loading...
loading...
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam sub tema perubahan iklim dan cuaca, mempunyai jumlah pertemuan sampai 6 kali pembelajaran pada kali ini saya berkesempatan berbagi dengan teman - teman semua mengenai sub tema ke 2 yaitu perubahan iklim dan cuaca, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, Amin.
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam sub tema perubahan iklim dan cuaca pertemuan ke 1
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Perubahan Alam
Sub Tema 2 : Perubahan Iklim dan Cuaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.9 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks berjudul Cuaca dan Kegiatan Manusia.
3.1.10 Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks Cuaca dan Kegiatan Manusia.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.14.1 Mengidentifikasi data yang terdapat dalam tabel sederhana.
4.11.1 Melengkapi tabel sederhana berdasarkan data yang sudah diperoleh.
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikandiri dalam berkarya seni.
3.2 Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.7 Menyanyikan lagu ana-kanak bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.3 Menirukan pola irama rata dari sebuah lagu bertanda birama enam.
4.7.1 Memperagakan tepuk birama enam.
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam dengan mandiri.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks berjudul Cuaca dan Kegiatan Manusia siswa mampu mengidentifikasi informasi dalam teks.
¡ Dengan membaca teks berjudul Cuaca dan Kegiatan Manusia siswa mampu menjawab pertanyaan.
¡ Dengan membaca teks berjudul Cuaca dan Kegiatan Manusia siswa mampu menceritakan kembali isi teks.
¡ Dengan mendengarkan penjelasan guru siswa mampu menirukan pola irama rata dari sebuah lagu bertanda birama enam.
¡ Dengan mendengar penjelasan guru siswa mampu memperagakan tepuk birama enam.
¡ Dengan berlatih siswa mampu menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam.
¡ Dengan mengamati tabel yang ditampilkan siswa mampu menemukan informasi yang terdapat di dalamnya.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengidentifikasi ciri cuaca cerah, mendung, berawan dan hujan
¡ Lagu ‘Berdayung’ yang mengisahkan aktifitas ketika cuaca cerah
¡ Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam tabel
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Iklim dan Cuaca”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Guru membacakan prakiraan cuaca beberapa daerah di Indonesia dan menanyakan beberapa jenis cuaca yang terdapat dalam prakiraan tersebut. (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa membaca teks dalam buku siswa mengenai faktor-faktor yang menentukan kondisi cuaca. (Mengamati)
¡ Siswa berdiskusi mengerjakan soal dalam buku teks mengenai simbol kondisi cuaca.(Mengekplorasi)
¡ Siswa mengemukakan jawaban yang telah dituliskan.
¡ Guru menjelaskan arti berbagai simbol cuaca dan menunjukkan gambar simbol cuaca.(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa menyebutkan kegiatan yang biasa dilakukannya dalam setiap kondisi cuaca.(Mengekplorasi)
¡ Siswa membaca teks mengenai cuaca dan kegiatan manusia. (Mengamati)
¡ Siswa melengkapi tabel dalam buku teks mengenai cuaca dan kegiatan manusia sesuai dengan teks informatif yang dibaca sebelumnya.(Mengekplorasi)
¡ Salah satu siswa dapat menyebutkan jawabannya, siswa lain dapat menanggapi jawaban yang disampaikan.(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai hakikat cuaca dan kegiatan yang dapat dilakukan dalam setiap kondisi cuaca.(Menanya)
¡ Siswa mengemukakan berbagai kegiatan di sekitar lingkungannya yang dapat dilakukan sesuai cuaca. (Mengekplorasi)
¡ Guru memberi apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik.(Mengasosiasi)
¡ Siswa mengingat kembali tepuk birama enam dan memperagakannya. (Mengkomunikasikan)
¡ Guru memperkenalkan salah satu lagu berbirama enam, berjudul “Berdayung” dan mencontohkan cara menyanyikannya.
¡ Siswa berlatih menyanyikan lagu Berdayung secara bersama-sama. (Mengekplorasi)
¡ Siswa dibagi dalam 4 kelompok. Setiap kelompok berlatih menyanyikan lagu berdayung diiringi tepuk birama enam menggunakan tepukan tangan dan pukulan meja. (Mengekplorasi)
¡ Setiap kelompok mempresentasikan lagu berdayung diiringi tepuk birama enam dari benda-benda di sekitar mereka.
¡ Guru memberikan apresiasi kepada kelompok yang memiliki penampilan terbaik.
¡ Guru menjelaskan salah satu pekerjaan yang bergantung pada kondisi cuaca adalah bertani.(Mengkomunikasikan)
¡ Guru memperlihatkan contoh grafik batang sederhana dari surat kabar atau majalah yang menunjukan data hasil pertanian dan mengajukan pertanyaan pembuka pada siswa. Guru dapat membuat grafik batang yang menggambarkan hasil pertanian sebelum pembelajaran, apabila tidak mendapatkan contoh grafik batang yang dimaksud.
¡ Siswa mengamati contoh grafik yang disajikan dan menjawab pertanyaan pembuka guru, seperti:
– menjelaskan tentang apakah grafik batang tersebut?
– apa arti data yang ditunjuk oleh guru?
Pengetahuan untuk Guru:
Tabel merupakan daftar yang berisi sejumlah informasi dan disajikan dalam bentuk baris dan kolom. Umumnya tabel berisi kata dan bilangan.(Mengamati) dan (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa membaca grafik batang yang terdapat dalam buku teks dan mengisi tabel yang tersedia.
