rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan - alfa singasari

rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan

loading...
loading...
Bagi sahabat - sahabat guru sd kelas 3 yang menggunakan rpp kurikulum 2013 sd, dibagian bawah artikel ini menyajikan contoh rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 dengan tema pekembangbiakan hewan dan tumbuhan yang saya jadikan satu antara pertemuan 3, 4 dan ke 5. Silahkan diambil atau hanya sekedar di baca untuk menambah pengetahuan.


rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pertemuan 3

rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 1                            :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 2                   :  Perkembangbiakan Tumbuhan
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2    Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2    Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi isi teks tentang cara perkembangbiakan tumbuhan.
4.2.1    Menulis informasi tentang cara berkembang biak tumbuhan.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyelesaikan soal penjumlahan.
4.2.1    Merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.2    Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.7    Menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi irama pada lagu.
3.2.2    Menyanyikan lagu Bungaku.
4.7.1    Bertepuk tangan sesuai irama lagu Bungaku.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

¡  Dengan kegiatan membaca teks tentang cara perkembangbiakan tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi isi teks dengan benar.
¡  kegiatan wawancara, siswa dapat menulis informasi tentang cara berkembang biak tumbuhan dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan soal cerita tentang penyelesaian masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dengan benar.
¡  Dengan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi irama pada lagu dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyanyikan lagu Bungaku dengan benar.
¡  Dengan bernyanyi, siswa dapat bertepuk tangan sesuai irama lagu Bungaku dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN

¡  Lagu Bungaku.
¡  Menyelesaikan soal penjumlahan.
¡  Mengenal cara berkembang biak dengan tunas.
¡  Menuliskan hasil pengumpulan informasi tentang perkembangbiakan dari tunas.

E.      METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Perkembangbiakan Tumbuhan”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali tentang daur hidup tumbuhan dan menyampaikan bagian yang paling indah adalah bunga. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mengamati lagu Bungaku dan berlatih menyanyikannya sambil bertepuk tangan sesuai irama lagu. (Mengamati)
¡  Bernyanyi sambil bertepuk tangan. (Mengekplorasi)
a. Siswa dibagi menjadi dua kelompok besar.
b. Kelompok pertama bertugas menyanyikan lagu dan kelompok kedua bertugas bertepuk tangan.
c.  Kegiatan dilakukan secara bergantian.
¡  Siswa berlatih, lalu tampil secara bergantian baik secara kelompok ataupun perorangan, tergantung kondisi yang paling memungkinkan.
¡  Siswa berlatih menyelesaikan soal penjumlahan dan mewarnai. (Mencoba)
a. Siswa akan menyelesaikan semua soal penjumlahan terlebih dahulu.
b. Siswa mencocokkan hasil penjumlahan dengan kode warna.
c.  Bagian-bagian bunga akan diwainai sesuai dengan kode warna yang sesuai dengan hasil penjumlahannya.
¡  Siswa bersama-sama memeriksa hasil pekerjaan, dan saling memperbaiki atau menjelasakan jika masih ada siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal tersebut. (Mengasosiasi)
¡  Siswa mengamati teks tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan tunas.
¡  Jika memungkinkan ajak siswa untuk mengamati langsung anakan dari sebuah tumbuhan pisang atau cocor bebek. (Mengamati)
¡  Siswa saling bertanya atau mencari tahu informasi tentang perkembangbiakan dengan tunas atau mencari narasumber yang dapat menjelaskan tentang hal ini. (Menanya)
¡  Sebelum melakukan wawancara, siswa menuliskan terlebih dahulu pertanyaan yang ingin diajukan kepada narasumber.
¡  Siswa menuliskan informasi tentang tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas yang didapatkan pada tempat yang tersedia. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa berbagi informasi tentang perkembang-biakan tumbuhan dengan tunas, lalu mendata temuan informasi tentang nama-nama tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas sebagai tambahan informasi. (Mengekplorasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk   perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

G.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ” Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gambar berbagai tumbuhan dan cara berkembang biak, khususnya tunas.

