pantangan ibu hamil yang perlu diketahui - alfa singasari

pantangan ibu hamil yang perlu diketahui

loading...
loading...
pantangan ibu hamil yang perlu diketahui - pantangan adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan,  jadi pantangan untuk ibu hamil yaitu sesuatu hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil, apalagi pada trimester pertama. pada trimester pertama memang masih sangat rawan untuk ibu hamil, sehingga perlu diperhatikan dengan sungguh - sungguh, berikut adalah pantangan untuk ibu hamil yang perlu diketahui,

pantangan makanan dan minuman untuk ibu hamil

pantangan makanan untuk ibu hamil sebenarnya ada yang hanya mitos dan ada yang memang dianjurkan oleh dokter atau bidan, diantara pantangan makanan untuk ibu hamil yaitu:
pantangan ibu hamil yang perlu diketahui
  • Merokok dan Mengonsumsi Minuman Keras
Risiko bayi lahir prematur, keguguran, hambatan pertumbuhan janin, dan gangguan plasenta akan meningkat pada wanita perokok. Meski tidak merokok, sebaiknya hindari diri dari paparan asap rokok, dalam hal ini hindari menjadi perokok pasif. Asap rokok yang terhirup ibu hamil meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan di bawah normal. Selain itu, tiga bulan pertama masa hamil adalah periode rawan bagi seorang ibu hamil terkait dengan minuman yang dikonsumsi. Hindari minuman keras karena dapat meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.
  • Mengonsumsi Makanan dan Minuman Berkafein
Dua cangkir kopi instan atau setara dengan 200mg kafein per hari merupakan batas maksimal yang dapat dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Namun, bila Anda meminum jenis brewed coffee, hanya dapat secangkir dalam sehari. Selain kopi, waspadai juga kandungan kafein di dalam cokelat, minuman berenergi, minuman soda, dan teh. Mengonsumsi kafein lebih dari 200mg dalam sehari dapat meningkatkan risiko keguguran.
  • Makanan Mentah
Makanan mentah yang berasal dari hewan dan sayuran memiliki resiko tinggi memicu gangguan kesehatan. Makanan dari ikan mentah seperti sushi, daging setengah mateng dan adonan kue yang masih mentah mengandung bakteri , virus , dan parasit yang lebih banyak sehingga mengganggu perkembangan janin anda. Apalagi jika diusia kandugan yang masih muda masih rentan terhadap keguguran. Sayuran mentah seperti kecambah mentah memiliki resiko bakteri yang lebih tinggi dibanding dengan sayuran lainnya. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan tersebut dengan memasak matang untuk menghindari resiko kesehatan. (Artikel lainnya: Makanan sehat ibu hamil muda)
  • Ikan dengan Kandungan Merkuri
Umumnya ikan laut memang sangat bagus untuk kesehatan, termasuk kesehatan janin anda. Akan tetapi anda harus selektif karena jenis ikan yang mengandung merkuri tidak baik bagi janin anda. Ikan yang mengandung jenis merkuri tinggi adalah ikan mackerel, ikan todak, tilefish dikhawatirkan kandungan merkuri nya kan menggaggu perkembangan otak dan sistem saraf janin.
  • Makanan Pemicu Alergi
Apabila anda, pasangan atau anak yang lainnya memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu, maka risiko alergi memungkinkan dialami oleh janin yang anda kandung. Menghindari jenis makanan pemicu alergi seperti misalkan kacang atau produk olahannya, baik ketika hamil atau menyusui dapat menurunkan risiko alergi pada anak.
  • Mengkonsumsi Obat Tanpa Adanya Petunjuk Dari Dokter
Selama kehamilan ibu disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan tanpa adanya petunjuk dari dokter. Pasalnya, obat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa masuk ke dalam plasenta dan sirkulasi janin dalam kandungan. Bahkan beberapa jenis obat diketahui dapat  di sekresi melalui air susu ibu (ASI), akibatnya kadar di dalam sirkulasi tubuh bayi akan sama dengan kadar dalam tubuh ibu. Dimana dalam kondisi tertentu dapat menimbulkan bahaya untuk bayi.

itu sebagian dari pantangan makanan untuk ibu hamil, semoga dapat dihindari mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut.

