titik pijat refleksi untuk sakit gigi berlubang - alfa singasari

titik pijat refleksi untuk sakit gigi berlubang

loading...
loading...
titik pijat refleksi sakit gigi berlubang - Sekitar dua hari yang lalu, Ibu yudi marah - marah ketika Didi yang merupakan tetangga sebelah rumah membunyikan musik terlalu keras. pada awalnya Didi tidak tau apa masalahnya sampai Ibu Yudi sampai segitu marahnya, padahal biasanya tidak ada yang mempermasalahkan ketika dia sedang menikmati musik kesukaanya. Sehari berselang Didi pun tau penyebab Ibu Yudi marah kepadanya" ternyata oh... ternyata Ibu Yudi lagi sakit gigi. Ketika mendengar suara yang keras sakitnya langsung kambuh. Tidak hanya kali ini saja Ibu Yudi mengalami sakit gigi, sebenarnya sudah lama dia mengeluh sakit gigi tetapi kadang sembuh dan kadang kumat lagi. Mendengar hao ini saya langsung googling mencari obat alami keluarga sakit gigi berlubang. setelah mencari dengan teliti akhirnya saya mempunyai kesimpulan tentang penyebab dan obat sakit gigi yang bisa dicoba, langsung saja saya beritahu Ibu Yudi tentang resep ini. Dengan senang hati Ibu Yudi mencoba resep yang saya kasih dan ternyata hasilnya juga memuaskan, berdasarkan pengalaman ini saya mencoba berbagi kepada sahabat bloger tentang penyebab sakit gigi, macamnya dan obatnya yang dijamin ampuh mujarab dan mustajab.

1. Apa itu sakit gigi

sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja, dari balita, anak -anak, remaja, orang tua maupun para manula. tetapi apakah sahabat tahu apa itu sakit gigi. Sakit gigi adalah ketika ada rasa nyeri didalam atau disekitar gigi dan gerahang, ada kalanya terasa cenat - cenut dan tidak tertahankan.
titik pijat refleksi untuk sakit gigi berlubang

2. Penyebab Sakit Gigi

Penyebab sakit gigi cukup beragam dan variatif. Di dalam gigi terdapat pulpa gigi. Pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari susunan gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf - saraf sensitif. Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Penyebab radang bisa bermacam-macam, di antaranya:
  • Pembusukan gigi (kondisi ini kerap diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang).
  • Penumpukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal).
  • Penyusutan gusi.
  • Gigi retak.
  • Tambalan yang rusak (pada gigi yang pernah ditambal).

Selain radang pulpa gigi, ada sejumlah kondisi lain yang bisa menyebabkan gejala nyeri menyerupai sakit gigi, di antaranya:
  • Sinusitis.
  • Abses periodontal.
  • Cedera pada sendi temporomandibular (sendi yang menghubungkan rahang dengan tengkorak kepala).
  • Pembengkakan gusi atau gusi pecah akibat gigi tumbuh.
  • Tukak gusi.
  • Tumbuh gigi (biasanya dialami oleh bayi dan anak-anak).
Rasa nyeri pada gigipun bervariatif, dari biasa saja ( ringan) yang kadang muncul dan seketika sembuh sendiri, dan ada rasa nyeri yang parah ( akut ) yaitu rasa nyeri yang sangat dan berlangsung tanpa henti bisa seharian bahkan lebih. rasa nyeri gigi bisa bertambah parah jika penderita memakan atau meminum makanan yang terlalu dingin ataupun terlalau panas, serta kondisi cuaca yang sangat dingin dapat menyebabkan rasa nyeri yang semakin parah.

3. Obat Sakit Gigi tradisional

Bagi sahabat bloger yang mengalami sakit gigi dan butuh resep hasil buatan sendiri maka anda bisa mencoba membuat sendiri obat sakit gigi yang dijamin ampuh mujarab dan mustajab berikut ini ;

a. mengobati sakit gigi di Rumah

Bagi sahabat bloger yang belum berniat memeriksakan diri ke Dokter bisa mencoba hal berikut ini :
  • Membersihkan sela-sela gigi
  • Berkumur dengan menggunakan air hangat.
  • Mengoleskan minyak cengkeh pada gigi atau gusi yang sakit.
  • Mengoleskan obat antiseptik mengandung benzocaine pada gigi atau gusi yang sakit.
  • Mengompres pipi dengan kompres dingin apabila sakit gigi disebabkan oleh trauma pada gigi.
  • Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek (misalnya ibuprofen, paracetamol, atau aspirin). Sebagai peringatan, obat-obatan ini tidak boleh dipakai dengan cara ditaruh langsung di gusi karena bisa merusak jaringan gusi. Selain itu, aspirin tidak boleh diberikan pada anak usia di bawah 16 tahun.

