keputihan,ciri, jenis, penyebab, dan cara mengatasinya - alfa singasari

keputihan,ciri, jenis, penyebab, dan cara mengatasinya

loading...
loading...
keputihan adalah masalah yang sering dialami oleh para wanita, jenisnya pun ada beberapa yang disebabkan oleh beberapa faktor pula, untuk mengatasi keputihan dapat menggunakan tips dan cara yang kami sampaikan dalam artikel ini.

pengertian keputihan

Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi. Ibu hamil juga bisa mengalami keputihan yang berhubungan dengan kehamilan. Saat mengalami keputihan, seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari vaginanya. Lendir yang diproduksi kelenjar dalam vagina dan serviks atau leher rahim ini akan keluar sambil membawa sel-sel mati serta bakteri sehingga vagina tetap bersih.

ciri - ciri keputihan
keputihan,ciri, jenis, penyebab, dan cara mengatasinya

Jumlah, warna, serta kekentalan lendir keputihan tergantung pada siklus menstruasi yang dialami oleh seorang wanita. Contohnya, jumlah lendir akan lebih banyak pada masa subur atau menyusui.
Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga keputih-putihan dan tidak berbau. Lendir tersebut juga biasanya tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina. Jika mengalami keputihan dengan gejala berbeda, Anda sebaiknya waspada. Keputihan yang tidak normal terkadang bisa mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Misalnya, ada perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut. Keputihan yang tidak normal juga sangat jarang dialami oleh remaja putri yang belum melewati masa pubertas dan wanita yang telah menopause. Karena itu, segera periksakan diri ke dokter jika Anda, anak Anda, atau ada anggota keluarga lain yang mengalaminya.

penyebab keputihan

masalah keputihan ini akan timbul dengan beberapa penyebabnya dan anda perlu mengetahuinya, untuk berjaga - jaga sebelum masalah ini anda alami, Berikut adalah penyebab keputihan wanita seperti :
  • Kadar gula darah tinggi
Bagi orang yang memiliki gula darah tinggi, itu di sebabkan oleh berbagai macam penyebab dan yang paling utama adalah karena makanan dan minuman yang di konsumsi. gula darah tinggi sama saja dengan diabetes atau kencing manis. penyakit ini sangat bahaya dan mempunyai jenisnya, ada tipe 1 dan 2. Mengobatinya bisa dengan menggunakan mengkudu, untuk menurunkan kadar gula darah. kadar gula darah tinggi, termasuk pemicu penyebab keputihan wanita. makannya jangan sampai terkena gula darah, bila ujungnya mengalami hal seperti ini.
  • Mengganti pasangan berhubungan intim
Hubungan intim, hanya bisa di lakukan  pada pasangan yang sudah menikah. Tapi ada sebagian masyarakat yang melakukan dengan berganti pasangan. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyebab keputihan wanita terjadi. jadi berjaga dirilah dengan baik, agar tidak mengalami kondisi seperti yang di jelaskan di atas. bukan hanya penyakit ini saja yang di alaminya, jika bergonta ganti pasangan saat hubungan sexs, tapi penyakit kelamin,seperti kutil dan lain sebagainya dapat terjadi.
  • Kurang tidur
Kurang tidur dapat mengakibatkan beberapa masalah, seperti wajah yang kurang sehat, kulit sudah mulai tidak terawat, menimbulkan kantung mata dan lingkaran mata hitam. serta penyebab keputihan wanita bisa terjadi karena hal ini. berbenah lah, untuk mengubah pola tidur dengan baik.
  • Kebersihan vagina kurang di jaga
Penyebab keputihan wanita adalah dengan kurang menjaga kebersihannya pada organ intim. Kita juga tidak boleh sembarangan dalam memakai sabun wanita karena bisa mengurangi ph keasaman. Vagina adalah daerah yang sangat sensitif sekali dan harus ekstra dalam menjaganya. jika ingin membersihkan vagina setelah bab dan bak, di wajibkan dari depan baru ke belakang.
  • Stress
Stress adalah penyakit yang sering di alami oleh semua orang dan dalam mengobatinya bisa dengan meminum ramuan alami dan obat dari dokter. Tapi lebih baik menyembuhkan dengan bahan alami seperti madu. Cara ini sudah banyak yang memakai dan terbukti ampuh serta mujarab. stress ini bisa muncul, karena masalah yang di hadapi tak kunjung kelar dan sulit untuk di pecahkan. Bila tidak kuat dengan stress bisa gila. Penyebab keputihan wanita yang bisa di sebabkan oleh hal ini harus berhati hati. Bukan itu saja yang dapat terjadi, tapi pada jerawat dan tubuh kekurangan asupan dan lainnya bisa terjadi. Untuk menghindari stress, harus selalu berfikir positif.
  • Menggaruk vagina
Secara tidak sadar atau sadar, kita pernah menggaruk vagina gatal akibat dari berbagai macam masalah. Lecet dan penyebab keputihan wanita akan muncul. Vagina gatal bisa karena kurang menjaga organ intim dengan bik. Oleh karena itu, hindari atau jauhkan tindakan seperti ini yang bisa membuat masalah baru malah timbul.
  • Lelah
Kelelahan di sebabkan oleh faktor apapun. di antaranya kegiatan padat dan kurang istirahat. Penyebab keputihan wanita bisa terjadi karena masalah tersebut. menghindari masalah seperti ini, bisa di lakukan dengan mengubah pola hidup dengan baik, yang secara keseluruhannya harus di seimbangi. Dari mulai anak anak hingga remaja bisa mengalami hal ini yang tak ad batasan usia atau umur sekalipun. sehari harinya istirahat di jalani dalam waktu 7 jam dan itu sudah di tetapkan. Apabila lebih atau kurang akan menimbulkan rasa pusing dan badan tidak enak.
  • Hormon
Hormon siapa saja pasti berbeda. Dan hormon ini bisa terjadi bila sudah memasuki usia sekitar 10 tahun keatas. Ada hormon yang tinggi dan rendah. jika sedang berlebihan bisa mendatangkan penyebab keputihan wanita. keputihan adalah suatu penyakit yang di alami pada vagina di mana akan mengeluarkan cairan. Dan sering kali keputihan ini di katakan mempunyai penyakit kanker serviks. Bila di nyatakan seperti itu harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan baik dan benar. karena hal ini bukan termasuk penyakit yang kecil, melainkan masalah yang besar.

