tanda tanda kehamilan satu bulan - alfa singasari

tanda tanda kehamilan satu bulan

loading...
loading...

kebahagiaan yang tak dapat diungkapkan ketika dijumpai tanda - tanda kehamilan satu bulan bagi pasangan suami istri yang telah lama menginginkan buah hati. kehamilan bukan hal yang sulit untuk dikenali dati tanda awal yang ditimbulkan. Untuk itu apa bila anda menjumpai hal seperti berikut ini mungkin anda sedang hamil. dan saya ucapkan selamat ata kehamilan anda.

tanda tanda awal kehamilan setelah berhubungan

setelah berhubungan suami istri, maka satu minggu kedepan kita sudah bisa mengenali tanda awal kehamilan, diantaranya yaitu:
tanda tanda kehamilan satu bulan

  • Telat Haid
Pertanda ini mungkin menjadi salah satu yang paling mudah diketahui. Saat sel telur sudah terbuahi maka tidak akan lagi dikeluarkan oleh tubuh (menstruasi) dan ovarium tidak akan lagi memproduksi sel telur baru selama kehamilan. Maka dari itu ketika Anda sedang hamil, Anda tidak akan mengalami datang bulan atau haid. Meskipun demikian tidak dapat disimpulkan jika terlambat haid berarti pasti hamil karena ada banyak penyebab terlambat haid selain karena kehamilan.
  • Mual dan muntah
Sekitar 50% wanita hamil mengalami mual dan muntah yang sering terjadi kira-kira sebulan setelah haid terakhir. Pada beberapa wanita, mual dapat terjadi hanya di pagi hari, yang lebih dikenal dengan sebutan morning sickness. Namun pada wanita lain, kondisi ini dapat terjadi sepanjang hari. Situasi ini lebih sering terjadi di pagi hari karena naiknya asam lambung di malam hari dan naiknya kadar hormon beta-HCG. Mual dan muntah dapat dicegah dengan menjaga perut agar tidak kosong, terutama saat Anda mengonsumsi vitamin. Konsumsilah makanan sedikit demi sedikit, tapi lebih sering. Mengonsumsi permen mint atau jeruk juga dapat meringankan gejala. Umumnya mual dan muntah akan berlalu setelah 5 bulan kehamilan.
  • Munculnya bercak darah atau flek yang diikuti kram perut

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi. Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini,  akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.
  • Perubahan Payudara
Nah, perubahan yang paling mudah diketahui bagi Anda pasangan suami istri adalah perubahan yang terjadi pada bagian payudara wanita. Wanita akan lebih sensitif ketika dadanya tersentuh, bahkan hanya karena tersentuh branya sendiri, selain itu juga akan timbul rasa nyeri. Rasa tidak nyaman tersebut juga akan dibarengi dengan ukuran yang menjadi lebih membesar. Pertanda lain adalah dada akan menjadi lebih lembut dan juga empuk saat diraba. Tanda-tanda kehamilan 1 minggu yang biasanya dirasakan juga termasuk rasa gatal pada bagian tersebut.
  • Sering Merasa lelah
Kelelahan yang tidak tertahankan dan sering tanpa sebab dapat menjadi tanda-tanda kehamilan pada tahap awal. Gejala ini dapat berlanjut terutama pada 3 bulan awal masa kehamilan. Hindari menangani kelelahan dengan mengonsumsi kafein yang dapat membahayakan janin. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh meningkatnya kadar progesteron dan perubahan pada produksi darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Jika tidak dikelola dengan baik, kelelahan ini dapat merujuk kepada depresi.
  • Pusing dan sakit kepala
Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.
  • Sering Buang Air Kecil
Saat Anda sedang hamil muda, janin di dalam rahim secara otomatis akan membutuhkan ruang yang lebih luas. Nah, peluasan rahim tersebut bisa membuat kandung kemih Anda menjadi tertekan dan akan membuat ibu hamil muda biasanya lebih sering buang air kecil. Akan tetapi masalah ini juga bisa disebabkan oleh hal lain dan tidak bisa mutlak ditentukan sebagai tanda-tanda kehamilan 1 minggu.
  • Sensitif terhadap bau
Mual yang dialami pada awal kehamilan umumnya mungkin disebabkan oleh indera penciuman yang menjadi lebih tajam terhadap bau-bauan tertentu, baik yang beraroma positif seperti minyak wangi atau yang beraroma negatif seperti asap rokok. Makanan dengan aroma tertentu yang biasa dikonsumsi pun tiba-tiba membuat mual, terutama yang beraroma kuat seperti telur dan bawang.
  • Mengidam
Adalah satu hal yang wajar dan lumrah untuk ibu hamil mengalami ngidam. Untuk informasi, bagi anda yang belum mengetahui apa itu mengidam, kondisi ini adalah sebuah fenomena dimana ibu hamil muda menginginkan suatu hal yang terkesan tidak umum, baik itu melakukan sesuatu atau menyantap sesuatu yang bahkan bukan merupakan makanan kesukaannya sekalipun. Pada saat seorang ibu hamil mengalami ngidam mereka akan dengan tiba-tiba menginginkan ini dan menginginkan itu. Ada sebuah mitos mengatakan bahwa keinginan orang ngidam harus segera dipenuhi sebab bila tidak hal ini akan berpengaruh tidak baik untuk si jabang bayi dalam kandungan.
Hanya saja, kondisi ngidam belum bisa dijadikan tanda pasti dari sebuah kehamilan. Sebab pada dasarnya orang yang tidak hamil pun akan dapat mengalami kondisi ini dimana secara tiba-tiba mereka ingin menyantap suatu jenis makanan. Hal ini pada umumya akan tergantung pada mood dan kondisi si orang yang bersangkutan. Jadi demikian, ngidam yang dialami oleh seseorang belum bisa dikatakan sebagai tanda kehamilan yang positif.
  • Hilangnya nafsu makan
Peningkatan kadar hormon beta-hCG (human chorionic gonadotrophin) dan sensitifitas terhadap bau-bauan dapat membuat wanita hamil menjadi tidak berselera menyantap makanan yang sebelumnya biasa dikonsumsi.

