loading...
loading...
Bagi sahabat - sahabat guru sd kelas 3 yang menggunakan rpp kurikulum 2013 sd, dibagian bawah artikel ini menyajikan contoh rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 dengan tema pekembangbiakan hewan dan tumbuhan yang saya jadikan satu antara pertemuan 1 dan ke dua. Silahkan diambil atau hanya sekedar di baca untuk menambah pengetahuan.
rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pertemuan 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 1 : Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Menunjukkan sikap meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas hidup sehat.
2.2.1 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab untuk hidup sehat melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2.1 Mengidentifikasi isi teks tentangpetunjuk cara perkembangbiakanhewan.
3.2.2 Menuliskan tahapanperkembangbiakan hewan.
4.2.1 Menjelaskan cara perkembangbiakan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.
4.2.2 Menceritakan hasil diskusi tentang cara perkembangbiakan hewan.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menunjukkan sikap menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.1 Menunjukkan sikap tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1.1 Membaca dan menuliskan bilangan1.000-10.000 secara panjang (ribuan,ratusan, puluhan dan satuan)
4.2.1 Merumuskan cara membaca lambang bilangan 1.000-10.000.
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni.
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menunjukkan sikap memuji atas kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1.1 Menunjukkan sikap berani dalam mengekpresikan diri dalam berkarya seni.
2.3.1 Menunjukkan sikap kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni.
3.1.1 Mengidentifikasi karya seni gayadekoratif.
4.1.1 Menjiplak untuk membuat polagambar dekoratif buatan sendiri diatas media kertas.
4.1.2 Mewarnai pola gambar dekoratifbuatan sendiri.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks tentang cara perkembangbiakan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dengan benar.
¡ Dengan kegiatan ekplorasi alam sekitar, siswa dapat mengelompokkan cara hewan berkembang biak dengan benar.
¡ Setelah mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan tahapan perkembangbiakan dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan perbedaan di setiap tahapan perkembangbiakan dengan benar.
¡ Dengan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan bentuk dan rupa antara induk dan anak hewan dengan benar.
¡ Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
¡ Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
¡ Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan cara membaca lambang bilangan dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar dan penjelasan tentang gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan benar.
¡ Dengan mengamati contoh, siswa dapat menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif dengan benar.
¡ Dengan mengamati contoh, siswa dapat mewarnai pola gambar dekoratif dengan rapi.
D. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang perkembangbiakan hewan.
¡ Mengidentifikasi cara berkembang biak hewan.
¡ Menulis tahapan perkembangbiakan ayam.
¡ Menulis nama dan lambang bilangan.
¡ Membuat pola dan mewarnai gambar dekoratif.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi jenis hewan. (Mengamati)
¡ Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan tentang pengalaman melihat hewan tersebut. (Mengekplorasi)
¡ Siswa membaca teks yang menjelaskan berbagai cara perkembangbiakan hewan.
¡ Hewan memiliki cara berkembang biak yang berbeda-beda. Ada hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur.
¡ Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya. (Mengekplorasi)
¡ Siswa mengamati hewan yang ada di sekitar sekolah (Mengamati)
¡ Siswa menuliskan nama-nama hewan yang ditemui di sekitar sekolah
¡ Siswa berdiskusi untuk mengelompokkan hewan berdasarkan cara berkembang biak. Hasil diskusi dituliskan pada buku masing-masing. (Mengekplorasi)
¡ Siswa mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam. (Mengamati)
¡ Siswa berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam. (Mengekplorasi)
¡ Siswa mengamati perubahan pada setiap tahapan.
¡ Perubahan yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna, ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya yang bisa diamati.
¡ Siswa menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.
¡ Siswa diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda baca yang benar.
¡ Siswa bekerja secara berkelompok. (Mengasosiasi)
¡ Siswa mencari beberapa contoh induk dan anak hewan yang memiliki rupa dan bentuk yang sama juga yang berbeda. (Mengekplorasi)
¡ Berapa lama perbedaan itu terjadi pada tahapan perkembangan hewan.
¡ Siswa menuliskan hasil diskusi di buku masing-masing.
¡ Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi. (Mengasosiasi)
¡ Siswa saling memeriksa dan membandingkan hasil pendataan dari setiap kelompok.