b. Mengobati Sakit Gigi Dengan Ramuan Buatan Sendiri

1. Minyak dari Tempurung Kelapa

Caranya yaitu :
Tempurung kelapa yang sudah tua, belah lalu bakar tanpa menggunakan plastic atau pun minyak agar tak terkontaminasi dengan bahan kimia. Selanjutnya, setelah tempurung menyala sempurna dan tampak sudah mengeluarkan minyak, matikan dengan cara dikipas atau ditiup, tapi jangan menggunakan air. Nah, selagi masih panas, minyak yang tampak keluar anda ambil menggunakan kapas.Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan cukup menempelkan kapas pada bagian gigi yang sakit. Dan agar cara alami ini dapat bekerja dengan baik maka sebaiknya gunakan agak banyak, ya tentunya jangan hanyak membakar sedikit tempurung. Hasilnya, dalam beberapa menit saja anda akan merasakan khasiat dari cara menghilangkan sakit gigi dengan bahan ini yang mana rasa sakitnya akan berkurang.

2. Bawang Putih  dicampur Cengkeh dan Garam

Caranya yaitu :
Siapkah ulekan untuk menumbuk atau menghaluskan bahan yang disebut di atas, yakni bawang putih yang telah dikupas, cengkeh sebanyak satu suing, serta satu sendok makan garam dapur.Selanjutnya campur semua bahan dalam ulekan lalu hancurkan hingga halus betul yang mana hasil akhirnya nanti seperti pasta yang padat. Terakhir, tinggal tempelkan langsung pasta bawang putih tersebut pada bagian yang sakit, pastikan pas pada bagian tersebut agar obat sakit gigi ini bekerja dengan baik.Dan sebaiknya lakukan ini antara 3 sampai 4 kali dalam sehari. Ada juga yang menyarankan dimasukkan dalam kain kalau tidak kuat dengan rasanya, tapi cara ini sebenarnya mengurangi khasiat obatnya karena tidak bisa langsung bersentuhan dengan bagian yang sakit. Adapun tips lain pada penggunaan bawang putih ini, yakni dengan menambahkan sedikit minyak zaitun bila pasta yang dihasilkan terlalu kering.


3. Cara Alami dengan Merica dan Garam

penggunaan campuran merica dan garam ini sangat dianjurkan bila gigi terasa sudah sangat sensitive dari penggunaan anti bakteri, analgesic, dan anti-inflammatory. 
Caranya yaitu :
Buat campuran yang seimbang antara merica bubuk dan juga garam halus. Akan lebih baik lagi kalau menggunakan merica yang banyak dijual dalam bentuk sachet lalu tuangkan semua dalam mangkuk kecil lalu masukkan lagi garam dalam jumlah yang sama. Selanjutnya beri air beberapa tetes saja untuk membentuknya seperti pasta yang kental. Terakhir tinggal beri langsung pada bagian gusi atau gigi yang mengalami rasa sakit. Diamkan hingga beberapa menit lalu bilas dengan berkumur. Anda bisa melakukan ini setiap hari hingga beberapa hari atau sampai obat sakit gigi ini menunjukkan khasiatnya yang manjur.

4. Daun Inggu Kering

Caranya yaitu :
Bahan: 2 - 4 gram daun inggu kering dan 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih. Rebus daun inggu kering ke dalam panci yang terisi 2 gelas air sampai mendidih. Saring air dari daunnya, kemudian tunggu hangat dan gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali.

5. Daun Sirih dan Cengkeh

Caranya yaitu :
Bahan: Daun sirih dan cengkeh secukupnya. Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Jika Anda merasa belum mampu membuat ramuan ini, obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih ini bisa Anda beli di pasar.


6. Bawang Putih

Caranya yaitu :
Bahan: Bawang putih (1 butir). Kupas kulit luar bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.
Cara pengobatan 2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

7. Minyak Cengkeh

Caranya yaitu :
Bahan: Minyak cengkeh secukupnya. Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat.

8. Bunga Matahari

Caranya yaitu :
Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).
Cara pengobatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi ini selagi hangat. 

9. Asam Jawa (Obat Penyembuh Karang Gigi)

Caranya yaitu :
Bahan: Biji asam jawa secukupnya. Goreng tanpa minyak (sangrai) biji asam jawa, sehabis itu ditumbuk sampai lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah halus pada kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang.

10. Biji Jarak Cina

Caranya yaitu :
Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas. Giling atau tumbuk biji jarak cina sampai benar-benar halus, seduh dalam satu gelas air panas dan aduk. Saring airnya, tunggu dingin, terakhir gunakan air untuk berkumur.


