rpp matematika kelas 1 sd, geometri - alfa singasari

rpp matematika kelas 1 sd, geometri

loading...
loading...
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri yang memuat empatkali pertemuan ini dengan pertemuan pertama mengambil kompetensi dasar Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut) dan indikator Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut).

rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri pertemuan pertama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

rpp matematika kelas 1 sd, geometri
A.    Kompetensi Dasar
3.1  Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)

B.    Indikator
o    Membedakan benda bola dan bukan bola

C.    Materi Essensial
Mengenal bangun ruang
o    Mengenal bola dan bukan bola (hlm. 123)
o    Mengenal tabung dan bukan tabung (hlm. 128)
o    Mengenal balok dan bukan balok (hlm. 131)
o    Mengenal kubus dan bukan kubus (hlm. 133)
o    Mengenal kerucut dan bukan kerucut (hlm. 135)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Benda bola dan bukan bola, atau menggunakan gambar

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Membacakan materi mengenal bangun dan ruang



Mendengarkan cerita dari guru berdasarkan bahan bacaan hlm. 123

5

2.     Kegiatan Inti
o    Guru membantu siswa untuk mengamati dan mempraktekkan meraba bola atau benda-benda lain agar bisa merasakan dan membedakan bahwa bneda tersebut bola dan bukan bola
o    Mengenalkan kepada siswa bola dan bukan bola
o    Memberikan contoh pengerjaan latihan 1. Hlm. 124
o    Memberikan contoh pengerjan latihan 2 Hlm. 125



Siswa untuk mengamati dan mempraktekkan meraba bola atau benda-benda lain agar bisa merasakan dan membedakan bahwa bneenda tersebut bola dan bukan bola

Mengerjaan latihan 1. Hlm. 124
Mengerjan latihan 2 Hlm. 125


50

3.     Penutup
o    Guru memotivasi siswa untuk mengulang materi pelajaran di rumah dan menugaskan siswa mengerjakan latihan 3 dan 5 hlm. 127 dan 128



Mengerjakan latihan


5


Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri pertemuan kedua

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.1  Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)

B.    Indikator
o    Membedakan benda tabung dan bukan tabung

C.    Materi Essensial
Mengenal bangun ruang
o    Mengenal bola dan bukan bola (hlm. 123)
o    Mengenal tabung dan bukan tabung (hlm. 128)
o    Mengenal balok dan bukan balok (hlm. 131)
o    Mengenal kubus dan bukan kubus (hlm. 133)
o    Mengenal kerucut dan bukan kerucut (hlm. 135)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Benda tabung dan bukan tabung, atau menggunakan gambar

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Menugaskan mengumpulkan pekerjaan rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

5

2.     Kegiatan Inti
o    Membahas pekerjaan rumah dan mengoreksi
o    Mengenalkan kepada siswa tabung dan bukan tabung
o    Menugaskan untuk melakukan diskusi dengan kelompok dan mengerjakan:
-     latihan 5. Hlm. 129
-     latihan 6. Hlm. 129
o    mneugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 130



Membahas pekerjaan rumah
Siswa mempelajari tabung dan bukan tabung
Melakukan diskusi dengan kelompok dan mengerjakan:
-   latihan 5. Hlm. 129
-   latihan 6. Hlm. 129
Mengerjakan latihan 7 Hlm. 130


50

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o    Latihan 8 hlm. 131 dan tugas 1. hlm. 131



Mendengarkan motivasi guru dan mnegrjkan pekerjaan rumah




5


Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri pertemuan ketiga

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.1  Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)

B.    Indikator
o    Membedakan benda balok dan bukan balok
o    Membedakan benda kubus dan bukan kubus

C.    Materi Essensial
Mengenal bangun ruang
o    Mengenal bola dan bukan bola (hlm. 123)
o    Mengenal tabung dan bukan tabung (hlm. 128)
o    Mengenal balok dan bukan balok (hlm. 131)
o    Mengenal kubus dan bukan kubus (hlm. 133)
o    Mengenal kerucut dan bukan kerucut (hlm. 135)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Kubus dan balok

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Menugaskan mengumpulkan pekerjaan rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

5

2.     Kegiatan Inti
o    Membahas pekerjaan rumah dan mengoreksi
o    Mengenalkan kepada siswa balok, kubus dan bukan balok, kubus
o    Menugaskan dan memeberikan contoh pengerjaan :
-       latihan 9 hlm. 134
-       latihan 10 hlm. 135
-       latihan 11 dan latihan 12 hlm. 135

o    Guru menghampiri siswa yang dilihat kesulitan



Membahas pekerjaan rumah
siswa memahami balok, kubus dan bukan balok, kubus
siswa mengerjkan :
-     latihan 9 hlm. 134
-     latihan 10 hlm. 135
-     latihan 11 dan latihan 12 hlm. 135  



50

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o    Menugaskan untuk mengerjakan latihan pengayaan hlm. 135



Mendengarkan motivasi guru




5

Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri pertemuan keempat

Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.2  Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)

B.    Indikator
o    Membedakan benda kerucut dan bukan kerucut

C.    Materi Essensial
Mengenal bangun ruang
o    Mengenal kerucut dan bukan kerucut (hlm. 135)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Kerucut

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Menugaskan mengumpulkan pekerjaan rumah
o    Menyiapkan bebrapa kubus satuan sebagai alat peraga



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

5

2.     Kegiatan Inti
o    Membahas pekerjaan rumah dan mengoreksi
o    Mengenalkan kepada siswa kerucut dan bukan kerucut
o    Menugaskan dan memeberikan contoh pengerjaan :
-       latihan 13 hlm. 136
-       latihan 14 dan 15 hlm. 137
o    Guru memberiakn petunjuk mengenai permainan hlm. 138
o    Guru menjelaskan tugas 2 pada hlm. 138 dan menugaskan siswa mengerjakan tugas tersebut.
o    Guru membantu siswa dalam menjawab teka-teki hlm. 139



Membahas pekerjaan rumah

siswa mempelajari kerucut dan bukan kerucut

Mengerjakan :
contoh pengerjaan :
-     latihan 13 hlm. 136
-     latihan 14 dan 15 hlm. 137

Melakuakan permainan hlm. 138

Siswa mengerjakan tugas tersebut.
Siswa menjawab teka-teki hlm. 139 


50

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o    Menugaskan latihan kreativitas hlm. 139



Mendengarkan motivasi guru




5

Mengetahui
Kepala Sekolah



( )

Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )


rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri yang memuat empatkali pertemuan ini dengan pertemuan pertama mengambil kompetensi dasar Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut) dan indikator Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut). semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar.
Loading...


EmoticonEmoticon