¡ Siswa membaca informasi tentang adanya perbedaan sebutan untuk induk dan anak hewan pada suatu daerah. (Mengamati)
¡ Siswa mencari tahu tentang hal tersebut pada daerah lainnya.
¡ Siswa mengenal manfaat dan pentingnya keberadaan hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat banyak, maka perlu hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda. Untuk menghasilkan hewan yang banyak dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan, dapat memenuhi kebutuhan manusia akan daging, telur atau hasil ternak lainnya. (Mengamati)
¡ Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
¡ Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan. (Menanya)
- Angka 1 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat ribuan, dan bernilai 1.000.
- Angka 2 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat ratusan, dan bernilai 200.
- Angka 5 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat puluhan, dan bernilai 50.
- Angka 0 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat satuan, dan bernilai 0
- Lambang bilangan 1.250 dibaca seribu dua ratus lima puluh.
¡ Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan sesuai contoh. (Mengasosiasi)
¡ Siswa berlatih menemukan cara yang paling mudah dalam membaca lambang bilangan ribuan. Lalu menuliskan pada tempat yang tersedia.
¡ Siswa mengamati berbagai benda yang memiliki motif hewan yang ada di sekitar. (Mengamati)
¡ Siswa mengamati berbagai jenis gambar dekoratif dengan motif hewan.
¡ Siswa menggambar dekoratif hewan, menggambar hewan yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya aslinya. Bentuk dan warna pada gambar dekoratif terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan gambar aslinya masih tampak. (Mengekplorasi)
¡ Siswa berlatih menggambar dekoratif. Untuk mempermudah, siswa mencari bentuk hewan yang ingin digambar dari majalah bekas atau surat kabar. Siswa menggunting gambar hewan tersebut, lalu menjiplak dan mengguntingnya kembali sehingga menjadi sebuah pola. Gunakan pola tersebut untuk alat bantu menggambar hewan.
¡ Siswa memberi hiasan sesuai imajinasinya.
¡ Siswa juga bisa menggambar langsung bentuk hewan tanpa kegiatan menjiplak.
¡ Siswa menceritakan hasil karya melalui kegiatan menulis. Cerita berisi gambaran tentang gambar yang dibuat, alasan memilih gambar tersebut, dan hal lainnya yang ingin diceritakan. (Mengkomunikasikan)
¡ Siswa bercerita secara bergantian
¡ Cerita bisa berdasarkan daftar pertanyaan yang ada pada buku
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
G. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ” Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar berbagai hewan yang mencakup induk serta anaknya.
¡ Pola gambar hewan untuk dijiplak.
¡ Alat mewarnai.
¡ Karton.
¡ Gunting.
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
| |||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
| |||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
AGUNG
| ||||||||||||
2
|
HERMA
| ||||||||||||
3
|
……………..
| ||||||||||||
4
|
……………..
| ||||||||||||
5
|
……………..
| ||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a. Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 4 = 8
b. Memasangkan nama dan lambang bilangan
Skor setiap soal 1.
Benar semua 10 x 1 = 10
3. Penilaian Keterampilan
a. Rubrik Menulis Petunjuk Tahapan Perkembangbiakan Ayam
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Kesesuaian isi laporan yang ditulis.
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
|
Penggunaan kalimat yang efektif.
|
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.
|
b. Rubrik Membuat Gambar Dekoratif
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Hasil guntingan
|
Semua bagian bentuk gambar utuh.
|
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
|
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
|
Belum mampu menggunting.
|
Hasil menempel
|
Gambar menempel dengan baik, tidak ada bagian yang terbuka dan tidak ada sisa lem yang tercecer.
|
Hanya dua kriteria yang terpenuhi.
|
Hanya satu kriteria yang terpenuhi.
|
Belum mampu menempel.
|
Variasi hewan yang dibuat.
|
Membuat lebih dari tiga jenis pola hewan/tiga ukuran hewan yang sejenis.
|
Membuat dua sampai tiga jenis pola hewan/dua sampai tiga ukuran hewan yang sejenis.
|
Membuat hanya satu jenis pola hewan/satu ukuran hewan.
|
Belum mampu membuat pola.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pertemuan 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 1 : Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Mengidentifikasi isi teks tentang perawatan kucing.
