bunyi pasal 1 ayat 1, 2, 3 uud 1945 dan maknanya - alfa singasari

bunyi pasal 1 ayat 1, 2, 3 uud 1945 dan maknanya

loading...
loading...
bunyi pasal 1 ayat 1, 2, 3 uud 1945 dan maknanya - pasal 1 ini masuk dalam bab I tentang BENTUK DAN KEDAULATAN yang berisi tentang bentuk negara Indenesia dan mengatur tentang kedaulatan negara yang berada ditangan rakyat.

bunyi pasal 1 ayat 1, 2, dan 3 uud 1945

sekarang kita simak terlebih dahulu mengenai isi atau bunyi dari pasal 1 uud 1945, sebelum lebih jauh ke makna yang ada didalamnya,

bunyi pasal 1 ayat 1

"Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik"

bunyi pasal 1 ayat 2
"Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar"


bunyi pasal 1 ayat 3
"Negara Indonesia adalah negara hukum"
bunyi pasal 1 ayat 1, 2, 3 uud 1945 dan maknanya

makna pasal 1 ayat 1, 2, 3 uud 1945

berikut ini adalah makna yang terkandung didalam pasal 1 uud 1945,

makna pasal 1 ayat 1
Negara kesatuan Indonesia  adalah negara berdaulat yang diselenggarakan sebagai satu kesatuan tunggal, di mana pemerintah pusat adalah yang tertinggi dan satuan-satuan subnasionalnya hanya menjalankan kekuasaan-kekuasaan yang dipilih oleh pemerintah pusat untuk didelegasikan. Bentuk pemerintahan kesatuan diterapkan oleh banyak negara di dunia. Di negara kesatuan, satuan subnasional diciptakan dan dihapus oleh pemerintah pusat, dan kekuasaan subnasional itu dapat diperluas atau dipersempit oleh pemerintah pusat. Meskipun kekuasaan politik di negara kesatuan dapat didelegasikan melalui proses devolusi kepada pemerintah daerah berdasarkan perundang-undangan yang dibuat parlemen, pemerintah pusat tetaplah yang paling berkuasa; pemerintah pusat dapat membatalkan peraturan-peraturan daerah atau membatasi kekuasaan mereka.
contoh negara kesatuan didunia : Britania Raya, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Dalam pengertian dasar, sebuah republik adalah sebuah negara di mana tampuk pemerintahan akhirnya bercabang dari rakyat, bukan dari prinsip keturunan bangsawan dan sering dipimpin atau dikepalai oleh seorang presiden. Istilah ini berasal dari bahasa Latin res publica, atau "urusan awam", yanng artinya kerajaan dimilik serta dikawal oleh rakyat. Namun republik berbeda dengan konsep demokrasi. Terdapat kasus dimana negara republik diperintah secara totaliter. Misalnya, Afrika Selatan yang telah menjadi republik sejak 1961, tetapi disebabkan dasar apartheid sekitar 80% penduduk kulit hitamnya dilarang untuk mengikuti pemilu. Tentu saja terdapat juga negara republik yang melakukan perwakilan secara demokrasi.

makna pasal 1 ayat 2
Pada Amandemen III yang disahkan pada tanggal 10 November 2001, bunyi (redaksi) pasal 1 ayat (2) UUD 1945 berubah menjadi “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang dasar”.
Lalu apa makna dari “kedaulatan dilaksanakan menurut undang-undang dasar”? Maknanya, pelaksanaan kedaulatan rakyat tidak lagi diemban /dilakukan oleh sebuah lembaga supremasi yang bernama MPR, melainkan dilaksanakan berdasarkan circle system konsitusi. Dengan kata lain, pelaksanaan kedaulatan rakyat terbagi-bagi dalam berbagai institusi dan atau aturan-aturan konstitusi yang terdapat dan ditentukan di dalam UUD 1945. Dengan demikian, pasca amandemen, kedaulatan rakyat selain dilaksanakan oleh MPR, juga dilaksanakan oleh Presiden, oleh DPR, oleh DPD, oleh Mahkamah Konstitusi, MA, BPK, dstnya. Cakupannya jadi sangat luas oleh karenanya dapat mengalami pembiasan sehingga kedaulatan tidak lagi berada di tangan rakyat melainkan berpindah ke institusi-institusi rezim.

makna pasal 1 ayat 3
Pengertian negara hukum secara sederhana adalah negara yang penyelenggaraan kekuasaan pemerintahannya didasarkan atas hukum. Dalam negara hukum, kekuasaan menjalankan pemerintahan berdasarkan kedaulatan hukum (supremasi hukum) dan bertujuan untuk menjalankan ketertiban hukum (Mustafa Kamal Pasha, dalam Dwi Winarno, 2006).
Dengan demikian dalam negara hukum, kekuasaan negara berdasar atas hukum, bukan kekuasaan belaka serta pemerintahan negara berdasar pada konstitusi yang berpaham konstitusionalisme, tanpa hal tersebut sulit disebut sebagai negara hukum. Supremasi hukum harus mencakup tiga ide dasar hukum, yakni keadilan, kemanfaatan, dan kepastian. Oleh karena itu di negara hukum, hukum harus tidak boleh mengabaikan “rasa keadilan masyarakat”.

sekian bunyi dan makna dari pasal 1 ayat 1, 2, 3 uud 1945, semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. baca juga  pasal 26 UUD 1945
Loading...


EmoticonEmoticon