kegiatan ekonomi masyarakat, materi ips kelas 4 - alfa singasari

kegiatan ekonomi masyarakat, materi ips kelas 4

loading...
loading...
kegiatan ekonomi masyarakat, materi ips kelas 4 - kegiatan ekonomi masyarakat adalah aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat dengan tujuan ekonomi, yaitu memperoleh hasil untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari dalam menjalani kehidupan. yang merupakan materi pelajaran kelas 4 sekolah dasar.

1. Bentuk Kegiatan Ekonomi Masyarakat


kegiatan ekonomi masyarakat, materi ips kelas 4
Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bentuk kegiatan ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam tersebut antara lain : pertanian, peternakan, perikanan, perindustrian dan kerajinan.
a. Pertanian
Sebagian besar masyarakat yang tinggal di pedesaan bekerja sebagai petani. Para petani mengolah sumber daya tanah menjadi lahan pertanian. Hasil pertanian terutama bahan makanan, seperti padi, jagung, ketela, ubi, kacang, kedelai, lombok, terong, semangka dan sebagainya.
b. Peternakan
Banyak warga masyarakat mengelola sumber daya hewan dengan beternak. Misalnya ternak ayam, itik, burung puyuh, kambing, kerbau, sapi, kuda, dan sebagainya. Hewan ternak dibuatkan kandang khusus. Pada saat-saat tertentu hewan tersebut digembalakan. Itik digembala ke sawah dan sungai. Kambing, kerbau, sapi, dan kuda digembala di padang rumput. Hasil peternakan bermacam-macam antara lain: telur, daging, susu, dan kulit. Ternak sapi, kerbau, dan kuda bisa dimanfaatkan tenaganya. Misalnya kerbau untuk membajak sawah, sapi untuk menarik gerobag, kuda untuk menarik delman atau andong.
c. Perikanan
Penduduk yang pekerjaannya mencari ikan disebut nelayan. Para nelayan menangkap ikan di laut. Sebagian lagi ada yang menangkap ikan di sungai dan danau. Di samping itu ada juga penduduk yang melakukan budidaya ikan di kolam air tawar dan tambak. Hasil perikanan laut, misalnya teri, tongkol, cakalang, kakap, dan sebagainya. Perikanan air tawar menghasilkan ikan mas, lele, nila, mujair, gurami, dan tawes. Sedangkan hasil tambak, yaitu udang dan bandeng.
d. Perindustrian
Perindustrian pada umumnya terdapat di daerah pinggiran perkotaan. Tidak sedikit warga masyarakat yang bekerja di perindustrian. Kegiatan industri, yaitu mengolah bahan mentah menjadi bahan baku,
seperti industri kayu lapis mengolah kayu menjadi triplek (kayu lapis). Bahan mentah ialah semua bahan yang diperoleh dari sumber daya alam. Bahan baku adalah barang-barang mentah yang sudah diolah tetapi belum siap dipakai. Ada pula industri yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi, seperti industri roti mengolah tepung menjadi roti. Selain itu juga ada industri yang mengolah bahan mentah langsung menjadi barang jadi, seperti industri sepatu mengolah kulit menjadi sepatu. Barang jadi ialah barang-barang hasil industri siap pakai. Ada beberapa anggota masyarakat melakukan kegiatan industri dengan modal kecil. Industri semacam ini disebut industri kecil atau industri rumah tangga. Misalnya industri tahu tempe, industri genteng, industri mainan anak, industri jamu gendhong dan sebagainya. Sebutkan beberapa industri rumah tangga di sekitar tempat tinggal kalian!
e. Kerajinan
Kerajinan adalah mengolah barang menjadi barang yang lebih berguna atau bernilai seni. Misalnya rotan dijadikan kursi, tanah liat dijadikan vas bunga, dan sebagainya. Orang yang membuat barang kerajinan disebut perajin. Barang-barang buatan para perajin tersebut dijual. Hasil penjualan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Pengaruh Kondisi Alam terhadap Kegiatan Ekonomi

Daerah pemukiman baik pedesaan maupun perkotaan memiliki ketampakan alam yang beranekaragam. Ada yang berupa dataran rendah, dataran tinggi, dan pantai suhu udaranya juga bermacammacam, ada yang panas ada yang sejuk. Kondisi alam seperti itu memengaruhi kegiatan ekonomi penduduk. Mata pencaharian penduduk menyesuaikan dengan kondisi alam.
a. Dataran rendah
kegiatan ekonomi masyarakat, materi ips kelas 4
Dataran rendah dan petani
Daerah dataran rendah banyak dialiri sungai, tanahnya gembur, dan suhu udaranya panas. Pada umumnya penduduk di pedesaan
melakukan kegiatan pertanian dengan cara bersawah, budidaya ikan dan beternak itik. Sedangkan di bagian perkotaan sebagian besar melakukan kegiatan perdagangan dan industri.







b. Dataran tinggi
kegiatan ekonomi masyarakat, materi ips kelas 4
Daerah dataran tinggi berupa tanah pegunungan dan berbukit-bukit. Penduduk yang berada di pedesaan bekerja di
perkebunan. Mereka menanam tanaman industri, antara lain: teh, kopi, kina dan kakau. Selain itu juga ada yang menanam sayuran dan bermacam-macam bunga. Karena udaranya sejuk dan segar, banyak penduduk di wilayah perkotaan mendirikan usaha perhotelan dan tempat peristirahatan.



aktivitas yang dilakukan untuk tujuan menghasilkan barang - barang ekonomi sering disebut dengan kegiatan ekonomi, yang dimasukkan kedalam materi kelas 4 sekolah dasar sebagai pengetahunan
Loading...


EmoticonEmoticon