¡ Siswa dan guru membahas jawaban yang tepat bersama-sama. (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa mengisi data hasil panen setiap hari berdasarkan grafik batang pada tempat yang tersedia. (Mengekplorasi)
¡ Siswa mengerjakan soal mengenai grafik lingkaran dan menuliskan data yang tertera dalam bentuk tabel pada tempat yang telah disediakan.
¡ Guru berkeliling untuk memastikan konsep yang dikuasai siswa dan mengklarifikasi konsep yang belum tepat.
¡ Siswa dan guru membahas bersama-sama jawaban dari latihan soal yang dikerjakan siswa.
¡ Siswa dan guru membuat kesimpulan bersamasama mengenai tabel sederhana.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar simbol cuaca, contoh grafik batang pada surat kabar dan teks lagu “Berdayung”.
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
| |||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
| |||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
Sultan Haykal
| ||||||||||||
2
|
Aisy Anindya
| ||||||||||||
3
|
……………..
| ||||||||||||
4
|
……………..
| ||||||||||||
5
|
……………..
| ||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan mengenai cuaca dan kegiatan manusia
Bobot setiap jawaban tepat : 10
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 10
Nilai maksimal : 10 x 10 = 100
3. Keterampilan
a. Unjuk kerja (keterampilan) pada kegiatan menyanyikan lagu Berdayung dan mempraktikkan tepuk birama enam
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Ketepatan gerakan memukul meja dan bertepuk tangan
|
Konsisten dalam pergantian
|
Cukup konsisten, lebih banyak gerakan yang benar
|
Cukup konsisten, lebih banyak kegiatan tertukar
|
Tidak konsisten dalam pergantian
|
Kestabilan tempo birama enam
|
Tempo konsisten dan stabil (tempo tetap/tidak berubah sepanjang lagu)
|
Tempo stabil (tempo tetap/ tidak berubah sepanjang lagu)
|
Tempo kurang stabil (tempo agak berubah di sepanjang bagian lagu)
|
Tempo tidak stabil (tempo berubah-ubah sepanjang lagu)
|
Menyanyikan lagu Berdayung
|
Seluruh lirik dan irama dinyanyikan dengan tepat
|
Lebih dari 50% lirik dan irama dinyanyikan dengan tepat
|
Kurang dari 50% lirik dan irama dinyanyikan dengan tepat
|
Tidak ada lirik dan irama yang dinyanyikan dengan tepat
|
b. Pengetahuan pada kegiatan menjawab pertanyaan mengenai data dalam tabel
• Latihan 1 dan 2
Score = Jumlah jawaban benar x 20
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam sub tema perubahan iklim dan cuaca pertemuan ke 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Perubahan Alam
Sub Tema 2 : Perubahan Iklim dan Cuaca
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca dengan tepat.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Memberikan contoh mengenai perilaku yang tepat ketika menghadapi bencana alam.
4.1.1 Membuat tabel tentang sikap yang dilakukan ketika menghadapi bencana.
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
3.8 Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.1 Menjelaskan konsep kebutuhan istirahat untuk menjaga kesehatan.
4.8.1 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, untuk menjaga kesehatan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan mendengarkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan konsep kebutuhan istirahat untuk menjaga kesehatan.
¡ Dengan mempraktikkan kegiatan beristirahat setelah berolahraga siswa mampu merasakan manfaat beristirahat bagi tubuh.
¡ Dengan mendengarkan penjelasan guru siswa mampu memberikan contoh mengenai perilaku yang tepat ketika menghadapi bencana alam.
¡ Dengan mengamati berbagai peristiwa bencana alam di sekitarnya siswa mampu membuat tabel tentang sikap yang dilakukan ketika menghadapi bencana.
¡ Dengan membaca teks yang diberikan siswa mampu mengidentifikasi informasi mengenai iklim di negara Tiongkok.
¡ Dengan membaca teks yang diberikan siswa mampu menceritakan kembali informasi mengenai iklim di negara Tiongkok secara tertulis.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Memilih cara bijak mengisi waktu luang setelah beraktifitas
¡ Sikap yang baik dalam menghadapi bencana alam
¡ Wacana tentang karakteristik negara Tiongkok
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Iklim dan Cuaca”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa mengukur detak jantung dengan arahan guru dan mencatat hasilnya. Dalam kegiatan ini guru menghitung waktu dengan jam tangan. Guru dapat memberi aba-aba untuk memulai dan menghentikannya setelah satu menit. (Mengamati) dan(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa memerhatikan penjelasan guru mengenai jumlah detak jantung normal sebelum seseorang beraktivitas.(Mengamati)
¡ Siswa memperhatikan contoh gerakan cerah, berawan, mendung dan hujan yang diperagakan guru.
¡ Siswa berlatih gerakan sesuai instruksi guru.(Mengekplorasi)
¡ 4-5 orang siswa maju untuk beradu cepat mendengar instruksi guru dan melakukan gerakan yang telah dilatih
¡ Guru menyebutkan instruksi.
Misal: Cerah (siswa memperagakan gerakan cerah) – mendung (siswa menunjukkan gerakan mendung)-hujan (siswa menunjukkan gerakan hujan).(Mengkomunikasikan)
¡ Setelah selesai melakukan gerakan olahraga, siswa mengukur kembali detak jantung.
¡ Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa detak jantung akan meningkat setelah berktivitas. (Mengekplorasi)
¡ Guru menjelaskan konsep istirahat.(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa mengerjakan soal di buku siswa mengenai aktifitas yang tepat untuk istirahat.