11. Daun Cengkeh

Caranya yaitu :
Bahan: Daun cengkeh secukupnya. Cuci daun cengkeh, seduh dalam segelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan. Tempel dan gosok kapas pada gigi yang sakit (berlubang).

12. Teh Hangat (Tanpa Gula)

Caranya yaitu :
Bahan: Satu gelas teh hangat tanpa gula. Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

13. Cabe Rawit.

Caranya yaitu :
Bahan: Cabe rawit hijau atau merah secukupnya. Tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Kenai kapas dengan air seduhan cabai rawit, kemudian tempel pada gigi yang sakit. Bisa juga untuk berkumur.

14. Getah Jarak

Caranya yaitu :
Bahan: Getah tanaman jarak secukupnya. Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang, atau bisa juga gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi yang berlubang.

15. Akar Meniran

Caranya yaitu :
Bahan: Akar meniran (5 gram).
Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah.

16. Akar Kangkung

Caranya yaitu :
Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka. Aliri (bersihkan) akar kangkung, kemudian rebus dalam segelas air dan tambahkan 1/2 sdt cuka. Air rebusan yang sudah agak dingin digunakan untuk berkumur.

17. Serai

Caranya yaitu :
Bahan: Sereh atau sirih (40 gram), air matang (2 gelas). Rebus semua sereh dalam 2 gelas air sampai mendidih dan air berkurang satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang.

c. Mengobati Sakit Gigi Dengan Obat Apotik

 1. Antibiotik

Jika dirasa infeksi pada gigi sudah sangat parah, misalnya terjadi pembengkakan yang mengakibatkan munculnya nanah atau pun bentuk pipi yang terlihat membesar karena kelenjar getah bening yang bengkak maka bisa menggunakan beberapa antibiotika ini (dengan rekomendasi dari dokter), seperti sulfonamide atau penicillin atau kapsul tetracycline. Untuk mendapatkan obat tersebut sebaiknya berobat ke dokter gigi atau bisa juga langsung tanyakan ke apoteker di apotik terdekat karena biasanya mereka sudah tau jenis obat yang pas dengan hanya melihat bentuk sakitnya.


2. Non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs)

Jenis obat yang menggunakan bahan NSAIDs seperti Aspirin and Ibuprofen. Keduanya dikenal baik dan cepat menghilangkan rasa sakit pada toothaches (sakit gigi). Obat ini juga direkomendasikan oleh Wikihow dalam webnya. Selain itu, penggunaan Tylenol juga efektif dalam menghentikan rasa sakit.

3. Obat Sakit Gigi Berdasarkan merek

Ada banyak sekali dipasarang jenis obat sakit gigi, hanya saja hanya ada beberapa yang manjur dan ampuh mengobati. Beberapa yang bisa kami rekomendasikan adalah:

a. Super Green Plus SG

Secara brand, ini salah satu yang paling banyak direkomendasikan. Keunggulan dari obat ini adalah karena mampu menyembuhkan atau mengurangi rasa sakitnya hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit saja setelah pemakaian. Selain itu, karena bahannya terbuat dari berbagai bahan herbal alami, seperti nigella sativa atau habbatussaudah, Murraya Paniculata yang sering juga disebut dengan Kemuning, zat dari garam galian, dan berbagai mineral lain yang diyakini ampuh menyembuhkan gigi yang lagi sakit. Dengan bahan alami seperti ini tentunya aman dari efek samping setelah pemakaian. Dan setelah mendapat kesembuhan obat ini juga masih bisa digunakan karena baik untuk upaya pencegahan dari gigi berlubang dan infeksi gusi. Dan yang paling penting dari semua adalah karena produknya telah mendapat ijin dari dinas kesehatan (DEP.KES.RI.NO.PIRT272.100914522)

b. Cataflam 50 Mg – Kalium Diklofenak 

Cataflam termasuk dalam golongan obat NSAID (sudah dijelaskan di atas). Efeknya adalah untuk meringankan nyeri pembengkakan atau inflamasi, selain itu sebagai antipiretik dan nalgesik. Manfaat anti pembengkakan inilah yang menjadikan obat ini salah satu obat sakit gigi yang juga sering digunakan, apalagi yang sudah mengalami bengkak. Efek dari obat ini tergolong cepat sekali. Dan karena ini dosisnya juga harus pas.

Hanya saja jika anda berada dalam salah satu kondisi berikut maka Anda tidak disarankan menggunakannya karena dapat mengakibatkan efek samping, seperti pada penderita penekanan pada sumsum tulang belakang, orang yang pernah menggunakan bypass jantung, alergi pada bahan diclofenat, mempunya luka lambung atau maag (untuk yang tidak terlalu parah bisa asalkan setelah makan), sariawan, kelainan pada pendarahan, sedang dalam kondisi hamil yang sudah memasuki trisemester akhir, dan juga yang mengalami gangguan pada fungsi hati. Sedang anak di bawah umur 4 tahun juga tidak dianjurkan.

c. Antalgin

Sebenarnya ini salah satu obat sakit gigi dengan merek paling lama, bahkan ketika saya masih kecil juga sering menggunakan Antalgin ini. Adapun cara mengkomsumsinya dengan diminum langsung agar bisa bekerja dari dalam.

