loading...
loading...
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar ( sd ) dengan bab penjumlahan dan pengurangan. dengan kompetensi dasar melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 serta indikator mengerjakan penjumlahan dan pengurangan.
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar penjumlahan dan pengurangan pertemuan pertama dan kedua
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Indikator
o Mengerjakan penjumlahan dan pengurangan
C. Materi Essensial
- Masalah penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari. Hlm. 38
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| ||||
Pendidik
|
Peserta didik
| ||||
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
| |||
2. Kegiatan Inti
o Mempekenalkan kepada siswa dengan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan. Guru membacakan soal
o Menjelaskan masalah penjumlahan
=
o Menekankan bahwa bertambah banayak artinya menjadi lebih banyak
o Menjelaskan masalah pengurangan, dan menekankan bahwa berkurang artinya menjadi lebih sedikit
o Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 39
|
Siswa menjawab secara lisan tanpa menggunakan perhitungan matematika
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan guru berkaitan :
- bertambah banyak artinya menjadi lebih banyak
- berkurang artinya menjadi lebih sedikit
memeperhatikan, bekerjasama dengan teman sebangku
Mengerjakan latihan 1 hlm. 39
|
50
| |||
3. Penutup
o Menugaskan untuk mengerjakan soal yang diberikan guru
o Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu : Kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Indikator
o Menggunakan simbol +, - dan = dalam menyelesaikan masalah
C. Materi Essensial
- Menggunakan simbol +, - dan =. Hlm. 41
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menjelaskan masalah sehari-hari terkait dengan penjumlahan dan pengurangan
|
Mencatat indikator
|
5
|
2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan contoh soal hlm 41
o Memperkenalkan kata kunci untuk penambahan (+) yaitu dikumpulkan, digabung, diberi lagi, memebeli lagi, meminjam lagi, datang lagi dan seterusnya.
o Memperkenalkan kata kunci untuk pengurangan (–) yaitu diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi, lari, terbang.
o Memperkenalkan simbol = untuk menyatakan hasilnya
o Menugaskan mnegerjakan latihan 1. Hlm. 43
|
Memperhatihan soal hlm. 41
Mempelajari kata kunci untuk :
- penambahan (+) yaitu dikumpulkan, digabung, diberi lagi, memebeli lagi, meminjam lagi, datang lagi dan seterusnya.
- pengurangan (–) yaitu diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi, lari, terbang.
Mengerjakan latihan 1
|
50
|
3. Penutup
o Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar penjumlahan dan pengurangan pertemuan ketiga dan keempat
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Indikator
o Menghitung penjumlahan dua bilangan
C. Materi Essensial
- Penjumlahan dua bilangan tanpa menyimpan, Hlm. 44
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengarahkan murid utnuk menemukan penjumlahan yang dibawa dari cerita ringan yang berisi penjumlahan benda kongkret
|
Mencatat indikator
|
10
|
2. Kegiatan Inti
o Mengajarkan penjumlahan gambar benda, kemudian penjumlahan lambang bilangan
- menjumlahkan dengan bilangan satu
- menjumlahkan dengan bilangan bukan satu
- menjumlahkan dua bilangan yang sama nilainya
o Menugaskan mengerjakan latihan 1, 2 hlm. 45
o Menjelaskan permainan pasanganselanjutnya menugaskan mengerjakan latihan 5 dan 6
o Guru memeberikan pertnyaan lisan pada murid untuk menghitung secara cepat.
o Menugaskan mengerjakan latihan 7 dan 9
|
Memperhatikan guru, mengenai
- menjumlahkan bilangan satu
- menjumlahkan dengan bilangan bukan satu
- menjumlahkan dua bilangan yang sama nilainya
mengerjakan latihan 1 s.d 6
murid langsung menulis hasil penjumlahan dibuku tulisnya
mengerjakan latihan 7 s.d 10 dan latihan mencongak
|
100
|
3. Penutup
o Menugaskan untuk mengerjakan :
- latihan 3, 4 Hlm. 46, 47
- latihan 8 dan 10
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar penjumlahan dan pengurangan pertemuan kelima, keenam dan ketujuh
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu : Kelima s.d ketujuh / 6 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Indikator
o Menghitung penjumlahan tiga bilangan
o Menghitung pengurangan dua bilangan
C. Materi Essensial
- Penjumlahan tiga bilangan satu angka secara berurutan. Hlm. 57
- Pengurangan dua bilangan tanpa teknik meminjam. Hlm. 62
- Pengurangan tiga bilangan satu angka secara berurutan Hlm. 71
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
| |
Pendidik
|
Peserta didik
| |
1. Pendahuluan
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
15
|
2. Kegiatan Inti
o Menjelaskan contoh soal hlm. 57
o Menugaskan mengerjakan latihan 1. Hlm. 58
o Guru menggunakan pendekatan penjumlahan kongkret, dilanjutkan dengan semi kongkret/gambar dan terakhir abstrak yaitu memakai lambang bilangan
o Menugaskan mengerjakan latihan 2 dan 3
o Mengerjakan mencongak
o Mengajarkan pengurangan dua bilanagan:
- Mengurangkan dua bilangan satu angka
- Mengenal bilangan nol melalui pengurangan
o Mengerjakan latihan 1 s.d 5
o Menjelaskan contoh pengurangan tiga bilangan, selanjutnya menugaskan mnegerjakan latihan 1 Hlm. 71
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan guru.
mengerjakan tugas dari guru
mengerjakan latihan 2 dan 3
Siswa menemukan sendiri konsep pengurangan
Mengerjakan ltihan 1 s.d 7
Sisa menggunakan alat bantu untuk menghitung, misalnya jari tangan, dan lidi
|
150
|
3. Penutup
o Menugaskan untuk mengerjakan latihan 4 Hlm. 61 dan latihan 6 dan 7
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
15
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
rpp matematika kelas 1 sekolah dasar dengan bab penjumlahan dan pengurangan dengan delapan kali pertemuan dengan kompetensi dasar melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan kompetensi
dasar melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. semoga bermanfaat.
Loading...
EmoticonEmoticon