¡ Siswa dan guru mendiskusikan cara yang baik dalam mengisi waktu beristirahat.(Mengasosiasi) dan (Mengkomunikasikan)
¡ Guru menumbuhkan ketertarikan siswa dengan menanyakan lambang sila yang tertera pada buku dan menanyakan bunyi silanya. (Mengkomunikasikan)
¡ Guru menunjukkan gambar pemandangan alam yang indah dan alam yang rusak, serta mengaitkannya pada kebesaran Tuhan.
¡ Siswa mengidentifikasi apa yang akan terjadi apabila cuaca berjalan tidak seimbang, seperti panas sepanjang tahun atau sebaliknya hujan sepanjang Tahun.(Mengekplorasi)
¡ Guru menjelaskan bahwa Tuhan menciptakan cuaca dengan jumlah hujan dan sinar matahari yang sesuai kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya. Perubahan cuaca dan iklim dapat merugikan manusia dan menimbulkan bencana apabila lingkungan sekitar manusia telah mulai tercemar. Manusia harus dapat mensyukuri ciptaan Tuhan dan ikhlas menerima apa yang ditentukan Tuhan terkait cuaca dan iklim. (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa menyebutkan cara yang benar dalam menyikapi bencana alam sebagai akibat lingkungan yang rusak dan perubahan iklim dan cuaca. (Mengekplorasi)
¡ Siswa mengerjakan latihan yang terdapat dalam buku siswa.
¡ Siswa dan guru menyimpulkan bahwa manusia harus memiliki sikap ikhlas dalam rangka menghadapi ketentuan Tuhan seperti bencana alam.
¡ Guru menumbuhkan ketertarikan siswa dengan menanyakan hal-hal yang mereka ketahui mengenai negara Tiongkok.(Mengkomunikasikan)
¡ Dua orang siswa membaca teks percakapan antara Lani dan pamannya. (Mengasosiasi)
¡ Siswa mengidentifikasi isi teks informatif yang disajikan. (Mengekplorasi)
¡ Siswa menceritakan kembali informasi yang terdapat dalam bacaan tersebut secara tertulis.
¡ Guru berkeliling mengarahkan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam penulisan.
¡ Beberapa perwakilan siswa diminta menceritakan informasi yang dituliskannya di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar atau liputan lingkungan alam yang terjaga, liputan atau gambar mengenai banjir atau kekeringan, stopwatch atau jam tangan
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
| |||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
| |||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
Sultan Haykal
| ||||||||||||
2
|
Aisy Anindya
| ||||||||||||
3
|
……………..
| ||||||||||||
4
|
……………..
| ||||||||||||
5
|
……………..
| ||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
Mengidentifikasi sikap yang tepat dalam mengisi waktu beristirahat setelah beraktifitas.
Bobot setiap jawaban tepat : 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal : 5 x 20 = 100
3. Keterampilan
a. Mengidentifikasi sikap yang sesuai dengan pengamalan sila pertama dalam menghadapi bencana alam.
b. Keterampilan menceritakan kembali secara tulisan/ lisan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Informasi dalam cerita
|
Informasi disampaikan secara lengkap
|
Menyampaikan lebih dari 50% informasi
|
Menyampaikan kurang dari 50% informasi.
|
Tidak menyampaikan informasi secara tepat.
|
Kesesuaian bahasa
|
Sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia
|
Sedikit menggunakan bahasa sehari-hari
|
Lebih banyak menggunakan bahasa sehari-hari
|
Menggunakan bahasa sehari-hari seluruhnya
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam sub tema perubahan iklim dan cuaca pertemuan ke 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Perubahan Alam
Sub Tema 2 : Perubahan Iklim dan Cuaca
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca dengan tepat.
4.1.12 Menguraikan gagasan pokok dari teks laporan informatif secara lisan atau tulis dengan tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.14.1 Mengidentifikasi informasi dalam tabel tiga kolom.
4.11.1 Membuat tabel sederhana berdasarkan data yang disediakan.
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikandiri dalam berkarya seni.
3.3 Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan
4.9 Mengembangkan gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.2 Mengidentifikasi gerak lemah dalam sebuah tari tradisional.
4.9.1 Memperagakan gerak tarian berdasarkan pengamatan alam sekitar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks informatif mengenai iklim siswa mampu mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks tersebut.
¡ Dengan membaca teks informatif yang mengenai iklim siswa mampu menguraikan gagasan pokok dari teks laporan.
¡ Dengan mendengarkan guru, siswa mampu membedakan gerak kuat dan lemah dalam sebuah tari.
¡ Dengan mempraktikkan tari Dayung Sampan siswa mampu memperagakan gerak tarian berdasarkan pengamatan alam sekitar.
¡ Dengan mengerjakan latihan soal siswa mampu mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam sebuah tabel dua kolom.
¡ Dengan mengerjakan latihan soal siswa mampu membuat tabel sederhana dari data yang tersedia.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Jenis-jenis iklim di dunia
¡ Tari Dayung Sampan
¡ Membuat table berdasarkan data yang tersedia
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Iklim dan Cuaca”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa mengidentifikasi perbedaan dua lingkungan alam dalam gambar yang terdapat di buku paket. (Mengekplorasi)
Dalam kegiatan ini guru dapat menayangkan video atau foto lingkungan hutan tropis dan hutan bersalju (iklim dingin).
¡ Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang memancing pengetahuan awal siswa seperti:(Menanya)
a. Apa perbedaan kedua gambar tersebut?
b. Dari kedua gambar tersebut, manakah yang ada di Indonesia?
c. Mengapa di wilayah Indonesia tidak pernah turun salju?