jenis - jenis keputihan

berikut ini adalah jenis - jenis keputihan yang menjadi tidak normal yang umumnya terjadi karena infeksi atau pun karena terjadinya penyakit tertentu sehingga perlu diwaspadai oleh para wanita:
  • Keputihan dengan lendir berwarna cokelat atau mengandung darah
Keputihan ini umumnya disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak teratur. Tetapi tetap perlu diwaspadai karena walau jarang, kondisi ini bisa menjadi indikasi dari kanker serviks atau rahim.
  • Keputihan disertai rasa nyeri atau pendarahan
Rasa nyeri pada tulang panggul atau saat buang air kecil serta munculnya pendarahan di luar siklus menstruasi atau setelah berhubungan seks yang menyertai keputihan, dapat mengindikasikan gonore atau chlamydia (klamidia). Jika dibiarkan, kedua penyakit menular seksual ini dapat memicu infeksi serius pada organ reproduksi wanita. Karena itu, segera temui dokter untuk menjalani pengobatan dengan antibiotik.
  • Keputihan dengan lendir berwarna hijau, kuning, atau berbuih
Jenis keputihan ini biasanya disebabkan oleh trikomoniasis, yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Lendir akibat infeksi ini biasanya berjumlah banyak, berbau amis, dan disertai rasa perih saat buang air kecil. Pembengkakan dan gatal-gatal di sekitar vagina serta nyeri saat buang air kecil dan berhubungan intim juga akan dialami oleh penderita trikomoniasis. Infeksi ini juga dapat diatasi dengan antibiotik.
  • Keputihan disertai luka melepuh di sekitar genital
Penyebab jenis keputihan tidak normal ini biasanya adalah herpes genital. Penyakit ini akan menyebabkan munculnya lepuhan yang terasa sakit di sekitar organ intim. Metode pengobatannya dilakukan dengan konsumsi tablet antivirus. Namun, kekambuhan mungkin terjadi karena virusnya tetap berada dalam tubuh pengidap meski gejala-gejalanya sudah hilang.
  • Keputihan dengan lendir kental, berwarna putih, dan disertai rasa gatal
Keputihan ini dipicu oleh infeksi jamur pada vagina. Indikasinya berupa lendir yang kental, tanpa bau, dan berwarna putih seperti susu kental. Gejala-gejala lain yang menyertainya dapat berupa rasa gatal dan perih di sekitar vagina. Infeksi ini tidak menular melalui hubungan seks dan dialami oleh sebagian besar wanita. Pengobatannya dapat dilakukan dengan obat antijamur yang dijual bebas di apotek.
  • Keputihan dengan lendir encer berwarna putih atau abu-abu dan berbau amis
Perubahan keseimbangan pada jumlah bakteri normal di vagina dapat menyebabkan vaginosis bakterialis. Lendir keputihan yang muncul akan berbau amis, encer, dan berwarna putih atau abu-abu, tapi tidak disertai rasa gatal atau iritasi. Ini juga termasuk infeksi yang umum terjadi dan tidak menular melalui hubungan seks. Infeksi ini dapat ditangani dengan antibiotik.

