materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun - alfa singasari

materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun

loading...
loading...
materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun - Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa konsep sebangun dapat digunakan untuk gambar berskala, karena dengan gambar berskala tidak akan mengubah bentuk benda tetapi hanya mengubah ukurannya. Sekarang akan dipelajari segitiga-segitiga sebangun dengan sifat-sifat pentingnya. Lakukanlah kegiatan berikut ini!

kegiatan pembelajaran kelas 9, segitiga sebangun

dalam kegiatan pembelajaran materi matematika kelas 9 tentang dua segitiga sebangun, alangkah baiknya jika diawali dengan contoh kegiatan, seperti berikut ini,


kegiatan pembelajaran 1 

Perhatikanlah segitiga ABC dan segitiga A'B'C'.
materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun
Periksalah dengan busur derajat besarnya sudut-sudut ∠ A, ∠ A', ∠ B, ∠ B', ∠ C, dan ∠ C'.
Lengkapilah pertanyaan  di bawah ini sesuai dengan keadaan gambar di atas!
a. perbandingan dua sisi letak













b. sudut yang sama












Dari kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa dua segitiga memiliki perbandingan sisi-sisi seletaknya . . . dan sudut-sudut seletaknya . . . . Hal ini berarti bahwa syarat agar dua segitiga sebangun adalah sisi-sisi seletaknya atau yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama atau sudut-sudut yang seletak sama.

kegiatan pembelajaran 2

Perhatikanlah segitiga KLM dan segitiga K'L'M'.
materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun

Dengan penggaris, ukurlah sisi-sisi kedua segitiga itu secermat mungkin. Dari hasil pengukuran itu tulislah perbandingan panjang sisi:










Berapakah besar ∠ M dan ∠ M'?
Dari kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa dua segitiga yang memiliki dua sudut yang seletak atau bersesuaian . . . segitiga tersebut akan sebangun. Hal ini berarti bahwa syarat agar dua segitiga sebangun adalah memiliki dua buah sudut yang sama besar (sd, sd).

kegiatan belajar 3

Perhatikanlah segitiga STU dan segitiga S'T'U'.
materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun

Dengan busur derajat ukurlah besar ∠ T, ∠ T', ∠ U, dan ∠ U'. Dengan penggaris ukurlah panjang sisi TU dan T'U'. Tulislah hasilnya seperti berikut ini!









Dari kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa dua segitiga sebangun jika memiliki satu sudut . . . , dan kedua sisi yang mengapitnya memiliki perbandingan yang . . . (s, sd, s).

Dua segitiga akan sebangun jika memenuhi salah satu syarat berikut ini.
a. Sisi-sisi yang seletak atau bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama (s, s, s).
b. Dua buah sudutnya sama besar (sd, sd).
c. Kedua segitiga itu memiliki satu sudut sama besar dan kedua sisi yang mengapitnya mempunyai perbandingan yang sama (s, sd, s).

contoh soal matematika kelas 9, segitiga sebangun

untuk lebih memahami materi matematika kelas 9, segitiga sebangun, selain dari pembahasan diatas yaitu dengan contoh soal matematika tentang segitiga sebangun, seperti contoh berikut ini,

contoh soal segitiga sebangun

berikut adalah contoh soal matematika kelas 9 tentang segitiga sebangun lengkap dengan pembahasannya,
contoh 1.
Tentukanlah panjang PQ dari gambar
di bawah  ini!
materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun

Penyelesaian:
Perhatikanlah ∠ ABC dan ∠ PQC!
∠ C = ∠ C (berimpit)
∠ B = ∠ Q = 90°
Berdasarkan syarat (sd, sd) maka ∠ ABC sebangun dengan ∠ PQC, sehingga:
BC/QC = AB/PQ
= 10/20 = 3/PQ
= PQ X 10 = 20 X 3
PQ = 60/10 = 6
JADI PQ = 6cm

contoh 2
Tentukanlah panjang x dan y dari gambar berikut ini!
materi matematika kelas 9, dua segitiga sebangun
Penyelesaian:
Perhatikanlah segitiga ABC dan segitiga A'B'C.
∠ ACB = ∠ A'CB' (sudut bertolak belakang)
∠ BAC = ∠ CB'A' (sudut berseberangan dalam)
∠ ABC = ∠ B'A'C (sudut berseberangan dalam)
Berdasarkan syarat (sd, sd) maka Δ ABC sebangun dengan Δ A'B'C, sehingga:
Jadi, panjang x dan y masing-masing adalah 4,5 cm dan 12 cm.

contoh 3
Segitiga pada gambar di bawah ini  PQR, PST, dan PUV sebangun. Panjang PU = 2 cm, PS = 4 cm, dan PQ = 6 cm. Tentukanlah perbandingan ruas garis:
penyelesaian 1

penyelesaian 2

Dua segitiga sebangun jika memenuhi:
a. sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
b. sisi-sisi yang bersesuaian perbandingannya sama.

demikianlah artikel mengenai materi matematika kelas 9 tentang dua segitiga sebangun yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. soal matematika segitiga sebangun dan kongruen, materi matematika kelas 9 kesebangunan bangun datar.
Loading...


EmoticonEmoticon