¡ Siswa menjawab pertanyaan awal yang diajukan guru. (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa membaca teks informatif yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)
¡ Guru bahwa seluruh negara di dunia dibagi ke dalam empat wilayah iklim. Guru menunjukan pada bola dunia, daerah yang termasuk dalam iklim tropis, iklim sub tropis, iklim sedang dan iklim dingin.(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan dalam buku.
¡ Siswa dan guru mendiskusikan jawaban yang tepat dari latihan soal di buku teks.(Mengekplorasi) dan (Mengkomunikasikan)
¡ Setelah mengetahui mengenai iklim, siswa berdiskusi untuk mengetahui perbedaan iklim dan cuaca. (Mengekplorasi)
¡ Guru mengkonfirmasi pengetahuan siswa dengan mengajukan tanya jawab singkat.(Mengasosiasi)
¡ Guru dan siswa membuat kesimpulan mengenai iklim dan cuaca. Serta menyimpulkan iklim yang disajikan dalam gambar.
¡ Guru mengulang kembali pelajaran sebelumnya mengenai cara membaca data dalam bentuk tabel.
¡ Guru menampilkan jenis tabel lain yang merupakan pengembangan tabel sederhana dan mengajak siswa berlatih membaca tabel yang ditampilkan. (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa mengerjakan soal mengenai cara membaca tabel tiga kolom. (Mengekplorasi)
¡ Siswa mendiskusikan jawaban yang benar mengenai cara membaca tabel tiga kolom secara bersamasama dibawah bimbingan guru.
¡ Siswa berlatih membuat tabel sederhana berdasarkan data yang disediakan.
¡ Siswa mendiskusikan jawaban yang benar mengenai cara membuat tabel secara bersama-sama dibawah bimbingan guru.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan cara membaca tabel tiga kolom.(Mengasosiasi)
¡ Siswa menyanyikan kembali lagu Berdayung bersama-sama (Mengekplorasi)
¡ Guru menjelaskan dalam seni tari terdapat tari Dayung Sampan yang menggambarkan kegiatan para nelayan dalam mendayung perahunya untuk mencari ikan. Gerakan dalam tarian Dayung Sampan merupakan jenis gerakan lemah. (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa mempelajari berbagai gerakan tari Dayung Sampan di bawah bimbingan guru.(Mengekplorasi)
¡ Siswa putra dapat mengiringi gerakan tari Dayung Sampan dengan tepuk birama enam yang telah dipelajari sebelumnya.
¡ Siswa menampilkan hasil latihannya di depan kelas secara berkelompok. (Mengekplorasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar atau liputan hutan pinus bersalju dan hutan tropis Indonesia.
¡ Globe (bola dunia).
¡ Contoh tabel dua kolom dan tabel lain yang merupakan pengembangan tabel sederhana. Contoh tabel ini dapat diambil dari koran, majalah atau dibuat oleh guru sebelum pembelajaran dimulai.
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
| |||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
| |||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
Sultan Haykal
| ||||||||||||
2
|
Aisy Anindya
| ||||||||||||
3
|
……………..
| ||||||||||||
4
|
……………..
| ||||||||||||
5
|
……………..
| ||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
• Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks informatif yang disajikan
• Skor maksimal 100
• Satu soal bernilai 25 poin
3. Keterampilan
Penilaian Keterampilan membawakan Tari Dayung Sampan dalam iringan Lagu Berdayung
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Tempo lagu
|
Seluruh lagu dinyanyikan
dengan tempo yang tepat dan stabil
|
Seluruh lagu
dinyanyikan
dengan tempo yang stabil
|
Sebagian besar lagu dinyanyikan
dengan tempo yang stabil
|
Lagu dinyanyikan dengan tempo yang kurang stabil
|
Artikulasi, ekspresi dan suara
|
Suara lantang, Ekspresif dalam menyanyikan lagu, artikulasi jelas,
|
Satu dari tiga kriteria baik sekali tidak ada
|
Dua dari tiga kriteria sangat baik tidak ada
|
Seluruh kriteria tidak terlihat
|
Urutan gerakan tari
|
Seluruh urutan gerakan benar
|
Sebagian besar urutan gerakan benar
|
Sebagian kecil urutan gerakan benar
|
Sebagian besar urutan gerakan tari kurang benar
|
Teknik tarian
|
Gerakan
dibawakan
dengan jelas,
semangat dan percaya diri
|
Satu dari tiga
kriteria baik sekali tidak ada
|
Dua dari tiga
kriteria sangat baik tidak ada
|
Seluruh kriteria tidak terlihat
|
Pada kegiatan Penutup
• Siswa diminta melakukan observasi sederhana bersama orang tua mengenai jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggal mereka dan menyimpulkan jenis iklim yang dimiliki negara Indonesia
• Siswa diminta membawa bola plastik untuk hari berikutnya. Proses pembelajaran akan lebih maksimal dengan ukuran bola plastik yang sama. Bila memungkinkan, sekolah dapat menyediakannya.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam sub tema perubahan iklim dan cuaca pertemuan ke 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Perubahan Alam
Sub Tema 2 : Perubahan Iklim dan Cuaca
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.13 Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.4 Menunjukkan contoh-contoh memelihara lingkungan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
4.1.4 Menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama sesuai konteks.
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
4.1.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan mendengar penjelasan guru siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor.
¡ Dengan memperhatikan contoh yang diperagakan guru, siswa dapat mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
¡ Dengan mengamati berbagai kondisi lingkungan sekitar, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh memelihara lingkungan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
¡ Dengan mengamati berbagai kondisi lingkungan sekitar, siswa dapat mempraktikkan contoh-contoh memelihara lingkungan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
¡ Dengan membaca teks laporan informatif yang ditampilkan siswa dapat mengidentifikasi laporan informatif secara lisan.