4.2.1 Menuliskan tata cara merawat hewan
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Mengidentifikasi hak anggota keluarga.
3.2.2 Mengidentifikasi kewajiban anggota keluarga.
4.2.1 Mengelompokkan hak-hak yang telah telah diperoleh di rumah.
4.2.2 Mengelompokkan kewajiban yang telah dilaksanakan di rumah.
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3. 5 Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4. 5 Mempraktikkan pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat).
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1 Mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan
4.5.1 Mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks tentang perawatan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara merawat hewan yang baik melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan benar.
¡ Dengan mengamati kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, siswa dapat menuliskan tata cara merawat hewan yang pernah dilakukan dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan dengan benar.
¡ Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan dengan benar.
¡ Dengan kegiatan membaca teks tentang saling menghargai, siswa dapat mengidentifikasi hak setiap anggota keluarga dengan benar.
¡ Dengan membaca teks tentang saling menghargai, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban setiap anggota keluarga dengan benar.
¡ Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat mengelompokkan hak-hak yang telah diperoleh di rumah dengan benar.
¡ Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat mengelompokkan kewajiban yang telah dilaksanakan di rumah dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Teks tentang perawatan hewan.
¡ Cara merawat hewan.
¡ Memperagakan gerak hewan.
¡ Hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang perkembangbiakan.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa membaca dan mengamati isi teks bacaan. (Mengamati)
¡ Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan kembali isi teks yang sudah dibaca. Teks berisi tentang petunjuk perawatan hewan peliharaan dan proses perkembangbiakan.
¡ Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks. (Menanya)
¡ Perwakilan siswa berbagi pengalaman merawat hewan peliharaan. Siswa menyampaikan tahapan dan kebutuhan alat untuk merawat hewan.
¡ Siswa berlatih menuliskan petunjuk perawatan hewan. Siswa dapat menuliskan petunjuk perawatan secara umum atau khusus, misalnya tahapan memandikan hewan dimulai dari membasahi badan, menambahkan sabun, dan mengeringkan badan atau menjelaskan kegiatan merawat hewan secara garis besar. (Mengekplorasi)
¡ Siswa menulis pada tempat yang tersedia.
¡ Siswa melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas.
¡ Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi gerakan kucing. (Mengamati)
¡ Perwakilan siswa memperagakan gerak yang akan di pelajari. Siswa pertama-tama tidur terlentang. Lalu, siswa mengangkat kakinya satu persatu. Siswa menahan kakinya untuk beberapa saat. Setelah itu, siswa mengangakat tangannya ke atas dan menahannya. Setelah kedua kaki terangkat, lalu taruh bola di atas kedua tangan atau kedua kaki. Teman-teman yang lain menghitung untuk mengetahui berapa lama siswa dapat melakukan gerakan tersebut. (Mengkomunikasikan)
¡ Seluruh siswa mencoba melakukan gerakan tersebut secara berkelompok.
¡ Siswa saling mengamati dan membandingkan kemampuan dalam melakukan kegiatan tersebut. (Mengamati)
¡ Setelah selesai, siswa diminta untuk melakukan pendinginan, dapat dengan cara duduk sambil meluruskan kaki atau mengatur pernafasan sampai badan kembali terasa rileks. (Mengekplorasi)
¡ Kegiatan diakhiri dengan berdiskusi tentang pengalaman melakukan aktivitas fisik tersebut. Lalu, menyampaikan hal lain yang ingin mereka ketahui tentang gerak kucing atau hewan lainnya yang dapat ditiru untuk dijadikan latihan fisik dalam bentuk permainan.
¡ Siswa menuliskan pertanyaan tentang hal lainnya yang ingin diketahui tentang kucing untuk meningkatkan kemampuan bertanya. (Menanya)
¡ Siswa menuliskan pertanyaan pada tempat yang tersedia.
¡ Siswa mengamati teks pada buku yang sudah dibaca pada awal kegiatan.
¡ Siswa berdiskusi mengapa anak kucing Siti ada yang berwarna putih, hitam, dan juga hitam putih, padahal induknya berwarna putih. Hal ini kemungkinan induk jantan berwarna hitam, namun tidak tampak dalam gambar. (Mengekplorasi)
¡ Siswa menuliskan hasil diskusi pada tempat yang tersedia. (Mengasosiasi)
¡ Siswa membaca teks dan mengamati isi teks.