H.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
AGUNG












2
HERMA












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4


2.    Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Menjawab soal penjumlahan pada setiap bagian bunga
Skor setiap soal 10.
Benar semua 1 x 10 = 10

3.    Penilaian Keterampilan
a.  Rubrik Bernyanyi sambil Bertepuk Tangan

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penguasaan lagu.
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah mendapat bimbingan guru.
Menyanyi dengan nada yang kurang tepat walaupun telah mendapat bimbingan guru.
Kemampuan bertepuk tangan sesuai irama.
Konsisten bertepuk tangan sesuai irama yang tepat tanpa bimbingan guru

Terkadang kurang konsisten bertepuk tangan sesuai irama yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten bertepuk tangan sesuai irama yang tepat walaupun telah mendapat bimbingan guru.
Bertepuk tangan dengan irama yang kurang tepat walaupun telah mendapat bimbingan guru.

b.  Rubrik Menulis Informasi
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih   dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun   kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

Kesesuaian isi laporan yang ditulis.

Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Semua isi teks   belum sesuai.

Penulisan.

Penulisan kata   sudah tepat.

Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
Penggunaan kalimat yang efektif.
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Terdapat lebih   dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Semua kalimat   menggunakan kalimat kurang efektif.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................


CONTOH rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pertemuan 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 1                            :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 2                   :  Perkembangbiakan Tumbuhan
Pembelajaran                :  4
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2    Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2    Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Membandingkan cara berkembang biak tumbuhan.
3.2.2    Menuliskan tahap perkembangbiakan tumbuhan.
4.2.1    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila.
4.1.1    Menyampaikan pendapat tentang sikap pengamalan sila pertama Pancasila.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi gerak lokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan.
4.1.1    Mempraktikkan gerak lokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

¡  Dengan membaca, siswa dapat membandingkan cara berkembang biak tumbuhan dengan benar.
¡  Dengan mengeksplorasi alam, siswa dapat menuliskan tahap perkembangbiakan tumbuhan bawang merah dengan benar.
¡  Dengan bermain, siswa dapat mengidentifikasi gerak lokomotor yang ada pada permainan Cabut Ubi dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam permainan Cabut Ubi dengan benar.
¡  Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila dengan benar.
¡  Dengan berdiskusi, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang sikap pengamalan sila pertama Pancasila dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN

¡  Teks tentang perkembangbiakan dari umbi-umbian.
¡  Membandingkan jenis umbi.
¡  Permainan cabut ubi.
¡  Mengidentifikasi sikap saling menghargai terhadap perbedaan.

E.      METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Perkembangbiakan Tumbuhan”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali cara perkembangbiakan tumbuhan. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru menunjukkan berbagai umbi-umbian yang dibawa, lalu meminta siswa menyebutkan nama umbi-umbian tersebut.
¡  Siswa berdiskusi tentang rasa, cara mengolah, dan hal lain terkait umbi-umbian tersebut. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati berbagai umbi-umbian dan hasil olahannya. Lalu berdiskusi bagaimana cara berkembang biak umbi-umbian tersebut. (Mengamati)
¡  Siswa membaca teks tentang informasi cara berkembang biak umbi-umbian tersebut yang ada pada buku. (Mengamati)
¡  Siswa mencoba membandingkan dan menemukan persamaan serta perbedaan dari berbagai jenis umbi. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menyampaikan hasil perbandingannya secara bergantian. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mengamati bentuk bawang merah, lalu mencoba mencari tahu, mengapa bawang disebut umbi lapis. Untuk menjawab hal ini, berikanlah bawang kepada siswa untuk diamati.
¡  Siswa mengidentifikasi jenis bawang yang merupakan umbi lapis. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berlatih memainkan permainan tradisional, yaitu Cabut Ubi.
a. Siswa dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu putra dan putri.
b. Setiap kelompok harus menentukan pegangan seperti pohon atau tiang.
c.  Setiap kelompok menentukan penjaga bertindak menjadi seorang petani yang akan memanen ubi di kebunnya.
d. Anggota lain akan duduk sambil berpegangan erat satu sama lain. Berpegangan pada pinggang teman yang ada di depannya. Anggota kelompok ini menggambarkan kumpulan ubi yang siap di panen.
e. Petani akan mencabut ubi satu persatu sampai terlepas. Jika semua ubi telah terlepas, maka kegiatan dapat diulang dengan mengganti peran petani oleh siswa lainnya.
¡  Siswa mengamati berbagai makanan olahan dari umbi-umbian.
¡  Siswa berlatih menentukan sikap yang harus dilakukan saat menemui perbedaan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menceritakan pengalaman saat berbeda pendapat dengan teman. Selanjutnya, siswa menceritakan sikap apa yang diambil dalam situasi tersebut. (Mengkomunikasikan)
¡  Saat siswa bercerita adalah saat terbaik untuk mengarahkan dan meluruskan jika sikap yang siswa ambil kurang tepat. Jika sikap yang siswa ambil tepat, maka saat itu adalah saat terbaik untuk menunjukkan contoh yang baik pada siswa lain.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk   perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ” Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Membawa berbagai umbi-umbian, seperti bawang, wortel, ubi, singkong, dan kentang.
¡  Membawa hasil olahan dari umbi-umbian.