¡ Dengan membaca teks laporan informatif yang ditampilkan siswa mampu menyusun teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secar tertulis.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Gerakan non lokomotif oper bola
¡ Melakukan program menjaga lingkungan sekolah
¡ Membuat laporan kondisi lingkungan sekolah
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Iklim dan Cuaca”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa mempersiapkan bola plastik yang telah dijadwalkan pada pertemuan sebelumnya.(Mengekplorasi)
¡ Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang.
¡ Kelompok siswa menuliskan dalam sepotong kertas masing-masing jenis iklim dan ditempelkan pada setiap bola plastik.
¡ Siswa melakukan kegiatan satu, mendengarkan instruksi guru (Mengamati)
¡ Guru menyebutkan salah satu ciri iklim, siswa pertama harus memilih bola yang menuliskan iklim yang dimaksud dengan benar dan mengopernya kepada teman sekelompok seperti yang telah dijelaskan pada gambar.(Mengkomunikasikan)
Misal:
• Aku adalah jenis iklim yang memiliki 4 jenis musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Iklim apakah aku?
Guru dapat membuat variasi pertanyaan lainnya
¡ Siswa pertama bertukar tempat dengan teman selanjutnya dan melakukan langkah permainan yang sama. (Mengekplorasi)
¡ Siswa beradu cepat memindahkan seluruh bola.
¡ Setelah seluruh kelompok selesai melaksanakan kegiatan pertama, siswa merenggangkan barisan kelompoknya dan beralih ke kegiatan 2.
¡ Guru menjelaskan gerakan yang harus dilakukan pada kegiatan 2 dan melaksanakan kegiatan seperti pada kegiatan 1.(Mengkomunikasikan)
• Tips: untuk memperluas pengetahuan siswa mengenai iklim, guru dapat menyebutkan informasi yang berbeda mengenai ciri-ciri kondisi iklim.
¡ Setelah melaksanakan kegiatan, guru mengumpulkan siswa dan menanyakan perbedaan kegiatan 1 dan kegiatan 2.(Mengasosiasi)
¡ Siswa dan guru membahas mengenai perbedaan gerak lokomotor dan non lokomotor. (Mengasosiasi) dan(Mengkomunikasikan)
¡ Guru menjelaskan mengenai teks laporan informatif, yaitu teks yang memberikan informasi kepada para pembacanya.(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa membaca contoh laporan informatif yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)
¡ Guru menjelaskan cara membuat laporan informatif sederhana: (Mengkomunikasikan)
– menyajikan informasi berupa hasil pengamatan atau hasil bacaan literatur terentu.
– menggunakan huruf kapital di awal setiap kalimat.
– menggunakan tanda titik setiap kali selesai menuliskan sebuah kalimat.
¡ Siswa mulai membuat laporan informatif mengenai lingkungan sekolahnya.(Mengekplorasi)
¡ Guru mengingatkan kembali mengenai anugerah Tuhan berupa lingkungan alam yang baik. (Mengkomunikasikan)
¡ Guru menjelaskan salah satu kegiatan yang menunjukkan rasa syukur dapat dilakukan dengan menjaga lingkungan.
¡ Siswa membuat daftar aktivitas yang dapat dilakukannya untuk menjaga lingkungan sekolah selama lima hari. (Mengekplorasi)
¡ Siswa melaksanakan rencana yang telah dibuatnya dan memberikan tanda centang (ü) untuk rencana yang telah terlaksana.
¡ Pada kegiatan penutup: (Mengekplorasi)
– Siswa diminta untuk membawa buku berpetak untuk pelajaran matematika
– Siswa dibagi dalam 5-6 kelompok dan setiap kelompok membawa 1 buah plastisin besar, es batu, air panas mendidih, mangkok plastik, dan piring plastik
– Siswa diminta melakukan projek berupa kegiatan yang menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan bersama orang tua
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Bola Plastik, kertas, spidol, selotip.
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
| |||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
| |||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
Sultan Haykal
| ||||||||||||
2
|
Aisy Anindya
| ||||||||||||
3
|
……………..
| ||||||||||||
4
|
……………..
| ||||||||||||
5
|
……………..
