
Tapak dara merupakan tanaman yang dapat di pakai untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada. Dan tanaman ini bisa di beli pada penjual tanaman hias yang nantinya bisa kalian pelihara. Jika sewaktu waktu membutuhkannya tinggal memetiknya saja. dan resep obat batuk kering adalah dengan menggunakan tapak dara. Cara menggunakan ramuan ini sangat mudah yang tidak membutuhkan waktu yang banyak. rebus lah daun tapak dara ini, yang sudah di bersihkan. minumlah jika sudah matang. Tiap hari atau rutin minuman ini di konsumsi, agar penyakit yang di alami dapat cepat terobati. Tidak menimbulkan efek samping atau resiko sama sekali. karena ramuan ini terbuat dari bahan yang tradisional. siapa pun bisa meminumnya, dari mulai anak anak sampai orang dewasa. Kandungan yang terdapat dari tapak dara pun serta manaaatnya juga banyak, selain untuk menyembuhkan batuk kering. tanaman ini hidup di daerah dataran rendah yang mempunyai tanah subur.
11.   Mengkudu
Mengkudu ini memiliki rasa pahit dan kebanyakan orang tidak suka dengan bahan ini. terdapat bintik coklat di permukaan yang mempunyai kulit warna hijau muda dan tua merupakan ciri ciri dari mengkudu. Banyak manfaat dari buah ini untuk masalah kecantikan atau penyakit. Resep obat batuk kering salah satunya bisa untuk menggunakan mengkudu. Cara memakai bahan ini paling mudah dan hanya dengan mengejus atau merebusnya. Tergantung kalian ingin menggunakan cara seperti apa. yang penting dalam mengkonsumsinya harus teratur. Untuk menghilangkan rasa pahitnya kalian bisa menambahkan madu dengan secukupnya. Resep ini sangat ampuh dan mujarab dan efektif sekali, tidak menimbulkan efek samping dalam menggunakannya. dan jika untuk masalah kecantikan mengkudu ini bisa di jadikan sebagai masker rambut.
12.   Kumis kucing
Sudah banyak penyakit yang di sembuhkan oleh tanaman kumis kucing. Mengapa di namakan dengan kumis kucing? Karena tanaman ini mirip sekali dengan hewan kucing pada kumisnya. Yang memiliki warna putih dan panjang. Kumis kucing ini bisa di jadikan sebagai resep obat batuk kering. mengolah bahan ini sama saja dengan bahan lainnya. Yang tinggal di rebus. Dan sebelumnya sudah di cuci. Tunggu beberapa menit sampai matang. Dan minumlah ramuan ini dengan rutin dan teratur, agar penyakit yang di alami dapat cepat sembuh. tidak menimbulkan efek samping sama sekali dalam menggunakannya. dan tips yang kami berikan bisa di pakai oleh siapa saja. selain itu, tanaman ini juga bisa di pakai untuk mengobati penyakit kencing manis dan kencing batu.
13.   Wortel
Wortel yang di dalamnya terkandung vitamin A di dalamnya. dan wortel ini memiliki beberapa jenis. Paling banyak wortel ini di peruntukan untuk menyembuhkan penyakit mata minus, silinder, rabun jauh dan dekat. Wortel ini juga bisa di jadikan sebagai resep obat batuk kering. bisa di makan langsung, di jus, di rebus atau di jadikan sayur. Wortel ini merupakan bahan yang mudah untuk di cari. Dan siapa pun bisa mengkonsumsinya, karena sangat bagus untuk tubuh. buanglah rasa takut atau cemas jika menggunakan wortel, karena resiko yang di alami tidak ada. Dan di supermarket serta pasar pun kita bisa menemukannya.
14.   Tapak liman
Resep obat batuk kering adalah dengan menggunakan tapak liman. Menemukan tapak lima bisa kalian temui di pedagang tanaman hias. Dan tapak liman ini memiliki manfaat yang cukup banyak. cara mengolah bahan ini untuk mengobati batuk kering adalah dengan cara di masak yang telah di cuci tapak liman tersebut. dan minumlah ramuan ini pada tiap harinya, agar batuk kering yang terjadi dapat sembuh dalam waktu yang cepat.
15.   Banyaknya mengkonsumi air putih
Berbeda dengan pengobatan lainnya yang bila disembuhkan pasti mengeluarkan cara untuk membuat ramuan nya. Tetapi dalam obat batuk kering paling ampuh yang pastinya akan terobati, jika kita hanya meminum air putih saja. Sungguh ajaib bukan dengan hal ini. karena air putih bila diminum yang cukup akan menimbulkan kesehatan yang baik untuk tubuh. dan salah satunya ya untuk penyakit batuk kering. Ternyata ada kandungan yang terdapat pada air putih ini, yaitu kalsium dan natrium. yang jika dikatakan tidak akan terganti oleh jenis minuman apapun. 8 gelas atau sebanding dengan dua liter itulah tips meminumkan air putih dalam perhari nya. Mudah dan gampang sekali untuk mendapatkan air putih ini, yang sudah tersebar dimana mana dengan harga yang lumayan terjangkau.
16.   Madu asli
Tidak usah ragu dalam madu ini, karena banyak sekali yang terkandung pada bahan tersebut yang di dalamnya memiliki rasa manis seperti gula. Madu ini bisa kalian dapatkan pada sarang lebah yang menempel di pohon pohon. Orang yang nantinya tersengat lebah akan menimbulkan rasa yang amat sakit, yang apabila sudah terbiasa pastinya tidak menimbulkan kesakitan pada tubuh. obat batuk kering paling ampuh dapat memakai madu yang telah di tambahi dengan perasan jeruk nipis dan air hangat yang sedikit. Aduk dan minum ramuan ini dengan tiap hari, selama batuk kering melanda. Pada penjualan toko toko herbal, di pastikan terdapat berbagai macam madu. Tergantung dari madu apa yang kalian beli nantinya, karena setiap jenis madu sangat lah berbeda dan ukuran atau takaran nya pun sepertinya tidak sama. Masalah kecantikan pun bisa di tangani dengan menggunakan madu, yang caranya hanya dengan mengoleskannya pada bagian permukaan kulit yang ingin di rawat.
17.   Air garam
Tentunya pada bahan garam memiliki rasa yang asin yang bila dikonsumsi dengan sering darah tinggi akan naik. tapi disisi rasanya asin garam ini terdapat fungsi dalam pengobatan penyakit yang ada. Obat batuk kering paling ampuh dapat mengumurkan diri yang biasanya akan di letakkan pada mulut. Besar kemungkinan sudah banyak yang mengetahuinya tips ini, untuk menyembuhkan batuk yang kering. Resep dari orang tua juga termasuk cara ini. kesan dari efek samping pun sangat jauh sekali. Apabila menyembuhkan penyakit dengan bahan yang herbal itu sama sekali aman. Yang usia muda sampai tua bisa menerapkan dengan waktu yang berjangka lama atau panjang.
18.   Jeruk nipis
Bentuk bulat, hijau terdapat bijinya dan rasanya kecut atau asam itu lah kriteria dari jeruk nipis. Bahan ini termasuk bahan yang kecil, tetapi dalam ke khasiatan nya sangat banyak dari masalah kesehatan hingga kecantikan dan kegantengan. Obat batuk kering paling ampuh adalah dengan meminum hasil campuran racikan dari jeruk nipis. Batuk pun akan hilang, bila dipakai dalam setiap harinya. Masalah jerawat dan flek hitam bisa di basmi dengan bahan ini, tetapi akan menimbulkan rasa perih.
19.   Daun mint
Yang kita tahu bahwa daun mint ini. dipakai untuk membuat kesegaran yang memiliki bau mulut. Obat batuk kering paling ampuh pun dapat diatasi dengan daun mint. Yang pengolahan nya pasti dengan dimasak pakai air hingga matang. Daun mint ini banyak yang sudah diolah dalam bentuk perment yang berbau mint.
20.   Daun saga
Separuh orang belum dapat mengetahui daun saga itu seperti apa dan bentuknya pun kaya gimana. Yang dapat kami informasikan  obat batuk kering paling ampuh bisa menggunakan daun saga. Yang prosesnya seperti biasa, sama dengan cara yang diatas pada daun mint.