H.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
AGUNG












2
HERMA












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Menemukan persamaan dan perbedaan umbi-umbian.
Skor setiap soal 5.
Benar semua 2 x 5 = 10.

3.    Penilaian Keterampilan
a.  Lembar Pengamatan Kegiatan Bermain Cabut Ubi
Kriteria
Kemampuan Menentukan Sikap sebagai Contoh Pengamalan Sila Kelima
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
Siswa mampu mengikuti instruksi.


Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan.


Mampu menirukan gerakan sesuai petunjuk.



b.  Rubrik Menulis Informasi
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pendapat yang dikemukakan

Pendapat tepat, jelas, dan logis.
Pendapat tepat dan logis, namun agak berbelit-belit.
Pendapat kurang tepat.
Pendapat tidak tepat.

Penulisan

Menggunakan huruf besar dan tanda baca yang tepat..
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda baca.
Terdapat lebih   dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda baca.
Mengabaikan penggunaan huruf besar dan tanda baca.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................


CONTOH rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pertemuan 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 1                            :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 2                   :  Perkembangbiakan Tumbuhan
Pembelajaran                :  5
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2    Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2    Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi isi teks tentang perkembangbiakan tumbuhan.
3.2.2    Mengidentifikasi kata-kata baru dari teks arahan yang dibaca.
4.2.1    Membuat kalimat dari kata-kata baru yang diperoleh dari teks arahan yang dibaca.
4.2.2    Menuliskan kembali teks dialog tentang perkembangbiakan tumbuhan.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi hak sebagai siswa di sekolah.
3.2.2    Mengidentifikasi kewajiban siswa di sekolah.
4.2.1    Melaksanakan kewajiban di sekolah.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyelesaikan soal pengurangan.
3.2.2    Merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

¡  Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan benar.
¡  Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kata-kata baru dari teks arahan tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata baru yang diperoleh dari teks arahan yang dibaca dengan benar.
¡  Dengan membaca teks dialog, siswa dapat menuliskan kembali teks dialog tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan benar.
¡  Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi hak sebagai siswa di sekolah dengan benar.
¡  Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai siswa di sekolah dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat melaksanakan kewajiban di sekolah dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan soal cerita pengurangan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN

¡  Mengenal spora melalui teks dialog.
¡  Mengidentifikasi kewajiban merawat tumbuhan.
¡  Mempraktikkan cara merawat lingkungan sekolah.
¡  Berlatih menyelesaikan soal pengurangan.

