loading...
loading...
materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun - Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa konsep sebangun dapat digunakan untuk gambar berskala, karena dengan gambar berskala tidak akan mengubah bentuk benda tetapi hanya mengubah ukurannya. Sekarang akan dipelajari segitiga-segitiga sebangun dengan sifat-sifat pentingnya. Lakukanlah kegiatan berikut ini!
kegiatan pembelajaran kelas 9, segitiga sebangun
dalam kegiatan pembelajaran materi matematika kelas 9 tentang dua segitiga sebangun, alangkah baiknya jika diawali dengan contoh kegiatan, seperti berikut ini,
kegiatan pembelajaran 1
Perhatikanlah segitiga ABC dan segitiga A'B'C'.
Periksalah dengan busur derajat besarnya sudut-sudut ∠ A, ∠ A', ∠ B, ∠ B', ∠ C, dan ∠ C'.
Lengkapilah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan keadaan gambar di atas!
a. perbandingan dua sisi letak
b. sudut yang sama
Dari kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa dua segitiga memiliki perbandingan sisi-sisi seletaknya . . . dan sudut-sudut seletaknya . . . . Hal ini berarti bahwa syarat agar dua segitiga sebangun adalah sisi-sisi seletaknya atau yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama atau sudut-sudut yang seletak sama.
Dengan penggaris, ukurlah sisi-sisi kedua segitiga itu secermat mungkin. Dari hasil pengukuran itu tulislah perbandingan panjang sisi:
Lengkapilah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan keadaan gambar di atas!
a. perbandingan dua sisi letak
b. sudut yang sama
Dari kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa dua segitiga memiliki perbandingan sisi-sisi seletaknya . . . dan sudut-sudut seletaknya . . . . Hal ini berarti bahwa syarat agar dua segitiga sebangun adalah sisi-sisi seletaknya atau yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama atau sudut-sudut yang seletak sama.
kegiatan pembelajaran 2
Perhatikanlah segitiga KLM dan segitiga K'L'M'.Dengan penggaris, ukurlah sisi-sisi kedua segitiga itu secermat mungkin. Dari hasil pengukuran itu tulislah perbandingan panjang sisi:
Berapakah besar ∠ M dan ∠ M'?
Dari kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa dua segitiga yang memiliki dua sudut yang seletak atau bersesuaian . . . segitiga tersebut akan sebangun. Hal ini berarti bahwa syarat agar dua segitiga sebangun adalah memiliki dua buah sudut yang sama besar (sd, sd).
kegiatan belajar 3
Perhatikanlah segitiga STU dan segitiga S'T'U'.
Dari kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa dua segitiga sebangun jika memiliki satu sudut . . . , dan kedua sisi yang mengapitnya memiliki perbandingan yang . . . (s, sd, s).
Dua segitiga akan sebangun jika memenuhi salah satu syarat berikut ini.
a. Sisi-sisi yang seletak atau bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama (s, s, s).
b. Dua buah sudutnya sama besar (sd, sd).
c. Kedua segitiga itu memiliki satu sudut sama besar dan kedua sisi yang mengapitnya mempunyai perbandingan yang sama (s, sd, s).
contoh soal matematika kelas 9, segitiga sebangun
untuk lebih memahami materi matematika kelas 9, segitiga sebangun, selain dari pembahasan diatas yaitu dengan contoh soal matematika tentang segitiga sebangun, seperti contoh berikut ini,
contoh soal segitiga sebangun
berikut adalah contoh soal matematika kelas 9 tentang segitiga sebangun lengkap dengan pembahasannya,
contoh 1.
Tentukanlah panjang PQ dari gambar
di bawah ini!
Penyelesaian:
Perhatikanlah ∠ ABC dan ∠ PQC!
∠ C = ∠ C (berimpit)
∠ B = ∠ Q = 90°
Berdasarkan syarat (sd, sd) maka ∠ ABC sebangun dengan ∠ PQC, sehingga:
BC/QC = AB/PQ
= 10/20 = 3/PQ
= PQ X 10 = 20 X 3
PQ = 60/10 = 6
JADI PQ = 6cm
contoh 2
Tentukanlah panjang x dan y dari gambar berikut ini!
Penyelesaian:
Perhatikanlah segitiga ABC dan segitiga A'B'C.
∠ ACB = ∠ A'CB' (sudut bertolak belakang)
∠ BAC = ∠ CB'A' (sudut berseberangan dalam)
∠ ABC = ∠ B'A'C (sudut berseberangan dalam)
Berdasarkan syarat (sd, sd) maka Δ ABC sebangun dengan Δ A'B'C, sehingga:
Jadi, panjang x dan y masing-masing adalah 4,5 cm dan 12 cm.
contoh 3
Segitiga pada gambar di bawah ini PQR, PST, dan PUV sebangun. Panjang PU = 2 cm, PS = 4 cm, dan PQ = 6 cm. Tentukanlah perbandingan ruas garis:
penyelesaian 1
penyelesaian 2
Dua segitiga sebangun jika memenuhi:
a. sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
b. sisi-sisi yang bersesuaian perbandingannya sama.
demikianlah artikel mengenai materi matematika kelas 9 tentang dua segitiga sebangun yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. soal matematika segitiga sebangun dan kongruen, materi matematika kelas 9 kesebangunan bangun datar.
Loading...
EmoticonEmoticon