| ||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian keterampilan mempraktikkan kombinasi pola gerak lokomotor dalam permainan sederhana
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Kecepatan gerakan Tim
|
Tercepat dalam melaksanakan kegiatan 2
|
Posisi kedua dalam melaksanakan kegiatan 2
|
Posisi ketiga dalam melaksanakan kegiatan 2
|
Posisi keempat dalam melaksanakan kegiatan 2
|
Ketepatan gerakan
|
Melaksanakan seluruh gerakan dengan teknik yang tepat
|
Melaksanakan lebih 50% gerakan dengan teknik yang tepat
|
Melaksanakan kurang 50% gerakan dengan teknik yang tepat
|
Tidak melaksankan gerakan dengan teknik yang tepat
|
b. Keterampilan melaksanakan program kegiatan menjaga lingkungan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Konsistensi melaksanakan rencana untuk menjaga lingkungan sekolah
|
Seluruh kegiatan terlaksana
|
4 kegiatan terlaksana
|
3 kegiatan terlaksana
|
2 kegiatan terlaksana
|
c. Keterampilan menulis laporan teks informatif
No
|
Kriteria
|
Skor Maksimal
|
1
|
Kesesuaian dengan tema
|
25
|
2
|
Kesesuaian penggunaan tanda baca titik
|
25
|
3
|
Kesesuaian penulisan huruf kapital
|
25
|
4
|
Kerapihan dan kebersihan
|
25
|
• Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks informatif yang disajikan
• Skor maksimal 100
• Satu soal bernilai 25 poin
3. Keterampilan
Penilaian Keterampilan membawakan Tari Dayung Sampan dalam iringan Lagu Berdayung
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Tempo lagu
|
Seluruh lagu dinyanyikan
dengan tempo yang tepat dan stabil
|
Seluruh lagu
dinyanyikan
dengan tempo yang stabil
|
Sebagian besar lagu dinyanyikan
dengan tempo yang stabil
|
Lagu dinyanyikan dengan tempo yang kurang stabil
|
Artikulasi, ekspresi dan suara
|
Suara lantang, Ekspresif dalam menyanyikan lagu, artikulasi jelas,
|
Satu dari tiga kriteria baik sekali tidak ada
|
Dua dari tiga kriteria sangat baik tidak ada
|
Seluruh kriteria tidak terlihat
|
Urutan gerakan tari
|
Seluruh urutan gerakan benar
|
Sebagian besar urutan gerakan benar
|
Sebagian kecil urutan gerakan benar
|
Sebagian besar urutan gerakan tari kurang benar
|
Teknik tarian
|
Gerakan
dibawakan
dengan jelas,
semangat dan percaya diri
|
Satu dari tiga
kriteria baik sekali tidak ada
|
Dua dari tiga
kriteria sangat baik tidak ada
|
Seluruh kriteria tidak terlihat
|
Pada kegiatan Penutup
• Siswa diminta melakukan observasi sederhana bersama orang tua mengenai jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggal mereka dan menyimpulkan jenis iklim yang dimiliki negara Indonesia
• Siswa diminta membawa bola plastik untuk hari berikutnya. Proses pembelajaran akan lebih maksimal dengan ukuran bola plastik yang sama. Bila memungkinkan, sekolah dapat menyediakannya.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam sub tema perubahan iklim dan cuaca pertemuan ke 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Perubahan Alam
Sub Tema 2 : Perubahan Iklim dan Cuaca
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis.
3.1.10 Menjawab pertanyaanpertanyaan terkait isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.12 Menguraikan gagasan pokok dari teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.3 Mengidentifikasi bentuk tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan dari pemanasan global.
4.1.3 Menyusun poster kampanye untuk mencegah pemanasan global sebagai bentuk tanggung jawab bersama untuk menjaga lingkungan.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.14.1 Membandingkan data berupa tabel grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya.
4.11.2 Membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Siswa membuat tabel dari data yang telah diperoleh.
¡ Siswa membuat grafik batang data yang telah diperoleh.
¡ Siswa menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca.
¡ Siswa memahami konsep pemanasan global.
¡ Siswa mengidentifikasi berbagai aktifitas untuk mencegah pemanasan global.
¡ Siswa membuat poster untuk mengampanyekan pencegahan laju pemanasan global.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam grafik batang
¡ Poster mengenai Pemanasan Global
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Iklim dan Cuaca”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa melakukan percobaan sederhana seperti yang tertera pada buku siswa.(Mengekplorasi)
¡ Siswa mencatatkan hasil pengamatan dalam buku nya. (Mengamati)
¡ Guru menanyakan seandainya plastisin tersebut adalah pulau–pulau di dunia, apa yang akan terjadi jika suhu terlalu panas?(Menanya)
¡ Siswa memberikan pendapat mereka dalam diskusi kelas. (Mengasosiasi)
¡ Salah satu siswa diminta membaca teks mengenai pemanasan global dengan lantang.
¡ Guru meminta beberapa siswa untuk menentukan ‘apa yang dibicarakan pada paragraf pertama teks informatif yang disajikan?
¡ Guru menggunakan jawaban siswa yang paling benar untuk menjelaskan mengenai gagasan utama sebuah teks informatif.(Mengasosiasi)
¡ Siswa menentukan gagasan utama paragraf 2-4 dalam bimbingan guru. (Mengekplorasi)
Gagasan utama adalah pikiran utama atau ide pokok sebuah paragraf atau wacana, atau inti yang dibicarakan dalam sebuah wacana atau teks bacaan. Dengan menemukan gagasan utama, pembaca akan memahami apa yang dibahas dalam sebuah bacaan
Pada teks informatif, gagasan utama untuk seluruh paragraf terdapat di awal paragraf. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa yang baru mulai belajar mengenali paragraf utama sebuah teks bacaan.
¡ Guru menunjukkan sebuah contoh grafik batang sederhana dan menanyakan beberapa pertanyaan terkait grafik batang yang ditampilkan. (Mengasosiasi)
¡ Berdasarkan kegiatan pengamatan, guru menanyakan kepada siswa fungsi grafik batang.
¡ Guru menjelaskan fungsi grafik batang.
¡ Siswa mengerjakan latihan soal mengenai grafik batang yang terdapat dalam buku siswa.
¡ Dalam bimbingan guru, siswa berdiskusi mengenai jawaban yang benar. Siswa dapat bertukar buku latihan dan memeriksa jawaban latihan bersama-sama.(Mengekplorasi)
¡ Guru mengarahkan siswa untuk menuliskan data dalam grafik batang ke dalam tabel yang tersedia. (Mengasosiasi)
¡ Siswa mengerjakan latihan soal 2 membuat grafik batang dari data yang tersedia(Mengekplorasi)
Langkah membuat grafik batang sederhana:
• Buatlah garis tegak setinggi 10 kotak.
