memilih makanan ibu hamil, sayur, lauk dan buah - alfa singasari

memilih makanan ibu hamil, sayur, lauk dan buah

loading...
loading...
memilih makanan ibu hamil, sayur, lauk dan buah - makanan adalah sumber karbohidrat, pretein, vitamin, lemak dan air yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh, apalagi untuk ibu hamil. cara memilih makanan yang tepat untuk ibu hamil harus sangat diperhatikan, agar pertumbuhan janin sehat dan berkembang dengan baik. berikut adalah cara memilih makanan untuk ibu hamil baik buah, sayur, lauk dan makanan tambahan.

memilih sayuran yang tepat untuk ibu hamil

memilih makanan ibu hamil, sayur, lauk dan buah
sebenarnya tidak ada pantangan makanan untuk ibu hamil asal sesuai dengan petunjuk dokter atau bidan. begitu pula dengan sayuran untuk ibu hamil sebenarnya semuanya bisa dikonsumsi,Sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang penting untuk janin, salah satunya asam folat. Zat ini berperan dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel, sehingga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan dan juga mencegah kecacatan pada janin. tetapi ada sayur yang memiliki manfaat lebih untuk ibu hamil seperti:

  • Bayam 
Sayuran hijau yang satu ini baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.
  • Kacang-kacangan 
Sebagian besar dari kita tahu bahwa kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan akan membantu mengatasi sembelit. Hampir 40 persen wanita hamil akan menjadi sembelit selama kehamilan. Penyebab sembelit tersebut meliputi tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi.
  • Kangkung
kangkung ini sudah sangat akrab sekali dengan lidah kita. Kangkung juga dikenal sebagai sayuran yang bikin ngantuk jika dikonsumsi. Benarkah demikian? Opini ini tidak salah karena pada kangkung mengandung zat yang disebbut zinc dan selenium. Kandungan ini merupakan unsur sedatif yang mana akan membuat syaraf menjadi leih rileks sehingga dapat menyebabkan rasa ngantuk. Jika dikonsumsi secara teratur, kangkung ini dapat mencegah kita dari insomnia.
  • kol dan kembang kol
Kol maupun kembang kol ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena kembang kol maupun kol itu sendiri mengandung asam folat yang sangat baik untuk ibu maupun janin. Namun bunda harus berhati hati, jika mengkonsumsi kol dalam keadaan mentah, pastikan sudah mencucinya sampai bersih agar tidak ada bakteri yang tertinggal.

  • Brokoli
Sama dengan jenis sayur bayam, brokoli ini juga mengandung tinggi vitamin dan mineral. Selain mengandung dua zat tersebut, brokoli juga tinggi akan kandungan vitamin A, C dan vitamin K. Brokoli juga dikenal dengan kandungan asam folatnya yang tinggi.
Jagung biasanya kita konsumsi dengan cara direbus atau dibakar. Tapi ada juga jenis jagung yang dapat kita konsumsi dengan cara disayur. Jagung manis merupakan salah satu jenis jagung yang dapat dijadikan sayur. Rasanya yang manis dan lezat ini tidak kalah dengan kandungan gizinya yang tinggi.
  • jagung
Jagung mempunyai kandungan vitamin B12 yang sangat bagus untuk meningkatkan darah dan menjaga kalium didalam tubuh. Selain manfaatnya yang cukup tinggi tadi, jagung ini juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk ibu hamil.
  • Terong ungu
Terong ungu ini juga merupakan jenis sayuran yang tinggi dengan kandungan asam folatnya. Selain asam folat, terong ungu juga mengandung zat besi, kalori, vitamin B1, B2 dan juga vitamin C.
  • Daun singkong
Daun singkong mempunyai warna hijau tua. Sayuran yang berwarna hijau tua ini mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas.
  • Daun katuk
Daun katuk ini terbukti sangat berkhasiat untuk melancarkan ASI.
  • Wortel
Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk perkembangan mata bayi.

itu tadi beberapa jenis sayuran yang mempunyai manfaat lebih untuk kebutuhan gizi ibu hamil, silahkan tinggal pilih yang sesuai dengan selera anda dan bagaimana cara memasaknya tergantung keinginan anda.

