loading...
loading...
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri yang memuat empatkali pertemuan ini dengan pertemuan pertama mengambil kompetensi dasar Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut) dan indikator Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut).
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri pertemuan pertama
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
B. Indikator
o Membedakan benda bola dan bukan bola
C. Materi Essensial
Mengenal bangun ruang
o Mengenal bola dan bukan bola (hlm. 123)
o Mengenal tabung dan bukan tabung (hlm. 128)
o Mengenal balok dan bukan balok (hlm. 131)
o Mengenal kubus dan bukan kubus (hlm. 133)
o Mengenal kerucut dan bukan kerucut (hlm. 135)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Benda bola dan bukan bola, atau menggunakan gambar
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Membacakan materi mengenal bangun dan ruang
|
Mendengarkan cerita dari guru berdasarkan bahan bacaan hlm. 123
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Guru membantu siswa untuk mengamati dan mempraktekkan meraba bola atau benda-benda lain agar bisa merasakan dan membedakan bahwa bneda tersebut bola dan bukan bola
o Mengenalkan kepada siswa bola dan bukan bola
o Memberikan contoh pengerjaan latihan 1. Hlm. 124
o Memberikan contoh pengerjan latihan 2 Hlm. 125
|
Siswa untuk mengamati dan mempraktekkan meraba bola atau benda-benda lain agar bisa merasakan dan membedakan bahwa bneenda tersebut bola dan bukan bola
Mengerjaan latihan 1. Hlm. 124
Mengerjan latihan 2 Hlm. 125
|
50
|
3. Penutup
o Guru memotivasi siswa untuk mengulang materi pelajaran di rumah dan menugaskan siswa mengerjakan latihan 3 dan 5 hlm. 127 dan 128
|
Mengerjakan latihan
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri pertemuan kedua
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
B. Indikator
o Membedakan benda tabung dan bukan tabung
C. Materi Essensial
Mengenal bangun ruang
o Mengenal bola dan bukan bola (hlm. 123)
o Mengenal tabung dan bukan tabung (hlm. 128)
o Mengenal balok dan bukan balok (hlm. 131)
o Mengenal kubus dan bukan kubus (hlm. 133)
o Mengenal kerucut dan bukan kerucut (hlm. 135)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Benda tabung dan bukan tabung, atau menggunakan gambar
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menugaskan mengumpulkan pekerjaan rumah
|
Mencatat indikator
Mengumpulkan pekerjaan rumah
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Membahas pekerjaan rumah dan mengoreksi
o Mengenalkan kepada siswa tabung dan bukan tabung
o Menugaskan untuk melakukan diskusi dengan kelompok dan mengerjakan:
- latihan 5. Hlm. 129
- latihan 6. Hlm. 129
o mneugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 130
|
Membahas pekerjaan rumah
Siswa mempelajari tabung dan bukan tabung
Melakukan diskusi dengan kelompok dan mengerjakan:
- latihan 5. Hlm. 129
- latihan 6. Hlm. 129
Mengerjakan latihan 7 Hlm. 130
|
50
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Latihan 8 hlm. 131 dan tugas 1. hlm. 131
|
Mendengarkan motivasi guru dan mnegrjkan pekerjaan rumah
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri pertemuan ketiga
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
B. Indikator
o Membedakan benda balok dan bukan balok
o Membedakan benda kubus dan bukan kubus
C. Materi Essensial
Mengenal bangun ruang
o Mengenal bola dan bukan bola (hlm. 123)
o Mengenal tabung dan bukan tabung (hlm. 128)
o Mengenal balok dan bukan balok (hlm. 131)
o Mengenal kubus dan bukan kubus (hlm. 133)
o Mengenal kerucut dan bukan kerucut (hlm. 135)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Kubus dan balok
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menugaskan mengumpulkan pekerjaan rumah
|
Mencatat indikator
Mengumpulkan pekerjaan rumah
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Membahas pekerjaan rumah dan mengoreksi
o Mengenalkan kepada siswa balok, kubus dan bukan balok, kubus
o Menugaskan dan memeberikan contoh pengerjaan :
- latihan 9 hlm. 134
- latihan 10 hlm. 135
- latihan 11 dan latihan 12 hlm. 135
o Guru menghampiri siswa yang dilihat kesulitan
|
Membahas pekerjaan rumah
siswa memahami balok, kubus dan bukan balok, kubus
siswa mengerjkan :
- latihan 9 hlm. 134
- latihan 10 hlm. 135
- latihan 11 dan latihan 12 hlm. 135
|
50
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Menugaskan untuk mengerjakan latihan pengayaan hlm. 135
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri pertemuan keempat
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Geometri
Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
3.2 Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
B. Indikator
o Membedakan benda kerucut dan bukan kerucut
C. Materi Essensial
Mengenal bangun ruang
o Mengenal kerucut dan bukan kerucut (hlm. 135)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Kerucut
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menugaskan mengumpulkan pekerjaan rumah
o Menyiapkan bebrapa kubus satuan sebagai alat peraga
|
Mencatat indikator
Mengumpulkan pekerjaan rumah
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Membahas pekerjaan rumah dan mengoreksi
o Mengenalkan kepada siswa kerucut dan bukan kerucut
o Menugaskan dan memeberikan contoh pengerjaan :
- latihan 13 hlm. 136
- latihan 14 dan 15 hlm. 137
o Guru memberiakn petunjuk mengenai permainan hlm. 138
o Guru menjelaskan tugas 2 pada hlm. 138 dan menugaskan siswa mengerjakan tugas tersebut.
o Guru membantu siswa dalam menjawab teka-teki hlm. 139
|
Membahas pekerjaan rumah
siswa mempelajari kerucut dan bukan kerucut
Mengerjakan :
contoh pengerjaan :
- latihan 13 hlm. 136
- latihan 14 dan 15 hlm. 137
Melakuakan permainan hlm. 138
Siswa mengerjakan tugas tersebut.
Siswa menjawab teka-teki hlm. 139
|
50
|
3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o Menugaskan latihan kreativitas hlm. 139
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) bab geometri yang memuat empatkali pertemuan ini dengan pertemuan pertama mengambil kompetensi dasar Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut) dan indikator Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut). semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar.
Loading...
EmoticonEmoticon