tips menghilangkan bau mulut dengan bahan alami - alfa singasari

tips menghilangkan bau mulut dengan bahan alami

loading...
loading...
tips menghilangkan bau mulut dengan bahan alami - Bagi sebagian orang kesehatan mulut selalu dinomor duakan disamping kesehatan lain, tapi tak banyak orang mengetahui ternyata mulut merupakan organ yang berperan vital bagi kesehatan tubuh. Kesehatan mulut tak hanya sekedar untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih serta  kuat saja, namun menjaga kesehatan mulut itu artinya ikut menjaga kesehatan seluruh badan, karena mulut merupakan gerbang masuknya segala macam benda asing ke dalam badan.
Banyak orang yang belum mengetahui, ternyata banyak penyakit berawal dari mulut, pada umumnya orang hanya mengetahui bahwa penyakit mulut hanyalah pada gigi dan gusi saja. padahal dari sinilah sumber bersarangnya tumpukan penyakit. 
tips menghilangkan bau mulut dengan bahan alami
image : pixabay.com

Penyebab Bau Mulut

setidaknya ada 6 penyebab bau mulut lain yang perlu anda diketahui :

  • Bakteri

Perlu diketahui bahwa mulut adalah tempat yang disukai bakteri. Mikroorganisme ini bersembunyi disela - sela gigi serta permukaan lidah. Saat bakteri-bakteri ini mulai berkembang biak dan menumpuk mereka bisa mengeluarkan racun serta bau yang tidak sedap.
  • Tonsil
Lubang yang ada pada tonsil (amandel) disebut crypts adalah salah satu  biang keladi halitosis. Pada buatan-buatan jaringan limfe di tonsil yang membengkak dapat menyebabkan sisa makanan terselip, atau bahkan kuman sehingga menimbulkan bau tidak sedap.
  • Makanan beraroma tajam dan kebiasaan buruk
Makanan seperti bawang putih, durian, serta ikan juga bisa menimbulkan bau mulut, meskipun kita sudah membersihkannya dengan menyikat gigi. Begitu juga dengan kebiasaan - kebiasan buruk yang dilakukan tiap harinya seperti merokok, yang juga menimbulkan napas menjadi bau.
  • Gangguan perut
Ada kalanya gangguan di perut serta usus dapat menimbulkan bau mulut, terutama ketika tak sengaja bersendawa. Diet yang rendah karbohidrat dapat menyebabkan ketosis, pembakar lemak didalam tubuh yang akan menimbulkan bau juga.
  • Penyakit
Bau mulut juga dapat menjadi pertanda akan adanya penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, infeksi penyakit sinusitis kronis, penyakit diabetes, gangguan ginjal, dan lever, serta asam refluks kronis.
  • Mulut kering
Kurangnya minum air serta  mulut dalam keadaan kering merupakan kontributor dari penyebab penyakit bau mulut. Sebab itulah, ketika bangun dari  tidur di waktu pagi hari  bau mulut kita kurang sedap. Bau ini akan hilang setelah kita membersihkan mulut dengan sikat gigi dan minum air.

Beberapa jenis makanan penyebab bau mulut kurang sedap adalah :
tips menghilangkan bau mulut dengan bahan alami

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan bau mulut mejadi tidak sedap, yang berasal dari beberapa makanan yang sering dikonsumsi tiap harinya.

Bawang-bawangan
Jenis bawang merah dan bawang putih merupakan salah satu jenis makanan yang bisa memicu bau mulut kurang sedap. Hal ini diakibatkan dari bau dari senyawa belerang yang terdapat di dalam bawang akanmenempel dalam waktu lebih yang relatif lebih lama di dalam mulut serta bisa juga terserap ke dalam aliran darah yang mengakibatkan bau tidak enak saat sedang bercakap - cakap.

Kopi dan alkohol
Jenis minuman sejenis kopi serta alkohol juga  salah satu jenis makanan yang bisa menimbulkan bau kurang sedap dan sebagai salah satu pemicu dari pertumbuhan bakteri. Minuman seperti kopi dan alkohol juga membuat mulut menjadi kering.

Kurang menjaga kebersihan mulut
Menggosok gigi merupakan bagian dari menjaga kebersihan mulut. Tapi, apabila kegiatan ini jarang di lakukan dapat di golongkan menjadi faktor penyebab bau mulut. Dan hal inilah yang akan membuat kalian merasa tidak pede.
Kebersihan itu sangat penting sekali bagi semua orang, agar sesuatu penyakit tidak terjadi pada diri Anda. serta selain dengan membersihkannya, dalam memakan makanan pun juga harus selalu dihati - hati. Bau yang timbul pada mulut ini, bisa di alami oleh siapa saja, bagi yang mempunyai sifat malas atau cuek terhadap dirinya sendiri.

Makanan Penghilang Bau Mulut

Berikut ini merupakan makanan yang dapat membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap, Misalnya beberapa makanan penghilang bau mulut adalah :

1. Air putih
Air putih adalah salah satu minuman yang sehat serta membantu menghilangkan bau mulut serta menghilangkan bakteri di dalam mulut. selain itu air putih juga bisa membantu memicu naiknya produksi air liur di dalam mulut yang akan bekerja sebagai salah satu zat pembersih alami di dalam mulut.

2. Mengunyah beberapa jenis rempah-rempahan
Jenis rempah-rempahan yang sangat bagus untuk bau mulut contohnya: seperti peterseli, daun ketumbar, spearmint, tarragon, kayu putih, dan rosemary,serta  buah kapulaga. Selain dengan memakannya disaat keadaan masih mentah, Anda juga bisa meraciknya dan kemudian diseduh kedalam wujud teh. Disamping itu rempah ini juga  membantu untuk menjadikan mulut lebih segar. 

3. Mengonsumsi yoghurt sekali dalam sehari
Manfaat yoghurt  dalam membantu mengurangi dan menghilangkan bau hidrogen sulfida yang ada di dalam mulut, yoghurt juga dapat menambah bakteri baik di dalam mulut serta dapat membantu mengurangi jumlah plak atau juga jumlah dari karang gigi. Dengan demikian dapat dipastikan gusi akan lebih sehat, konsumsilah yoghurt yang tak mengandung gula.
4. Konsumsi buah-buahan dan sayuran renyah
seperti buah apel, wortel, dan seledri. Makanan ini memiliki serat yang tinggi untuk membantu mencegah bau mulut yang disebabkan  karang gigi.

DEMIKIANLAH CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT DENGAN BEBERAPA MAKANAN DAN CARA ALAMI YANG BISA DICOBA SEBAGAI ALTERNATIF PENGHILANG BAU MULUT YANG DIALAMI.
Loading...


EmoticonEmoticon