memilih lauk untuk ibu hami yang tepat

sama halnya dengan sayuran, lauk juga perlu diperhatikan oleh ibu hamil. dengan memilih lauk yang sesuai tentunya akan membuat janin menjadi lebih sehat, diantaranya yaitu:
  • Ikan
Makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 dapat membantu pembentukan otak janin meskipun demikian anda harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin. Hindari pula mengkonsumsi ikan yang mentah karena dapat meningkatkan kadar lemakk jenuh di dalam tubuh.
  • Telur 
Telur menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil karena Kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi (janin) di samping meningkatkan otak Anda sendiri. Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap hari. Dan jika Anda vegetarian atau tidak suka telur, sumber-sumber lain yang mengandung choline termasuk daging sapi, susu dan kacang kedelai.
  • Seafood
Seafood atau makanan laut ternyata juga bagus untuk menjadi salah satu jenis makanan untuk ibu hamil trimester pertama. Berbagai jenis makanan laut atau seafood ini cukup banyak mengandung protein dan juga asam lemak omega 3. Nutrisi-nutrisi ini sangat bagus untuk perkembangan otak janin, ingin anak Anda cerdas bukan? Beberapa jenis makanan laut yang bisa Anda konsumsi adalah jenis ikan dan udang.

memilih buah untuk ibu hamil

Pada kehamilan trimester pertama kandungan vitamin C dari jus jeruk dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat mencegah dari anemia. adapun buah yang disarankan adalah :
  • Alpukat 
Ibu hamil trimester dua dianjurkan mengonsumsi alpukat, karena Alpukat adalah sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Diperkaya juga dengan lemak tak jenuh yang sehat, yang merupakan lemak “baik” yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Alpukat telah diketahui dapat membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan. 
  • Pepaya 
Buah tropis yang satu ini penuh dengan vitamin C, asam folat, serat, dan potasium. Pepaya juga merupakan cara alami untuk mengatasi sembelit, yang sering dialami selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Namun, wanita hamil hanya boleh makan pepaya matang, karena pepaya yang masih mentah kebanyakan mengandung pepsin dalam pada getahnya (resin dari pohon pepaya), yang dapat menyebabkan kontraksi.
  • Pisang 
Pisang baik dikonsumsi untuk ibu hamil timester pertama karena dapat mengurangi mual (ngidam) yang biasanya dialami ibu hamil muda tiga bulan pertama. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang tinggi (membantu mengatasi morning sickness), selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium.
  • Apel
Apel merupakan buah pertama yang baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Berbagai kandungan vitamin yang terdapat pada apel, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C, akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin. Bahkan apel disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, terutama apel hijau yang kandungannya terbilang lebih banyak dan alami daripada apel merah yang biasanya banyak dijual di berbagai supermarket. Selain vitamin, manfaat buah apel hijau bagi ibu hamil juga karena apel memiliki kandungan serat tinggi sehingga cocok untuk Ibu hamil sebagai pelancar sistem pencernaan. Ditambah lagi, manfaat buah apel untuk ibu hamil juga karena memiliki kandungan berupa asam malat dan tannin yang bermanfaat untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian tertentu bagi Ibu hamil karena kehamilannya, seperti kaki, siku, dan lainnya, serta mengurangi rasa mual yang biasanya menjadi gejala para Ibu hamil.
  • Anggur
Anggur merupakan buah kedua yang baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Tak hanya menyegarkan, manfaat anggur bagi ibu hamil juga karena memiliki berbagai kandungan yang sangat penting bagi Ibu hamil, baik bagi kesehatan bumil maupun kesehatan janin. Kandungan yang dimiliki oleh buah anggur, diantaranya vitamin A, C, dan B1, beta karoten, fosfor, kalsium, zat besi, DHA, magnesium, asam folat, omega 3, dan serat.
  • Buah Naga
Buah Naga merupakan buah ketiga yang baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Meski mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa buah naga merupakan buah larangan bagi Ibu hamil, namun ternyata dugaan tersebut tidaklah benar. Berbagai kandungan dalam buah naga justru akan sangat bermanfaat bagi Ibu hamil apabila dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, diantaranya zat besi, karoten, karbohidrat, folat, serat, dan lainnya.
  • Cherry
Cherry merupakan buah untuk Ibu hamil yang keempat. Berbagai kandungan yang dimilikinya sangat bermanfaat bagi sang Ibu dan janinnya, seperti zat besi, kalium, tembaga, mangan, dan lainnya. Manfaat yang bisa diperoleh bagi Ibu hamil yang mengkonsumsi cherry, diantaranya membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan membuat kulit bayi sehat dan putih. Jadi, bagi Anda yang menginginkan bayi berkulit putih, cobalah untuk mengkonsumsi buah cherry. Selain itu, buah cherry juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah serta berperan sebagai garnis bagi makanan yang hendak dikonsumsi oleh Ibu hamil sehingga akan mampu merubah mood sang Ibu menjadi senang ketika sedang makan. Dengan kata lain, buah cherry akan membantu meningkatkan nafsu makan sang Ibu sehingga apabila Ibu mempunyai nafsu makan yang baik, maka nutrisi yang diperlukan olehnya dan juga bayi yang ada dikandungannya akan dapat terpenuhi dengan baik.
  • Strawberry
Strawberry merupakan buah keenam yang baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Banyak orang sudah mengetahui manfaat strawberry bagi ibu hamil karena kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti asam folat, kalium, asam ellagic, vitamin B, dan C, akan membantu menjaga kesehatan Ibu dan bayi secara umum. Yang mana, khususnya dengan kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki oleh strawberry dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