4. Mengobati Sakit Gigi Dengan pijat Refleksi

Titik Refleksi Sakit Gigi disekitar Wajah

1. I Fung

Titik ini berada di bawah kuping, tepatnya pada cekungan rahang bawah. Setelah melakukan pijitan pada tiitik ini, sebaiknya gerakan gigi dan rahang gigi kita, apabila terasa lebih baik, kita bisa lanjutkan pemijatan pada titik berikutnya agar sakit gigi kita semakin berkurang.

2. Se Pai
Se Pai merupakan titik refleksi yang terletak sekitar selebar ibu jari di bawah tulang yang menonjol di bawah mata. Setelah kita menemukan tulang yang menonjol di bawah mata, kita akan merasakan adanya urat disana. Coba pijat dengan perlahan, dan hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi.

3. Ta Yin

Letak titik refleksi Ta Yin adalah di akar gigi geraham kedua, yaitu pada cekungan gigi yang akan terlihat jika kta menggembungkan mulut kita. Memang saat memijitnyaakan terasa sakit, tetapi jika kita lakuka dengan perlahan, bisa membantu mengurangi sakit gigi.

4. Sia Kuan

Titik refleksi Sia Kuan ini berada di bawah rambut pelipis depan telinga. Pijit secara perlahan menggunakan jari telunjuk, tengah, ataupun jari jempol. Selain bisa membuat sakit gigi berkurang, kita akan merasa lebih rileks.

5. Cia Ce

Titik refleksi ini adalah titik benjolan otot. Cara untuk mengetahui titik ini adalah dengan menggigit keras sesuatu. Apabila terlihat ada benjolan otot, maka itu adalah titik refleksi Sia Kuan.

6. Depan Sudut Tulang Rahang

Memijit pada itik refleksi depan tulang rahang ini dapat mengurangi sakit gigi.

7. Tulang Pipi

Nah, tulang pipii ini merupakan titik refleksi yang dapat dipijat untuk mengurangi sakit gigi juga sakit akibat tegang wajah. Pijat secara perlahan, maka sakit gigi dan ketegangan wajah pun bisa berangsur membaik dan lebih rileks.

Titik Refleksi Sakit Gigi disekitar Tangan

8. He Kuk

Letaknya diantara sudut tulang ibu jari dan telunjuk. Pemijatan ini selain bisa bantu mengurangi sakit gigi, bisa juga mengurangi sakit yang lain.

9. Siku Tangan

Titik ini terletak pada titik saat siku tangan kita ditekuk. Pijat secara perlahan, maka sakit gigi akan berkurang dan lebih rileks.

Titik Refleksi Sakit Gigi disekitar Kaki

10 . Titik ini berda pada jempol kaki. Pijat jempol kaki dengan memijit bagian jempol kaki yang berlawanan dengan posisi daerah gigi yang sakit. Apabila gigi yang sakit adalah pada daerah gigi atas kiri, maka kita pijat jempol kaki bagian bawah kanan. Begitu pula sebaliknya.


4. Tindakan Mencegah Sakit Gigi

Mencegah memang sesuatu yang lebih baik dari pada mengobati. Oleh karena itu, meski gigi Anda saat ini masih sehat, sangat disarankan untuk melakukan langkah pencegahan untuk mengantisipasi sakit gigi. 

Usaha pencegahan tersebut di antaranya:
  • Memeriksakan gigi Anda ke dokter setidaknya dua kali dalam setahun.
  • Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis, misalnya cokelat, kue manis, dan permen.
  • Menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi ber-fluoride.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi.
  • Sebagai tindakan pelengkap sekaligus memastikan mulut terbebas dari bakteri, akhiri tiap menggosok gigi dengan berkumur menggunakan mouthwash, jika perlu.
  • Berhenti atau mengurangi merokok. Selain merusak paru-paru, kebiasaan merokok turut berdampak buruk kepada kesehatan gigi dan mulut.
Demikian obat sakit gigi alami keluarga, semoga yang lagi sakit gigi cepat diberkan kesembuhan. Karena saya juga sudah pernah merasakan betapa sakitnya sakit gigi itu.
atau mungkin tertarik dengan artikel berikut ini :
http://www.khafizinfo.com/2017/08/titik-pijat-refleksi-sakit-gigi-berlubang.html
Loading...


EmoticonEmoticon