rpp matematika kelas 1 pengukuran - alfa singasari

rpp matematika kelas 1 pengukuran

loading...
loading...
rpp kelas 1 sekolah dasar dengan bab pengukuran yang mengambil kompetensi dasar mengenal panjang suatu benda melalui kalimat - kalimat sehari - hari (pendek, panjang ) dan membandingkannya, serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang. dengan indikator membandingkan panjang dua benda, mengukur panjang benda dan mengukur panjang benda dengan satuan baku.


rpp kelas 1 sekolah dasar pengukuran pertemuan 1 dan 2


rpp matematika kelas 1 pengukuran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pengukuran
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
2.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang

B.    Indikator
o    Membandingkan panjang dua benda
o    Mengukur panjang benda
o    Mengukur panjang benda dengan satuan baku

C.    Materi Essensial
Panjang
o    Mengenal panjang (Hlm. 109)
o    Membamdingkan panjang benda secara langsung (Hlm. 110)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas 1 jilid 1A
o    Benda-benda, Meteran, penggaris

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1      Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Memberikan pertanyaan panjang mana bangku dengan meja ?


Mencatat indikator

Menjawab meja lebih panjang dari bangku


10
2.     Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
o    Membacakan materi mengenal panjang dan menjelaskan bahwa panjang dan pendek merupakan ukuran panjang benda
o    Membacakan dan enjelaskan contoh soal berkaitan dengan perbandingan panjang benda secara langsung
o    Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm. 111
o    Menugaskan mengerjakan kegiatan hlm. 112

Pertemuan kedua
o    Membahas pekerjaan rumah latihan 2.
o    menugaskan mengerjakan latihan 3, 4 Hlm. 113 dan 114



Mendengarkan materi mengenal panjang dan menjelaskan bahwa panjang dan pendek merupakan ukuran panjang benda
Mempelajari contoh soal berkaitan dengan perbandingan panjang benda secara langsung
Mengerjakan latihan 1 Hlm. 111
Mengerjakan kegiatan hlm. 112

Mengerjakan tugas, latihan 1 s.d 5



100

3.     Penutup
o    Mengerjakan latihan 2 hlm. 112
o    Mengerjakan latihan 5 hlm. 115



Mengerjakan pekerjaan rumah



15

Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

rpp kelas 1 sekolah dasar pengukuran pertemuan ke 3 dan 4

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pengukuran
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 30 menit0
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.3  Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
2.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang

B.    Indikator
  • Membandingkan panjang dua benda
  • Mengukur panjang benda
  • Mengukur panjang benda dengan satuan baku

C.    Materi Essensial
Panjang
o    Mengenal jarak dekat dan jauh (hlm. 117)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas 1 jilid 1A
o    Sepuluh macam benda

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.     Kegiatan Inti
o    Membacakan materi mengenal jarak dekat dan jauh
-   dekat dan jauh adalah ukuran jarak dua benda
-   rendah dan tinggi termasuk ukuran panjang benda
-        
o    Menugaskan siswa untuk menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung secara bersama
o    Menugaskan mengerjakan latihan 6. hlm. 119
o    Menugaskan mengerjkan uji kompetensi bab 3. hlm. 121



Mendengarkan materi mengenal jarak dekat dan jauh
-     dekat dan jauh adalah ukuran jarak dua benda
-     rendah dan tinggi termasuk ukuran panjang benda

Menugaskan siswa untuk menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung secara bersama
Mengerjakan latihan 6. hlm. 119
Mengerjkan uji kompetensi bab 3. hlm. 121


100

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru




10

Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )


semoga artikel ini bermanfaat dengan baik. rpp kelas 1 sekolah dasar dengan bab pengukuran yang mengambil kompetensi dasar mengenal panjang suatu benda melalui kalimat - kalimat sehari - hari (pendek, panjang ) dan membandingkannya, serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang. dengan indikator membandingkan panjang dua benda, mengukur panjang benda dan mengukur panjang benda dengan satuan baku.
Loading...


EmoticonEmoticon