Obat batuk kering anak dan dewasa menggunakan obat apotik

Banyak jenis obat batuk kering yang dijual di apotik atau toko obat. Batuk kering atau batuk non produktif karena batuk tidak mengeluarkan dahak. Ada beberapa jenis obat batuk kering yang dapat diperoleh di toko obat, apotik atau dengan resep dokter, yakni :
1. Obat batuk kering yang memiliki sifat zat pereda, seperti :
a. Dektrometorfan Hbr
b. Kodein
c. Noskapin
2. Obat batuk kering yang bersifat antihistamin atau anti alergi, seperti :
a. Prometazin
b. Klorfeniramin
c. Difenhidramin maleate
3. Obat batuk kering ekspektoran
Obat batuk ekspektoran (pengencer dahak). Berguna untuk mengatasi batuk berdahak karena kerjanya merangsang dan memudahkan pengeluaran dahak atau lendir. Zat ekspektoran berfungsi untuk meningkatkan aliran cairan normal tenggorokan dan membantu meringankan rasa sakit.
4. Obat batuk kering antitusif (penekan batuk)
Penekan batuk beraksi pada pusat pengendali batuk di bagian otak yang disebut medulla, atau di pusat iritasi di tenggorokan, yang membuat diaktifkannya pusat batuk. Obat ini digunakan untuk batuk tidak berdahak. Biasanya tersedia dalam bentuk cair dan padat.
Namun sebelum dilakukan dengan pemberian obat batuk kering anak dan dewasa alami dan apotik ada baiknya mengenali gejala dan penyebab batuk kering. Sehingga obat yang diminum dapat tepat sasaran pada pengobatan batuk kering, semoga artikel ini dapat membatu. baca juga artikel lain : obat sakit gigi alami dan apotik, cara menurunkan berat badan.
Loading...


EmoticonEmoticon