pantangan buah untuk ibu hamil

dalam mengkonsumsi buah - buahan anda juga perlu waspada terhadap buah tertentu, misalnya :
  • Durian
Dalam dunia medis, memang durian tidak dianjurkan untuk dimakan bagi ibu hamil. Durian banyak mengandung alkohol. Jika terlalu banyak alkohol yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil, akibatnya perut menjadi panas. Akibatnya janin akan mengalami keguguran.
  • Nangka
Nangka merupakan buah yang memiliki bau harum dan berwarna menggoda. Namun siapa sangka jika dibalik kelezatan dan keharumannya nanas mengandung alkohol yang tinggi. Sama halnya dengan durian, jika dikonsumsi berlebihan. Jumlah alkohol yang masuk ke dalam perut bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran.
  • Nanas
pantangan makanan ibu hamilRasa asam dari nanas mungkin membuat ibu hamil muda ingin merasakan cita rasa dari buah satu ini. Namun medis mengatakan bahwa makan nanas saat hamil tidak diperbolehkan, apalagi nanas muda. Berikut ini penyebab nanas tidak boleh dikonsumsi :
Nanas mengandung zat bernama bromelain. Zat ini membuat leher rahim menjadi lunak sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama tumbuh semakin besar. Akibatnya ibu hamil akan mengalami keguguran karena leher rahim lunak.
Nanas mengandung alkohol yang menyebabkan rasa panas di perut.
Nanas memiliki rasa gatal, jika ibu hamil mengkonsumsinya membuat perut ibu hamil terasa gatal-gatal.
  • Pepaya Muda
Pepaya boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena melancarkan pencernaan. Yang tidak boleh dikonsumsi adalah pepaya yang mentah dan juga pepaya setengah matang. Ibu hamil tidak boleh makan sayur pepaya. Penyebabnya adalah :
Getah pada pepaya muda membuat ibu hamil akan mengalami kontraksi sehingga bayi akan lahir prematur.
Getah pepaya membuat rasa gatal pada ibu hamil dan juga janin.
Getah pepaya membuat plasenta menjadi lengket seperti sayur nangka.
Buah Yang Dikalengkan
Selain buah yang dikalengkan kondisinya tidak segar, buah tersebut mengandung banyak pengawet buatan.
  • Buah Yang Tidak Dicuci
Kita tahu bahwa dalam perkebunan, banyak petani yang menggunakan pestisida untuk membasi hama. Jika buah tidak dicuci, selain mengandung kuman dan bakteri, pestisida yang menempel pada buah akan ikut termakan. Jika itu terjadi, akan sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

demikian tadi info mengenai buah yang perlu diwaspadai ketika sedang hamil.

pantangan pakainan untuk ibu hamil

pakaian juga kadang berbengaruh pada ibu hamil muda, untuk itu perlu diperhatikan dalam memakai pakaian,
  • Memakai baju ketat
Menggunakan baju hangat akan meningkatkan resiko apalagi di bagian perut yang akan mengganggu perkembangan janin. Bagi anda yang ingin modis banyak baju hamil yang dapat anda pilih yang harus anda ketahui adalah baju tersebut tidak memiliki karet dibagian perut. Hal ini dilakukan untuk kesehatan anda dan janin.
  • Menggunakan Sepatu Hak Tinggi
Sepatu hak tinggi merupakan sepatu yang digemari oleh kalangan wanita karena membuat tubuh terlihat tinggi dan indah semampai. Namun, selama masa kehamilan sepatu hak tinggi penggunaannya tidak disarankan. Pasalnya, penggunaan sepatu hak tinggi selama masa kehamilan akan menyebabkan otot-otot yang terdapat di daerah pinggang mengalami peregangan. Karena seperti itu, ibu hamil dapat mengeluh pegal-pegal dan sakit pada daerah pinggangnya. Keadaan seperti ini disebabkan karena selama masa kehamilan wanita akan mengalami perubahan sumbu tubuh. Tubuh akan lebih condong ke arah depan dan ibu hamil akan berusaha untuk menegakan tubuhnya ke belakang, caranya yaitu dengan meregangkan otot-otot punggung dan pinggang. Sehingga apabila ibu hamil tetap menggunakan sepatu dengan hak tinggi, maka peregangan otot akan semakin  bertambah di daerah punggung dan pinggang yang disebabkan karena beban ibu semakin bertambah, baik dari kandungannya atau sepatu hak tinggi yang ibu gunakan. Sehingga akibatnya keadaan ini akan membuat pinggang dan punggung ibu mengalami pegal dan kesakitan. 
Sepatu hak tinggi yang digunakan selama kehamilan pun dapat mengganggu keseimbangan tubuh ibu, terlebih lagi apabila kehamilan semakin membesar. Bahkan penggunaan sepatu hak tinggi akan meningkatkan risiko ibu terjatuh dan tentunya akan sangat berbahaya untuk ibu dan janin yang dikandung. Jika ibu terjatuh, akibatnya ibu dan kehamilan bisa mengalami trauma. Bahkan akibat lebih buruk yang dapat ibu alami yaitu mengalami keguguran atau cacat janin. Untuk itulah, hindari memakai sepatu hak tinggi selama kehamilan demi kenyamanan dan keselamatan ibu hamil, serta janin yang dikandung.
  • Tidak Mengenakan Pantyliner
Keputihan saat hamil adalah hal yang wajar. Leukorea atau cairan berwarna putih susu, umumnya tertinggal sebagai bercak di dalam celana dalam. Kenakan pantyliner jika memang membuat Anda lebih nyaman. Periksakan diri ke dokter jika cairan berubah warna menjadi hijau atau kuning, berbau, ataupun dalam jumlah terlalu banyak.