cara mengatasi keputihan

Jenis pengobatan atau cara mengatasi  keputihan sangat bergantung dari penyebabnya. Misalnya, apabila keputihan disebabkan oleh jamur, maka dokter akan meresepkan obat antijamur untuk Anda. Jenis obat pun beragam mulai dari pil yang diminum hingga krim yang dioleskan di bagian dalam kemaluan.
Keputihan dapat dihindari dengan berbagai cara, antara lain membersihkan vagina secara teratur dengan air hangat dan sabun tanpa kandungan bahan kimia. Selain itu, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina. Menggunakan pakaian dalam dari bahan katun yang lembut juga bisa membantu pencegahannya.

mengatasi keputihan dengan cara alami

berikut ada beberapa cara jitu yang alami untuk mengatasi keputihan, yaitu:
  • Olahraga
Semua orang pasti ingin hidup sehat dan jika ingin hidup sehat salah satunya bisa menjalankan olahraga yang giat. Dan cara mencegah penyakit keputihan wanita juga dapat menjalankan kegiatan ini dengan teratur dan rutin. Banyak manfaat dari kita menjalankan olahraga dengan sungguh sungguh. Bisa untuk menyehatkan jantung, mencegah terjadinya nyeri sendi, menguatkan tulang tulang, mengecilkan paha, perut buncit, dan betis, serta dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Olahraga ini tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam menjalankannya dan tidak memakai instruktur untuk memandunya. Jenis olahraga itu, sangat banyak ada yang melakukan jogging dan jalan cepat. pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda, agar lebih mudah dalam menjalankannya.
  • Perbanyak air putih
Obat yang paling mujarab dari semua penyakit adalah air putih. kandungan air putih pun juga banyak. Apalagi jika untuk wanita yang mengalami keputihan, bisa diatasi dengan meminum air putih yang cukup. air putih itu diwajibkan dikonsumsi sebanyak delapan gelas atau setara dengan dua liter. bisa diatasi dengan meminum air putih yang cukup. air putih itu diwajibkan dikonsumsi sebanyak delapan gelas atau setara dengan dua liter. Khasiat air putih juga sangat banyak, yaitu untuk mencegah terjadinya kuman atau bakteri yang masuk, menguatkan tulang tulang dan membuat kulit wajah dan tubuh menjadi halus. Mengenai masalah keputihan. cara mencegah penyakit keputihan wanita dapat dengan meminum air putih yang cukup.
  • Hindari makanan penyebab keputihan
Kalian harus tahu, makanan apa saja yang bisa menyebabkan keputihan datang. Bawang putih dan timun adalah makanan yang memicu terjadinya keputihan. selain itu, mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan, juga bisa menyebabkan bau badan dan  bau ketiak. Banyak wanita yang ingin tahu, bagaimana cara mencegah penyakit keputihan wanita ini. dan caranya adalah jauhkan makanan yang menimbulkan penyakit keputihan.
  • Celana dalam yang harus rajin diganti
Bagi orang yang males menggantikan celana dalam nya untuk sehari hari, bisa menimbulkan keputihan terjadi. Dan juga bisa memicu terjadinya terserang penyakit. Celana yang jarang diganti, otomatis pasti kotor dan terdapat bakteri atau virus yang datang. Yang bisa menjalar pada bagian organ intim lalu pada dinding ovarium, yang bisa membentuk penyakit kista. Hindarilah pemakaian celana dalam yang jarang diganti dimulai dari sekarang. Dan itulah salah satu dari cara mencegah penyakit keputihan wanita yang berlebihan.
  • hindari menggunakan celana dalam yang ketat
Celana yang ketat itu, sangat tidak bagus untuk dipakai. Apalagi bila dikenakan oleh wanita, bisa menyebabkan keputihan. berikut juga dengan cara mencegah penyakit keputihan wanita bisa dengan menghindarkan dari pemakaian celana dalam atau luar yang berjenis ketat.

demikianlah pengertian keputihan, ciri -ciri keputihan, jenis, penyebab dan cara mengatasinya, semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda dan sekaligus berjaga -jaga agar terhindar dari masalah keputihan. silahkan lanjutkan membacanya : memilih makanan yang tepat ibu hamil. cara cepat hamil, tanda - tanda kehamilan.
Loading...


EmoticonEmoticon