titik pijat refleksi sakit demam atau panas anak - alfa singasari

titik pijat refleksi sakit demam atau panas anak

loading...
loading...
Bagi anda orang tua yang mempunyai bayi atau anak kecil, tentunya tidak asing lagi dengan demam bayi atau anak. demam atau panas adalah bukan sebuah penyakit tetapi merupakan tanda akan ada penyakit yang diderita anak. Bagi orang tua yang selalu panik dan buru - buru periksa dokter atau beli obat apotik, maka pada kesempatan malam ini saya akan berbagi cara pijat refleksi demam untuk bayi dan anak, Semoga artikel ini bermanfaat.

cara pijat refleksi demam untuk bayi

Memberikan pijatan lembut pada bayi kerapkali dianjurkan oleh para praktisi kesehatan untuk membuat bayi merasa nyaman. Pijatan lembut oleh Bunda juga bisa membantu menurunkan panas saat bayi demam. Namun, pijatan pada bayi demam sedikit berbeda dengan pijatan saat bayi dalam kondisi normal dan sehat. Perbedaannya terletak pada penggunaan air hangat sebagai pengganti minyak telon, minyak kayu putih atau minyak lainnya yang umum digunakan saat memijat bayi.
TITIK PIJAT REFLEKSI SAKIT DEMAM DAN PANAS BAYI SERTA ANAK
Langkah - langkah pijat refleksi untuk bayi :
  1. baringkan bayi pada alas anti air yang telah dilapisi handuk terlebih dahulu.
  2. pastikan ruangan tempat pemijatan terjaga kehangatannya
  3. siapkan baskom berisi air hangat (orang tua bisa mencelupkan kantong teh camomile jika berkenan).
  4. kemudian, celupkan tangan orang tua pada air hangat dan letakkan pada dada bayi yang sedang demam
  5. basuh bagian belakang tubuh bayi sampai pada bagian kedua kaki si kecil
  6. pijat dengan lembut kaki si kecil dari ibu jari hingga paha secara bergantian. Ulangi gerakan memijat 3 sampai 4 kali. 
  7. lakukan gerakan yang sama persis pada lengan si kecil dengan lembut. (jangan lupa celupkan tangan Bunda pada air lagi jika hal itu diperlukan)
  8. setelah selesai dengan kaki dan tangan, lanjutkan pada bagian dada turun ke bawah perut si kecil. Ulangi sampai Bunda merasa cukup.
Gerakan-gerakan memijat ini akan membantu merilekskan tubuh bayi yang demam. Dengan begitu, suhu tubuh si kecil akan berangsur-angsur turun dan buah hati menjadi nyaman. Namun tentu saja, kondisi setiap bayi itu berbeda-beda. Kadangkala ada bayi demam yang tidak menunjukkan reaksi setelah pemijatan. Semua metode ini adalah alternatif pilihan yang ada. Insting keibuan dari Bunda lah yang sangat berperan untuk pemilihan metode yang sesuai. 

pijat refleksi demam untuk  anak

TITIK PIJAT REFLEKSI SAKIT DEMAM DAN PANAS BAYI SERTA ANAK

cara ke 1 titik refleksi demam dibagian bawah kaki

Selain pada bayi, demam juga sering diderita oleh anak - anak, cara pijat refleksi demam untuk anak - anak tentunya berbeda dengan pijat refleksi untuk bayi, adapun cara pijat refleksi untuk anak yaitu :

  1. Bawa anak ke ruang yang lega
  2. lakukan pemijatan pada titik refleksi liat gambar
    pijat refleksi demam untuk bayi dan anak
  3. Berikan minum banyak, karena demam dapat menimbulkan dehidrasi
  4. Kompres anak dengan air hangat. Kok bukan dengan air dingin? karena apabila diberi air dingin, otak kita akan menyangka bahwa suhu diluar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhunya dengan cara menggigil sehingga memproduksi panas. Akibatnya suhu tubuh anak bukannya turun, melainkan tambah panas.
  5. Pantau suhu tubuk anak jika panas makin tinggi komperes dengan air dinggin buakan Air es dan buak baju balita biarkan tampa busana dan terus mengkompres.
  6. Beri obat penurun panas, acetaminophen atau paracetamol seperti tempra, panadol, atau paracetol, tylenol, sesuai dosis. Kapan obat penurun panas diberikan? Bila suhu di atas 38C, atau bila anak uncomfortable. Sebaiknya jangan berikan obat demam apabila panasnya tidak terlalu tinggi (dibawah 38C).

cara ke 2 titik refleksi disekitar punggung kaki dan betis

1. pertama anda bisa memulai dari titik 39dibagian punggung kaki kanan dan kaki kiri, lakukanlah pijatan pada bagian itu. Keras atau lemahnya pijatan bisa anda sesuaikan sendiri.

pijat refleksi demam untuk bayi dan anak

2. Lalu dilanjutkan kebagian betis yaitu titik meredian kantung empedu 37. 38.39, dibagian kaki kanan dan kiri .

pijat refleksi demam untuk bayi dan anak

3. Biasanya kalau sudah di pijit titik di atas demamnya sudah reda dan baru di lanjutkan 34. titik limpa hanya di kaki kiri saja dan 4. kanan kiri.

pijat refleksi demam untuk bayi dan anak

3. Terus dilanjutkan ketitik 40 yaitu dibawah mata kaki dan titik 41 diantara sela ibu jari kaki dengan telunjuk kaki agak keatas sedikit.
Titik Refleksi untuk mengobati demam.


cara ke 3 menurunkan panas dengan pijat refleksi dibagian tangan

1. Titik ini bersebrangan dengan titik no.2, segaris dengan jari tengah. Lakukan dengan menusuk, memijat, menggosok, mencubit dengan kuku

pijat refleksi demam untuk bayi dan anak

2.Lihat gambar untuk menemukan titik ini. Titik ini berada disebelah luar dari arah jari telunjuk.
 
3. Titik ini terletak di jari tengah dekat dengan kuku kearah jari jempol pijat refleksi demam untuk bayi dan anak

4. titik pijat berada di lubang hidung
pijat refleksi demam untuk bayi dan anak

Demikian artikel titik pijat refleksi sakit demamatau panas  untuk bayi dan anak  yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah, lebih jelasnya silahkan klik disini semoga membantu mengobati demam. semoga dapat bermanfaat.
http://www.alfasingasari.com/2016/12/mengobati-diare-anak-bahan-alami.html
Loading...

4 komentar

posting yg bermanfaat 30 menit pijatan dg halus berhasil bsa menurunkan panas pd putri sy yg gi sakit deman terima kasih semoga yg memmposting dilancarkan usahanya dan rizqinya semakin berkah amiin...

Terimakasih atas kujungan dan doanya, semoga yang lain juga bisa berhasil menurunkan panas sikecil dengan terapi pijatan tersebut.

Terima kasih...utk postingannya sangat bermanfaat ank sy panas lgsg turun dlm 20 menit.

Trm ksh postingannya, alhmdulillah sdh sy praktekkan pd anak sy yg usia 1 thn dan mulai turun panasx, smoga tdk naik lagi panasx namun telapak kakinya msh dingin. Smoga keberkahan terlimpah untuk yg memosting titik2 refleksi ini.


EmoticonEmoticon