¡ Siswa mengidentifikasi hak dan kewajiban setiap anggota keluarga. (Mengekplorasi)
¡ Siswa mengamati kejadian sehari-hari, lalu mengelompokkan hak-hak yang sudah diperoleh dan kewajiban yang sudah dilaksanakan di rumah. (Mengamati)
¡ Siswa membentuk kelompok sebanyak 5 orang
¡ Siswa berdiskusi tentang hak dan kewajiban dalam keluarga (Mengekplorasi)
¡ Masing-masing anggota siswa menuliskan hasil diskusi pada buku masing-masing (Mengasosiasi)
¡ Kegiatan dilanjutkan dengan mengidentifikasi hak dan kewajiban yang sudah mereka terima atau lakukan di rumah.
¡ Setelah siswa memahami dan mengidentifikasi mengenai hak dan kewajiban, siswa berlatih untuk mengevaluasi diri sendiri tentang pelaksanaan kewajiban bersikap tertib saat berdiskusi, sebagai implementasi dari pelaksanaan kewajiban di sekolah. (Mengasosiasi)
¡ Siswa menilai diri sendiri dengan cara menjawab pertanyaan yang ada pada buku.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
G. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ” Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar yang menunjukkan kebisaan kucing.
¡ Gambar induk dan anak hewan yang memiliki kemiripan bentuk dan rupa sejak lahir.
¡ Gambar induk dan anak hewan yang memiliki perbedaan bentuk dan rupa sejak lahir.
¡ Matras atau alas untuk melakukan kegiatan olahraga.
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
| |||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
| |||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
ZAENAL
| ||||||||||||
2
|
TEGUH
| ||||||||||||
3
|
……………..
| ||||||||||||
4
|
……………..
| ||||||||||||
5
|
……………..
| ||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a. Menjawab pertanyaan sesuai teks tentang perawatan hewan.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 7 / 1,4 = 14 / 1,4
b. Mengidentifikasi hak dan kewajiban.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.
c. Mengelompokkan hak dan kewajiban.
Skor setiap soal = 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.
3. Penilaian Keterampilan
a. Rubrik Menulis Cara Merawat Hewan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
Kesesuaian isi laporan yang ditulis.
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta
|
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
|
Penggunaan kalimat yang efektif.
|
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.
|
b. Rubrik Menyampaikan Pendapat
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Kelancaran dalam menyampaikan pendapat.
|
Menyampaikan seluruh pendapat dengan lancar.
|
Setengah atau lebih bagian pendapat disampaikan dengan lancar.
|
Kurang dari setengah bagian pendapat disampaikan dengan lancar.
|
Belum mampu menyampaikan pendapat.
|
Kepercayaan diri dalam bercerita.
|
Tidak terlihat ragu-ragu.
|
Terlihat ragu-ragu.
|
Memerlukan bantuan guru.
|
Belum menunjukkan kepercayaan diri.
|
c. Rubrik Melakukan Aktivitas untuk Melatih Kekuatan Otot Lengan dan Kaki
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Kekuatan.
|
Mampu bertahan lebih dari 30 hitungan (30 detik).
|
Mampu bertahan lebih dari 15-20 hitungan (15-20 detik).
|
Mampu bertahan 10 hitungan (10 detik).
|
Belum mampu mengankat kaki dan bertahan.
|
Kebenaran gerakan.
|
Gerakan kaki dan tangan sesuai contoh.
|
Hanya gerakan kaki atau tangan yang sesuai contoh.
|
Dapat melakukan namun gerakan tidak sesuai contoh.
|
Belum mampu melakukan gerakan yang dicontohkan.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Demikian rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pertemuan 1 dan 2 semoga dapat dijadikan referensi yang baik dalam memberikan pelajaran kepada peserta didik. Sehingga apa yang menjadi terget pembelajaran tentang perkembangbiakan hewan dan tumbuhan dapat tercapai sesuai dengan harapan, guru, sekolah dan pemerintah.
Loading...
EmoticonEmoticon