demikian pantangan palkaian untu ibu hamil, semoga bisa menabah pengetahuan anda.

pantangan lain ibu hamil

selain hal yang telah saya sebutkan dan jelaskan diatas, ada beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan ketika sedang hamil yaitu:
  • Melewati Jalan Jelek
Selama ini beredar anggapan bahwa ibu yang sedang hamil dilarang mengendarai mobil atau sepeda motor karena akan mempengaruhi kehamilan. Anggapan tersebut tidak benar, karena yang tidak boleh dilakukan ibu hamil bukan mengendarai sepeda motor atau mobil, akan tetapi tidak boleh mengendarainya dengan melewati jalan yang jelek. Pasalnya, akan menyebabkan terjadinya guncangan pada kehamilan itu sendiri. Apabila ibu hamil terlalu sering mengalami guncangan, maka akibatnya akan menimbulkan trauma pada kehamilan. Selain itu, akan mengakibatkan otot punggung, pinggang, paha dan perut ibu hamil mengalami peregangan sehingga efeknya ibu hamil akan mudah sekali mengalami kelelahan.
  • Perawatan Kulit
Lotion dan pembersih kulit yang di dalamnya terkandung asam salisilat sebaiknya dihindari selama masa kehamilan berlangsung. Pasalnya, jika ibu menggunakan dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan cacat janin.
Tabir surya dengan perlindungan kimia yang mengandung avobenzone dan oksibenzon akan mudah diserap oleh kulit. Penggunaan produk perawatan ini dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan sehingga ibu hamil harus menghindari penggunaannya.
Produk pemutih kulit dengan kandungan hydroquinone. Bahan kimia tersebut dapat mempengaruhi enzim yang terdapat dalam tubuh, serta akan menahan bahan alami yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan. Selain itu, produk pemutih yang mengandung bahan sintetis harus dihindari karena dapat membuat ibu mengalami alergi.
Produk perawatan kulit yang mengandung parabens. Berdasarkan penelitian senyawa ini dapat menyebabkan terganggunya sistem reproduksi bayi laki-laki.
  • Melakukan Perawatan Tubuh Sauna
larangan ibu hamil - saunaSauna memang sangat baik dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih santai. Apalagi bagi ibu hamil yang merasakan perubahan kondisi tubuh dan kesehatan selama kehamilan. Aktivitas sauna sebenarnya tidak terlalu dilarang dan boleh dilakukan dalam batas tertentu.
  •  Pikiran Tertekan dan Stres
larangan ibu hamil - tertekan dan stressApakah anda merasa bahwa bayi yang ada dalam kandungan ternyata sangat peka terhadap perasaan Anda? Janin dalam kandungan memiliki ikatan perasaan yang sangat kuat dengan ibu. Ketika ibu hamil merasa tertekan, marah, dan stres maka janin bisa merasakan hal tersebut.
  • Tetap Diet Selama Kehamilan
Banyak wanita hamil yang melakukan diet sepanjang kehamilan. Namun diet bagi wanita hamil memiliki resiko yang sangat besar untuk janin. Janin bisa mengalami kekurangan asupan gizi ibu hamil yang penting selama pertumbuhan. Selain itu diet bisa menyebabkan cacat bayi karena kurangnya zat tertentu selama kehamilan. Wanita hamil juga terkadang melakukan diet karena ingin tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk selama hamil. Meskipun diet tertentu sangat baik untuk ibu hamil, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk diet selama hamil.

nah, demikian artikel mengenai pantangan untuk ibu hamil yang perlu anda  ketahui supaya  lebih berhati - hati dalam menjaga kehamilan anda. silahkan lannjutkan membacanya : cara cepat hamil, makan ibu hamil yang tepat.
Loading...


EmoticonEmoticon