loading...
loading...
rpp kelas 1 sekolah dasar dengan bab pengukuran yang mengambil kompetensi dasar mengenal panjang suatu benda melalui kalimat - kalimat sehari - hari (pendek, panjang ) dan membandingkannya, serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang. dengan indikator membandingkan panjang dua benda, mengukur panjang benda dan mengukur panjang benda dengan satuan baku.
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pengukuran
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
B. Indikator
o Membandingkan panjang dua benda
o Mengukur panjang benda
o Mengukur panjang benda dengan satuan baku
C. Materi Essensial
Panjang
o Mengenal panjang (Hlm. 109)
o Membamdingkan panjang benda secara langsung (Hlm. 110)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas 1 jilid 1A
o Benda-benda, Meteran, penggaris
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1 Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Memberikan pertanyaan panjang mana bangku dengan meja ?
|
Mencatat indikator
Menjawab meja lebih panjang dari bangku
|
10
|
2. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
o Membacakan materi mengenal panjang dan menjelaskan bahwa panjang dan pendek merupakan ukuran panjang benda
o Membacakan dan enjelaskan contoh soal berkaitan dengan perbandingan panjang benda secara langsung
o Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm. 111
o Menugaskan mengerjakan kegiatan hlm. 112
Pertemuan kedua
o Membahas pekerjaan rumah latihan 2.
o menugaskan mengerjakan latihan 3, 4 Hlm. 113 dan 114
|
Mendengarkan materi mengenal panjang dan menjelaskan bahwa panjang dan pendek merupakan ukuran panjang benda
Mempelajari contoh soal berkaitan dengan perbandingan panjang benda secara langsung
Mengerjakan latihan 1 Hlm. 111
Mengerjakan kegiatan hlm. 112
Mengerjakan tugas, latihan 1 s.d 5
|
100
|
3. Penutup
o Mengerjakan latihan 2 hlm. 112
o Mengerjakan latihan 5 hlm. 115
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
15
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp kelas 1 sekolah dasar pengukuran pertemuan ke 3 dan 4
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pengukuran
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 30 menit0
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
B. Indikator
- Membandingkan panjang dua benda
- Mengukur panjang benda
- Mengukur panjang benda dengan satuan baku
C. Materi Essensial
Panjang
o Mengenal jarak dekat dan jauh (hlm. 117)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas 1 jilid 1A
o Sepuluh macam benda
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah
|
Mencatat indikator
Mengumpulkan pekerjaan rumah
|
10
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi mengenal jarak dekat dan jauh
- dekat dan jauh adalah ukuran jarak dua benda
- rendah dan tinggi termasuk ukuran panjang benda
-
o Menugaskan siswa untuk menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung secara bersama
o Menugaskan mengerjakan latihan 6. hlm. 119
o Menugaskan mengerjkan uji kompetensi bab 3. hlm. 121
|
Mendengarkan materi mengenal jarak dekat dan jauh
- dekat dan jauh adalah ukuran jarak dua benda
- rendah dan tinggi termasuk ukuran panjang benda
Menugaskan siswa untuk menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung secara bersama
Mengerjakan latihan 6. hlm. 119
Mengerjkan uji kompetensi bab 3. hlm. 121
|
100
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
semoga artikel ini bermanfaat dengan baik. rpp kelas 1 sekolah dasar dengan bab pengukuran yang mengambil kompetensi dasar mengenal panjang suatu benda melalui kalimat - kalimat sehari - hari (pendek, panjang ) dan membandingkannya, serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang. dengan indikator membandingkan panjang dua benda, mengukur panjang benda dan mengukur panjang benda dengan satuan baku.
Loading...
EmoticonEmoticon