itu tadi contoh pilihan buah yang mempunyai manfaat lebih bagi kehamilan jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

memilih makanan tambahan untuk ibu hamil

makanan tambahan juga dibutuhkan untuk melengkapi apa yang tidak ada pada sayuran, atau jika anda tidak suka dengan sayur, buah atau lauk tertentu. maka memilih makanan tambahan untuk melengkapi kekurangannya adalah solusi yang tepat.
  • Susu dan produk turunannya
Susu dan produk olahan susu, seperti yogurt, kaya akan kalsium yang membantu pembentukan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.
  • Suplemen
Meski sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan, mungkin saja Anda masih  melewatkan nutrisi tertentu. Suplemen vitamin barangkali dibutuhkan untuk mencukupinya. Salah satu suplemen yang biasa diberikan ada TTD (Tablet tambah darah) yang memiliki kandungan setara 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat. Namun, Anda perlu mengkonsultasikannya terlebih dulu kepada dokter.
  • Sereal
Jenis makanan untuk ibu hamil pada trimester awal selanjutnya adalah sereal, yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari selama kehamilan terutama saat hamil muda. Sereal yang bagus adalah jenis whole grain, bisa juga diganti dengan roti gandum dari jenis whole grain juga. Sereal bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi, sehingga selama kehamilan Anda bisa mengurangi konsumsi nasi. Perlu diperhatikan, jika Anda alergi gluten (penyakit Celiac) maka sebaiknya hindari olahan gandum.
  • Air Kelapa
Air kelapa dipercaya mengandung berbagai zat yang cukup bermanfaat bagi ibu hamil. Akan tetapi, sejauh ini memang belum ada penelitian ilmiah secara pasti yang membuktikan bahwa air kelapa sangat berkhasiat untuk ibu hamil. Air kelapa muda untuk ibu hamil trimester pertama ini dipercaya bermanfaat sebagai elektrolit alami yang mengandung banyak mineral yang berfungsi untuk memulihkan stamina ibu hamil. Apalagi saat hamil, seorang wanita biasanya akan membutuhkan asupan air lebih banyak ketimbang wanita yang tidak sedang hamil.
baca juga artikel lainnya : cara cepat hamil, tanda tanda kehamilan

demikianlah cara memilih makanan yang tepat untuk ibu hamil, dari sayur lauk dan buah serta makanan tambahannya, semoga bermanfaat.
Loading...

2 komentar

Makasih infonya, sangat membantu

MAKASIH KEMBALI, SEMOGA ARTIKELNYA BERMANFAAT UNTUK SEMUANYA. KHUSUSNYA BAGI YANG SEDANG HAMIL DAN UNTUK PENGETAHUAN PARA CALON BAPAK.


EmoticonEmoticon