rpp matematika kelas 1, geometri - alfa singasari

rpp matematika kelas 1, geometri

loading...
loading...
pada kali ini ada lagi rpp matematika kelas 1 sd dengan bab geometri, dengan kompetensi dasar Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya dan indikator Mampu mengelompokkan benda yang memiliki bentuk yang sama serta materi essensial Mengelompokkan sekumpulan benda, Mengelompokkan benda yang berbentuk sama (hlm.140), Meletakkan sekumpulan benda menurut ukurannya (hlm.145) dengan lima kali pertemuan.


rpp matematika kelas 1 sd bab geometri pertemuan pertama dan kedua
rpp matematika kelas 1, geometri

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.2  Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya

B.    Indikator
o    Mampu mengelompokkan benda yang memiliki bentuk yang sama

C.    Materi Essensial
Mengelompokkan sekumpulan benda
o    Mengelompokkan benda yang berbentuk sama (hlm.140)
o    Meletakkan sekumpulan benda menurut ukurannya (hlm.145)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Gambar benda yang berbetuk sama

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Membacakan materi mengelompokkan sekumpulan benda
o    Mneyiapkan alat peraga untuk tugas 3



Mencatat indikator



10

2.     Kegiatan Inti

Pertemuan pertama
o    Guru menjelaskan arti pengelompokkan sekumpulan benda
-   jeruk dikumpulkan dengan jeruk
-   apel dikumpulkan dengan apel
o    Menugaskan mengerjakan latihan 1. hlm. 141
o    Menjelaskan dan menugaskan mengerjakan tugas 3. hlm. 142

Pertemuan kedua
o    Menugaskan mengerjakan latihan 2 dan 3



Memahami pengelompokkan sekumpulan benda
-     jeruk dikumpulkan dengan jeruk
-     apel dikumpulkan dengan apel

Mengerjakan latihan 1. hlm. 141
Menjelaskan dan menugaskan mengerjakan tugas 3. hlm. 142


Mengerjakan latihan 2 dan 3


100

3.     Penutup
o    Memotivasi untuk lebih giat lagi belajar membaca



Mendengrakan motivasi guru

10


Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

rpp matematika kelas 1 sd bab geometri pertemuan ketiga dan keempat

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.2  Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya

B.    Indikator
o    Mampu meletakkan sekumpulan benda menurut ukurannya

C.    Materi Essensial
Mengelompokkan sekumpulan benda
o    Mengelompokkan benda yang berbentuk sama (hlm.140)
o    Meletakkan sekumpulan benda menurut ukurannya (hlm.145)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



10

2.     Kegiatan Inti
o    Menjelaskan kelompok sekumpulan banda menurut ukurannya dari yang terkecil samapi terbesar
o     
o    Menugaskan siswa untuk mempraktekkan latihan 4. Hlm. 145 berdasarkan pengurutan dengan mengunakan benda-benda nyata dalam kehidupan sehari-hari

o    Menugaskan latihan 5 hlm. 149

o    Menugaskan mengerjakan uji kompetensi bab 4. hlm. 149



Mempelajari kelompok sekumpulan banda menurut ukurannya dari yang terkecil samapi terbesar

Menugaskan siswa untuk mempraktekkan latihan 4. Hlm. 145 berdasarkan pengurutan dengan mengunakan benda-benda nyata dalam kehidupan sehari-hari

Mengerjakan latihan 5 hlm. 149

Mengerjakan uji kompetensi bab 4. hlm. 149


100

3.     Penutup
o    Menugaskan mengerjakan luji kompetensi bab 4. hlm. 149



Mengerjakan pekerjaan rumah


10



Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

rpp matematika kelas 1 sd bab geometri pertemuan kelima

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.2  Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya

B.    Indikator
o    Semua indikator kelas 1 semester 1

C.    Materi Essensial
o    Latihan soal akhir semester

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



5

2.     Kegiatan Inti
o    Menugaskan mengerjakan latihan soal akhir semester
o    Guru memberikan penjelasan dan memmbahas soal tersebut satu persatu setelah siswa selesai mengerjakannya



Mengerjakan latihan soal akhir semester

Membahas soal setelh dikerjakan

50

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru



5



Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )


pada kali ini ada lagi rpp matematika kelas 1 sd dengan bab geometri, dengan kompetensi dasar Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya dan indikator Mampu mengelompokkan benda yang memiliki bentuk yang sama serta materi essensial Mengelompokkan sekumpulan benda, 
Loading...


EmoticonEmoticon