nah, itu tadi sebagian dari tanda tanda awal kehamilan satu bulan yang dapat anda rasakan ketika anda sedang hamil. Sebenarnya masih adalagi, tetapi itu saja sudah cukup untuk dapat memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak.

tanda awal kehamilan dengan tes kehamilan

selain dengan cara yang sudah saya sebutkan diatas, ada cara yang sangat praktis dan mudah untuk mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak, yaitu dengan penggunakan alat test kehamilan yang dapat dibeli di apotik. Cara yang digunakan adalah dengan melakukan tes urin, dan keakuratannya pun sudah cukup teruji, memiliki tingkat keakuratan mencapai 99%. Untuk melakukan tes ini Anda disarankan melakukannya di pagi hari. Jika Anda positif hamil, maka tanda yang terlihat adalah dua garis, sedangkan jika negatif garis yang terlihat hanya 1. Jika kiranya test pack mengatakan bahwa Anda positif hamil, pastikan dengan segera memeriksakannya ke dokter kandungan.

mengetahui tanda awal kehamilan dengan tes USG

Terkadang meski sudah melakukan tes urin di rumah sendiri, ada sebagian pasangan suami istri yang masih belum yakin dengan terjadinya kehamilan akibat beberapa alasan tertentu. Nah, untuk lebih memastikan adanya kehamilan dalam rahim seorang perempuan tes lain dapat dilakukan. Yakni dengan menggunakan alat ultrasonografi (USG) yang biasanya terdapat di rumah sakit atau klinik-klinik bersalin atau bisa juga ditemui di praktek dokter. Pemeriksaan ini akan dapat lebih meyakinkan jika memang terjadi kehamilan karena anda akan dapat melihat gambaran embrio melalui layar USG. Dengan demikian kehamilan akan dapat dideteksi dengan lebih akurat.

tanda kehamilan empat bulan

Ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang pasti yang memang mengindikasikan adanya janin dalam rahim anda apa lagi setelah usia kandungan 4 bulan. Dengan mengetahui tanda ini, kehamilan dalam rahim anda dipastikan memang terjadi.
  • Adanya Gerakan Janin
Tanda yang pertama yang mengindikasikan adanya kehamilan dengan pasti adalah gerakan janin. Adapun guna mengetahui tanda ini anda bisa melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan. Bahkan dokter kandungan atau bidan dapat mengetahui gerakan untuk dapat menentukan kehamilan yang sehat. Jadi demikian, pemeriksaan USG bukan hanya digunakan untuk mengetahui jenis kelamin bayi saja namun juga kesehatan kehamilan ibu dengan lebih baik. Dalam pemeriksaan ini janin dalam kandungan anda akan dapat teraba oleh dokter kandungan maupun bidan yang memeriksa anda. Bahkan ketika dilakukan pemeriksaan ini, bidan akan dapat meraba bagian-bagian janin sehingga usia janin dalam rahim sudah dapat diidentifikasi dengan lebih baik.

  • Detak Jantung
Pada saat terjadi kehamilan yang nyata maka dokter atau bidan sudah dapat memprediksi detak jantung jain dengan menggunakan stetoskop leanec, alat dopler dan juga dengan menggunakan alat kardiotokografi sehingga dapat dengan langsung detak jantung si kecil didengar menggunakan beberapa alat ini. Bahkan detak jantung janin yang masih kecil pun akan dapat didengar dengan menggunakan ultrasonografi. Sementara itu, melalui pemeriksaan yang lebih canggih dengan menggunakan rontgen anda akan dapat melihat kerangka janin meski belum terlalu jelas.

sekiranya sekian artikel mengenai tanda - tanda kehamilan satu bulan, semoga bermanfaat untuk anda. dan sering - seringlah memeriksakan kandungan anda ke dokter atau bidan sehingga janin akan tumbuh dengan baik sampai saatnya lahir nanti. terimakasih sudah mampir ke blog saya.
artikel terkait : makanan sehat ibu hamil, cara cepat hamil
Loading...

3 komentar

Nice artikelgan, sangat membantu dalam menambah pengetahuan tentang kahamilan

Makasih, dah jijelaskan tanda tanda awal kehamilan, saya lagi mengalaminya.

OK, SEMOGA BERMANFAAT DAN UNTUK MAKANAN UNTUK IBU HAMIL BISA DILIHAT DIARTIKEL YANG LAINNYA.


EmoticonEmoticon