• Tuliskan angka 0 sampai 10 dimulai dari ujung garis paling bawah.
• Dari titik 0, buatlah garis mendatar sebanyak 10 kotak.
• Tuliskan 4 nama daerah di bawah garis tersebut, mulai di kotak kedua.
• Pasangkan nama daerah dan jumlah hari turun hujan.
• Gambarkan batang yang menunjukkan jumlah hari turun hujan di setiap daerah.
¡ Guru berkeliling kelas memandu para siswa dalam membuat grafik batang.(Mengasosiasi)
¡ Guru memeriksa hasil kerja siswa dan memberi apresiasi pada siswa dengan hasil kerja yang baik.
¡ Guru dapat membuat soal latihan grafik batang yang bervariasi sesuai kondisi lingkungan sekolah.
¡ Siswa kembali mengulang pelajaran mengenai pemanasan global.(Mengasosiasi)
¡ Dalam bimbingan guru, siswa berdiskusi mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat di sekitar lingkungannya dalam mencegah meningkatnya laju pemanasan global.(Mengekplorasi)
¡ Guru memberi pemahaman pada siswa bahwa kondisi bumi merupakan tanggung jawab seluruh umat beragama. Sebagai wujud rasa cinta kepada Tuhan yang Maha Esa, setiap siswa yang telah memahami konsep pemanaan global harus menyampaikan pentingnya mencegah bumi dari pemanasan global.(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa bekerja sama dalam kelompok yang terdiri dari 5-6 orang untuk mempersiapkan presentasi.
¡ Guru berkeliling memastikan konsep yang terdapat dalam presentasi telah benar dan memberi masukan mengenai tampilan presentasi yang akan disajikan.(Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Contoh grafik batang sederhana dapat dibuat oleh guru sebelum pembelajaran dimulai, buku berpetak, mangkuk, piring plastik, plastisin, air panas, es batu, benda daur ulang (kardus/ kertas bekas, botol/ plastik bekas dan alat tulis sederhana.
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
| |||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
| |||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
Sultan Haykal
| ||||||||||||
2
|
Aisy Anindya
| ||||||||||||
3
|
……………..
| ||||||||||||
4
|
……………..
| ||||||||||||
5
|
……………..
| ||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian pengetahuan pada latihan soal 1.
Bobot nilai setiap soal dengan jawaban benar : 20
Skor maksimal : 5 × 20 = 100
b. Penilaian keterampilan pada latihan soal 2, membuat grafik batang.
- Jika interval data pada sumbu y dan nama daerah dituliskan dengan benar dan rapi, siswa diberi nilai maksimal 50.
- Jika data data pada sumbu x dan sumbu y dipasangkan secara tepat, siswa diberi nilai maksimal 50.
c. Keterampilan membuat presentasi pemanasan global.
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Menggunakan bahan daur ulang
|
Seluruh bahan yang digunakan adalah daur ulang
|
Lebih dari 50% bahan yang digunakan adalah daur ulang
|
Kurang dari 50% bahan yang digunakan adalah daur ulang 2.
|
Tidak menggunakan bahan daur ulang.
|
Isi presentasi
|
Memuat
pengertian, penyebab dan
cara encegah
pemanasan global.
|
Hanya memuat 2 dari 3 hal yang wajib ada.
|
Hanya memuat 1 dari 3 hal yang wajib ada.
|
Tidak
mengandung
penjelasan yang wajib ada.
|
Estetika
|
Bersih, rapi dan mudah dipahami pembaca.
|
Hanya memuat 2 dari 3 hal yang wajib ada.
|
Hanya memuat 1 dari 3 hal yang wajib ada.
|
Tidak mengandung penjelasan yang wajib ada.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam sub tema perubahan iklim dan cuaca pertemuan ke 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Perubahan Alam
Sub Tema 2 : Perubahan Iklim dan Cuaca
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.4 Mengidentifikasi bentuk tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan dari pemanasan global.
4.1.4 Mempresentasikan kampanye untuk menjaga lingkungan dalam rangka mensyukuri karunia Tuhan yang Maha Esa.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
4.14. Mengumpulkan dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal dengan label terurut sesuai dengan grafik batang horizontal.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.14.1 Mengidentifikasi data yang terdapat dalam tabel dan grafik batang vertikal.
4.14.1 Membuat grafik batang vertikal berdasarkan data yang terdapat dalam tabel sederhana.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Siswa membuat grafik batang vertikal berdasarkan data yang disediakan dengan memperhatikan interval data pada sumbu vertikal grafik.
¡ Siswa mengidentifikasi data yang terdapat dalam grafik batang yang dibuatnya.
¡ Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks mengenai program penghijauan di kampung Udin.
¡ Siswa menceritakan secara lisan isi teks informatif yang dibacanya.
¡ Siswa mengidentifikasi sikap yang dapat merugikan lingkungan dan menyebabkan terjadinya pemanasan global.
¡ Siswa melakukan presentasi mengenai pemanasan global kepada orang-orang di sekitar lingkungan sekolah.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Grafik batang vertikal berdasarkan data dalam tabel
¡ Membuat laporan kegiatan
¡ Presentasi mengenai pencegahan pemanasan global
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Iklim dan Cuaca”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Guru dan siswa mengulang kembali pelajaran se-belumnya mengenai cara membuat grafik batang. (Mengekplorasi) dan(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa memmbuat grafik batang vertikal berdasarkan data yang telah disediakan
¡ Guru berkeliling kelas dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan grafik batang.(Mengkomunikasikan)
¡ Latihan soal dalam pembelajaran ini membutuh-kan pemahaman siswa untuk membuat interval data pada sumbu vertikal secara tepat. Pada latihan soal 1 siswa dapat diarahkan untuk membuat interval data berupa 0, 10, 20, 30, dst...
