loading...
loading...
pada kali ini ada lagi rpp matematika kelas 1 sd dengan bab geometri, dengan kompetensi dasar Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya dan indikator Mampu mengelompokkan benda yang memiliki bentuk yang sama serta materi essensial Mengelompokkan sekumpulan benda, Mengelompokkan benda yang berbentuk sama (hlm.140), Meletakkan sekumpulan benda menurut ukurannya (hlm.145) dengan lima kali pertemuan.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
B. Indikator
o Mampu mengelompokkan benda yang memiliki bentuk yang sama
C. Materi Essensial
Mengelompokkan sekumpulan benda
o Mengelompokkan benda yang berbentuk sama (hlm.140)
o Meletakkan sekumpulan benda menurut ukurannya (hlm.145)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar benda yang berbetuk sama
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Membacakan materi mengelompokkan sekumpulan benda
o Mneyiapkan alat peraga untuk tugas 3
|
Mencatat indikator
|
10
|
2. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
o Guru menjelaskan arti pengelompokkan sekumpulan benda
- jeruk dikumpulkan dengan jeruk
- apel dikumpulkan dengan apel
o Menugaskan mengerjakan latihan 1. hlm. 141
o Menjelaskan dan menugaskan mengerjakan tugas 3. hlm. 142
Pertemuan kedua
o Menugaskan mengerjakan latihan 2 dan 3
|
Memahami pengelompokkan sekumpulan benda
- jeruk dikumpulkan dengan jeruk
- apel dikumpulkan dengan apel
Mengerjakan latihan 1. hlm. 141
Menjelaskan dan menugaskan mengerjakan tugas 3. hlm. 142
Mengerjakan latihan 2 dan 3
|
100
|
3. Penutup
o Memotivasi untuk lebih giat lagi belajar membaca
|
Mendengrakan motivasi guru
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sd bab geometri pertemuan ketiga dan keempat
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
B. Indikator
o Mampu meletakkan sekumpulan benda menurut ukurannya
C. Materi Essensial
Mengelompokkan sekumpulan benda
o Mengelompokkan benda yang berbentuk sama (hlm.140)
o Meletakkan sekumpulan benda menurut ukurannya (hlm.145)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan kelompok sekumpulan banda menurut ukurannya dari yang terkecil samapi terbesar
o
o Menugaskan siswa untuk mempraktekkan latihan 4. Hlm. 145 berdasarkan pengurutan dengan mengunakan benda-benda nyata dalam kehidupan sehari-hari
o Menugaskan latihan 5 hlm. 149
o Menugaskan mengerjakan uji kompetensi bab 4. hlm. 149
|
Mempelajari kelompok sekumpulan banda menurut ukurannya dari yang terkecil samapi terbesar
Menugaskan siswa untuk mempraktekkan latihan 4. Hlm. 145 berdasarkan pengurutan dengan mengunakan benda-benda nyata dalam kehidupan sehari-hari
Mengerjakan latihan 5 hlm. 149
Mengerjakan uji kompetensi bab 4. hlm. 149
|
100
|
3. Penutup
o Menugaskan mengerjakan luji kompetensi bab 4. hlm. 149
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sd bab geometri pertemuan kelima
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
B. Indikator
o Semua indikator kelas 1 semester 1
C. Materi Essensial
o Latihan soal akhir semester
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Menugaskan mengerjakan latihan soal akhir semester
o Guru memberikan penjelasan dan memmbahas soal tersebut satu persatu setelah siswa selesai mengerjakannya
|
Mengerjakan latihan soal akhir semester
Membahas soal setelh dikerjakan
|
50
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
pada kali ini ada lagi rpp matematika kelas 1 sd dengan bab geometri, dengan kompetensi dasar Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya dan indikator Mampu mengelompokkan benda yang memiliki bentuk yang sama serta materi essensial Mengelompokkan sekumpulan benda,
Loading...
EmoticonEmoticon