cara mengobati sering buang air kecil untuk pria dan wanita - alfa singasari

cara mengobati sering buang air kecil untuk pria dan wanita

loading...
loading...
cara mengobati sering buang air kecil untuk pria dan wanita - Sering buang air kecil bisa disebabkan terlalu banyak minum, karena kondisi medis tertentu ataupun karena cuaca yang dingin yang tidak boleh disepelekan. Normalnya setiap orang buang air kecil dalam waktu sehari adalah 4-8 kali atau kurang lebih 1-1,8 liter. Namun, sebagian orang bisa buang air kecil melebihi frekuensi tersebut, bahkan perlu bangun di malam hari untuk buang air kecil.

penyebab sering buang air kecil
penyebab sering buang air kecil dan obatnya


Berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan seringnya buang air kecil serta gejala lain yang mungkin menyertainya, yaitu:
  1. Infeksi saluran kemih. Ingin selalu buang air kecil yang tidak dapat ditahan serta diiringi demam dan rasa tidak nyaman atau nyeri pada area perut dapat menjadi pertanda infeksi saluran kemih.
  2. Kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder). Kondisi di mana otot kandung kemih berkontraksi tiba-tiba secara tidak terkontrol sehingga menyebabkan keinginan untuk buang air kencing walaupun kandung kemih belum penuh urine.
  3. Infeksi ginjal. Selain sering buang air kecil, gejalanya antara lain sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, diare, demam, serta gemetaran.
  4. Batu ginjal. Ini merupakan batu mineral yang terbentuk di dalam kandung kemih ketika urine terkonsentrasi. Gejala lainnya adalah kencing yang keluar sedikit-sedikit disertai rasa nyeri, bangun tidur di malam hari untuk kencing, sakit pada perut bagian bawah, terdapat darah pada urine atau warna urine berubah gelap maupun keruh.
  5. Kehamilan. Pada awal kehamilan, uterus akan tumbuh dan menekan kandung kemih, sehingga menyebabkan sering buang air kecil.
  6. Diabetes. Sering buang air kecil dengan jumlah urine yang tidak normal seringkali merupakan gejala diabetes. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urine.
  7. Gangguan prostat. Pembesaran prostat dapat menekan uretra atau saluran kemih dan menutup aliran urine. Hal ini menyebabkan dinding kandung kemih mengalami iritasi. Akibatnya, kandung kemih menjadi mudah berkontraksi bahkan ketika hanya ada sedikit urine, sehingga sering muncul rasa ingin buang air kecil.
  8. Mengonsumsi obat-obatan diuretik, yaitu obat untuk tekanan darah tinggi atau penimbunan cairan di ginjal. Obat ini akan membuang cairan berlebih di dalam tubuh, mengakibatkan keinginan buang air kecil secara terus menerus.
  9. Stroke atau penyakit saraf. Kerusakan pada saraf yang berkaitan dengan fungsi kandung kemih dapat memicu seringnya buang air kecil.
  10. Divertikulitis atau peradangan pada dinding usus besar. Gejalanya yaitu rasa nyeri yang berawal dari pusar dan bergerak ke perut bagian bawah, demam, sering buang air kecil yang disertai rasa nyeri saat kencing, dan pendarahan dari dubur.
  11. Faktor psikologis. Salah satunya adalah kecemasan berlebihan yang berlangsung lama. Misalnya kekhawatiran tentang keuangan, pekerjaan, sekolah, atau keluarga, tapi tidak dapat menjelaskan penyebabnya secara spesifik (gangguan cemas menyeluruh). Gejala selain sering buang air kecil yaitu jantung berdebar-debar, berkeringat, otot tegang, sulit tidur, mudah terkejut, mudah marah, sulit konsentrasi, gemetaran, mual, diare, sakit punggung, serta sakit kepala.

obat alami untuk sering buang air kecil 

berikut ini adalah cara untuk mengobati sering buang air kecil yang dapat anda coba dan praktekan dirumah sendiri,
  • Hati-hati dengan menu makanan Anda

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kandung kemih Anda. Hal ini pada akhirnya bisa mempengaruhi fungsi yang sama. Makanan seperti cokelat, makanan pedas, kafein dan tomat pada dasarnya telah terbukti memiliki efek pada kandung kemih Anda. Jadi sebaiknya batasi asupan makanan tersebut. Pada saat yang sama, pastikan untuk mengkonsumsi serat dalam jumlah tinggi pada menu makanan Anda karena sembelit dapat menyebabkan kandung kemih terlalu aktif.
  • Asupan cairan

Sangat penting untuk minum 8-10 gelas air putih setiap hari. Namun, Anda juga perlu berhati-hati bahwa Anda tidak boleh mengkonsuminya terlalu berlebihan. Hal ini akan menyebabkan efek sering buang air kecil. Pilih juga minuman dengan cairan yang tepat. Hindari minuman soda, kopi, teh dan alkohol.
  • Yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt segar setiap hari dapat menyelamatkan diri dari terlalu seringnya bolak balik ke kamar mandi. Yoghurt mengandung sifat antibakteri yang membantu mencegah adanya bakteri dan membantu melawan infeksi.
  •  Latihan kegel

Latihan kegel adalah obat untuk membantu menyembuhkan buang air kecil yang berulang. Duduklah dalam posisi berlutut dan kencangkan otot-otot panggul Anda. Tarik otot pada hitungan tiga, tahan selama tiga hitungan dan kemudian secara perlahan-lahan kendurkan otot-otot. Lakukan beberapa kali dan secara bertahap meningkatkan jumlah set. Hal ini akan membantu memperkuat otot-otot panggul Anda dan memberi Anda kontrol lebih baik atas kandung kemih Anda.
  • Konsumsi jus cranberry dan daun kemangi

Minum segelas jus cranberry segar setiap hari. Ini membantu melawan infeksi; terutama apabila Anda mengalami infeksi saluran kemih. Selain jus cranberry, dapat juga menggunakan pilihan lain seperti mencampur jus kemangi dengan madu dan konsumi minuman kemangi yang telah dicampur dengan madu setiap hari pada waktu perut kosong. Jus ini juga membantu melawan infeksi saluran kencing.
  • Konsumsi horse grams yang dipanggang

Horse Gram dianggap sebagai obat yang hebat untuk mengobati keluhan buang air kecil, karena kaya akan kalsium molibdenum, zat besi dan polifenol dengan kapasitas antioksidan yang tinggi. Anda dapat memanggang horse gram sedikit dan mengonsumsinya dengan jaggery. Terus konsumsi ini selama beberapa hari untuk hasil yang terbaik.
  •  Konsumsi biji wijen

Sebuah sumber yang kaya vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang efektif adalah biji wijen. Biji wijen dicampur dengan jaggery adalah obat yang sangat efektif untuk mengendalikan kelebihan aliran urin.



Sering buang air kecil adalah masalah yang normal tapi juga bisa mempengaruhi aktivitas seseorang. Hal ini juga dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya. dengan artikel penyebab sering buang air kecil dan obatnya ini semoga dapat membantu anda dalam Pengobatan rumah setidaknya dapat membantu Anda akan rasa mengganggu yang dikarenakan seringnya buang air kecil. Jika masalah terus berlanjut, kunjungi dokter medis lebih awal. Pengobatan dan pencegahan lebih awal lebih baik dari apapun juga.
Loading...


EmoticonEmoticon