¡ Apabila seluruh siswa sudah memahami cara membaca grafik batang vertikal siswa dan guru dapat bersama-sama memeriksa jawaban dan mencocokkan jawaban yang benar dari latihan soal 1. (Mengekplorasi) dan(Mengasosiasi)
¡ Siswa membuat grafik batang vertikal sesuai data yang disediakan pada latihan soal 2.(Mengekplorasi)
¡ Guru berkeliling untuk mengecek pemahaman siswa mengenai materi dan membantu siswa yang kesulitan memahami materi.
¡ Pada latihan soal ini siswa dapat diarahkan untuk membuat interval 0, 20, 40, dst...
¡ Apabila seluruh siswa sudah memahami cara membaca grafik batang vertikal siswa dan guru dapat bersama-sama memeriksa jawaban dan mencocokkan jawaban yang benar dari latihan soal 2.
¡ Siswa mengerjakan latihan soal dalam buku siswa dengan melihat data pada grafik batang yang telah mereka buat. (Mengekplorasi)
¡ Guru menjelaskan kembali bahwa perubahan iklim dan cuaca dapat berdampak negatif apabila lingkungan sekitar tercemar. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan melakukan penghijauan di sekitar lingkungan. (Mengkomunikasikan)
¡ Guru meminta salah seorang siswa membaca laporan informatif yang terdapat dalam buku teks dengan lantang.
¡ Seluruh siswa menyimak dan menyebutkan secara lisan, informasi yang terdapat di dalam teks informatif tersebut. (Mengamati)
¡ Setiap siswa membaca kembali laporan informatif mengenai program penghijauan di kampung Udin.
¡ Satu per satu siswa menceritakan kembali secara lisan isi laporan informatif yang dibacanya.
¡ Guru mengingatkan siswa untuk mempersiapkan poster presentasi yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya.(Mengkomunikasikan)
¡ Guru menyampaikan kepada siswa untuk melakukan presentasi kepada orang-orang di sekitar sekolah.
¡ Siswa berlatih untuk menyampaikan presentasi-nya kepada orang-orang sekitar (warga sekolah atau warga luar sekolah dalam pengawasan guru). (Mengekplorasi)
¡ Siswa melakukan kegiatan presentasi. Pendengar akan memberikan penilaian pada rubrik yang disediakan.
¡ Anggota kelompok lainnya mencatat nama pendengar dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh para pendengar tersebut untuk mencegah pemanasan global. (Mengasosiasi)
¡ Siswa kembali ke kelas dan mengerjakan latihan soal yang terdapat dalam buku siswa.
¡ Guru menugaskan siswa untuk menanam sebuah pohon bersama orang tua.(Mengkomunikasikan)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Buku perpetak atau milimeter block,
¡ Board presentasi mengenai pemanasan global yang dibuat siswa..
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
| |||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
| |||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
Sultan Haykal
| ||||||||||||
2
|
Aisy Anindya
| ||||||||||||
3
|
……………..
| ||||||||||||
4
|
……………..
| ||||||||||||
5
|
……………..
| ||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian keterampilan pada latihan soal 2, membuat grafik batang.
• Jika interval data pada sumbu y dan nama daerah dituliskan dengan benar dan rapi, siswa diberi nilai maksimal 50.
• Jika data data pada sumbu x dan sumbu y dipasangkan secara tepat, siswa diberi nilai maksimal 50.
Penilaian pengetahuan pada latihan soal 3 membaca grafik batang vertikal.
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam grafik batang vertikal yang disajikan.
Skor maksimal 100.
Satu soal diberi nilai 20 bila dijawab dengan benar.
b. Penilaian keterampilan mempresentasikan topik Pemanasan Global (diisi oleh audience/Penonton)
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Tampilan presentasi dan penggunaan bahasa dalam berkomunikasi
|
Tampilan presentasi menarik, bahasa santun dan mudah dimengerti
|
Hanya memuat 2 dari 3 kriteria baik sekali
|
Hanya memuat 1 dari 3 kriteria baik sekali
|
Tidak memuat satupun kriteria baik sekali.
|
Isi presentasi
|
Memuat pengertian, penyebab dan cara mencegah pemanasan global.
|
Hanya memuat 2 dari 3 hal yang wajib ada.
|
Hanya memuat 1 dari 3 hal yang wajib ada.
|
Tidak mengandung penjelasan yang wajib ada.
|
Kerja sama Tim
|
Seluruh anggota tim terlibat aktif (berpresentasi, mencatat hasil wawancara, mempersiapkan perlengkapan, dsb).
|
Sebagian besar anggota tim terlibat aktif.
|
Hanya 2-3 orang yang terlibat aktif dalam kegiatan presentasi.
|
Hanya satu orang yang terlibat aktif dalam kegiatan presentasi.
|
J. REFLEKSI
1. Hal-hal yang menggambarkan keberhasilan dan perlu dipertahankan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. Siswa yang perlu mendapat perhatian, remedial dan pengayaan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Seperti harapan kita semua sebagai pendidik adalah ingin peserta didik kita mendapat hasil yang memuaskan dalam mengikuti pelajaran, maka rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd dengan tema perubahan alam dan mengambil sub tema perubahan iklim dan cuaca ini dapat membatu menjembatani dalam membirikan materi yang baik dengan hasil memuaskan baik untuk guru, sekolah terutama untuk peserta didik.
Loading...
EmoticonEmoticon