loading...
loading...
rpp kelas 1 bilangan cacah dan lambangnya semoga bermanfaat bagi rekan guru yang sedang mencari referensi rpp kelas 1 tentang bilangan cacah dan lambangnya.
rpp kelas 1 matematika bilangan cacah dan lambangnya pertemuan pertama dan ke dua dan ke tiga
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Menyebutkan banyaknya suatu benda
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Membacakan kalimat pembuka pada hlm. 2
|
Mencatat indikator
Siswa mendengarkan Sambil membaca buku
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Guru menyebutkan benda benda yang terdapat pada gambar
- ada berapa meja ?
- ada berapa tas ?
- ada berapa kursi ?
- ada berapa buku ?
o Menugaskan mengerjakan:
- latihan 1
- latihan 2
|
Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan bendasarakan gambar hlm 2
Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2
|
50
|
3. Penutup
o Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai lat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan lambang bilangan sama dengan mengenal sesuatu yang abstrak.
o Kreativitas guru dalam menggunakan metode an alat peraga pada kegiatan belajar mengejar, sangat menentukan pemahaman murid dalam membaca lambang bilangan.
- membacakan bilangan 1 sampai 5 dan menugaskan siswa untuk menirukan ucapan dari guru
o Membimbing siswa mengucapkan lambang bilangan secara berurut dengan memperhatikan lambang bilangan pada latihan 1 hlm. 5
|
Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama
membacakan bilangan 1 sampai 5 berdasarkan gambar
Mengerjakan latihan 1
|
50
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai alat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
|
o Memperkenalkan siswa bentuk lambang bilangan
o Memberikan contoh cara menuliskan lambang bilangan
o Memberikan tugas latihan menulis secara bertahap
- menulis dengan jari mengikuti anak panah
- menulis dengan jari di udara
- menulis dengan jari di atas meja
- menulis dengan pensil
o Menugaskan mengerjakan latihan 2, 3 dan 4
|
Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama
Mendengarkan dan mempraktikan cara menulis
Mengerjakan latihan 2, 3 dan 4
|
50
|
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp kelas 1 matematika bilangan cacah dan lambangnya pertemuan ke empat dan ke lima
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai lat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
2. Kegiatan Inti
o Guru membacakan lambang bilangan 6 sampai dengan 10
o Guru menugaskan siswa mengerjakan latihan 5 dan 6
o Guru memberikan contoh cara menuliskan lambang bilangan 6 sampai dengan 10
o Menjelaskan latihan pengayaan hlm. 15
|
Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama
Mengerjakan latihan 5, 6
Siswa menulis lambang bilangan dengan tahapan
- menulis dengan menggunkan jari mengikuti arah anak panah, dilanjutkan dengan menulis di udara dan selanjutnya menulis di meja
- mengerjakan latihan 7, 8, dan 9
Mengerjakan latihan pengayaan
|
100
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp kelas 1 matematika bilangan cacah dan lambangnya pertemuan ke enam dan ke tujuh dan ke delapan
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Keenam dan ketujuh / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai lat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan lambang bilangan 11 sampai dengan 20
o Menugaskan mengerjakan latihan 11,
o Guru meminta murid membacakan lambang bilangan dengan lisan tanpa menghitung benda pada latihan 2.
o Mengerjakan latihan 13
o Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20
o Menugaskan mengerjakan latihan 14
|
Mendengarkan penjelasan lambang bilangan 11 sampai dengan 20
Mengerjakan latihan 11 dan 12
Mengerjakan latihan 14
|
100
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Menugaskan mnegerjakn latihan 15 dan 16
|
Mendengarkan motivasi guru
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Kedelapan / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membandingakan dua kumpulan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai lat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menugaskan mengempulkan pkerjaan rumah
|
Mencatat indikator
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan cara membandingkan dua kumpulan benda dengan kalimat :
- Lebih banyak dari
- Sama dengan
- Lebih sedikit dari
o Menugaskan mengerjakan latihan 1
o Guru mengunakan benda kongkret berupa buku dan pensil maupun sendok dan garpu atau yang lainnya untuk memahami konsep perbandingan. Selanjutnya ditingkatkan di semi kongkret dan akhinya lambang bilangan untuk perbandingan.
o Menugaskan siswa mengerjakan latihan pengayaan hlm. 25
|
Mendengarkan penjelasan cara membandingkan dua kumpulan benda
Mengerjakan latihan 1
Mengerjakan latihan pengayaan
|
50
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Semoga artikel rpp kelas 1 sekolah dasar mata pelajaran matematika tentang bilangan cacah dan lambangnya dapat bermanfaat. dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kedelapan.
Loading...
EmoticonEmoticon