E.      METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Perkembangbiakan Tumbuhan”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali perkembangbiakan tumbuhan dengan umbi, cara bermain cabut ubi, dan hasil olahan dari umbi-umbian. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa membaca teks tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan spora. (Mengamati)
¡  Beberapa siswa dipilih untuk membacakan teks dialog yang ada pada buku. (Mengasosiasi)
¡  Siswa berdiskusi untuk menemukan informasi apa saja yang ada pada teks dialog tersebut.   Informasi tersebut antara lain bentuk spora. Spora biasanya ditemukan dibagian bawah daun, proses perkembangbiakannya dibantu oleh angin. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati lingkungan sekitar sekolah, dan mencoba menemukan tumbuhan yang berkembang biak dengan spora. (Mengamati)
¡  Jika ada tumbuhan yang berkembang biak dengan spora, siswa diminta mengamati bagian yang disebut spora.
¡  Siswa mencari kata-kata baru dari teks dialog yang dibacanya, lalu mencari arti kata-kata tersebut di kamus. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berbagi informasi tentang arti kata, lalu berlatih membuat kalimat dari kata-kata tersebut. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa berlatih menuliskan dialog menjadi tulisan narasi sebagai penjelasan tentang cara berkembang biak tumbuhan dengan spora dan menggunakan aturan yang diberikan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa membaca teks tentang pelaksanaan kewajiban dalam menjaga lingkungan.
¡  Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca. (Menanya)
¡  Siswa mengamati sifat-sifat baik tokoh yang perlu dicontoh dalam teks dialog yang sudah   dibaca.
¡  Siswa berdiskusi kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dalam rangka menjaga lingkungan.
¡  Siswa berlatih membersihkan lingkungan kelas dan sekolah sebagai praktik dari sikap menjaga lingkungan. (Mengasosiasi)
¡  Siswa berlatih menyelesaikan soal pengurangan yang diberikan guru. Soal berupa pengurangan tanpa teknik meminjam dan juga pengurangan yang menggunakan teknik meminjam.
¡  Siswa berlatih menebak nama salah satu tumbuhan yang berkembang biak dengan spora melalui soal pengurangan. Bilangan tertentu akan mewakili huruf tertentu. Tumbuhan tersebut adalah LUMUT. (Mengekplorasi)
¡  Secara berkelompok, siswa berlatih membuat soal tebak-tebakan yang menggunakan pengurangan. (Mengasosiasi)
¡  Siswa saling memeriksa dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

G.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ” Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kelereng, lidi atau benda lain untuk membantu menyelesaikan soal pengurangan.
¡  Membawa contoh tanaman yang memiliki spora untuk ditunjukkan kepada siswa.

H.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
AGUNG












2
HERMA












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4


2.    Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Menyelesaikan soal pengurangan.
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.

3.    Penilaian Keterampilan
a.  Rubrik Menulis Cerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih   dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun   kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

Kesesuaian isi cerita yang ditulis.

Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan tema cerita.
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan tema cerita.
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan tema cerita.
Semua isi teks   belum sesuai

Penulisan

Penulisan kata   sudah tepat.

Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
Penggunaan kalimat yang efektif

Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Terdapat lebih   dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Semua kalimat   menggunakan kalimat kurang efektif.

b.  Lembar Pengamatan Kegiatan Diskusi
Kriteria
Kemampuan Berdiskusi
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
Siswa terlibat aktif dalam diskusi.


Siswa menyampaikan pendapat.


Siswa mampu menerima pendapat orang lain dengan baik.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

CONTOH rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pertemuan 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 1                            :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 2                   :  Perkembangbiakan Tumbuhan
Pembelajaran                :  6
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2    Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2    Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi isi teks tentang cara berkembang biak tumbuhan.
3.2.2    Mencari arti di kamus untuk kata-kata baru yang ditemui dari teks arahan yang dibaca
4.2.1    Membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemui dari teks arahan yang dibaca

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi hak sebagai anggota keluarga.
3.2.2    Mengidentifikasi kewajiban sebagai anggota keluarga.
4.2.1    Menyampaikan pendapat tentang kewajiban sebagai anggota keluarga.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyelesaikan soal pengurangan.
4.2.1    Merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan.


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

¡  Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang cara berkembang biak tumbuhan dengan benar.
¡  Dengan menggunakan kamus, siswa dapat menemukan kata-kata baru yang ditemui dari teks arahan yang dibaca dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemui dari teks arahan yang dibaca dengan benar.
¡  Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi hak sebagai anggota keluarga dengan benar.
¡  Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai anggota keluarga dengan benar.
¡  Dengan berdiskusi, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang kewajiban sebagai anggota keluarga dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan.

D.     MATERI PEMBELAJARAN

¡  Materi tentang teknik pencangkokan.
¡  Mencari definisi kata baru dari kamus.
¡  Mengidentifikasi kewajiban di rumah.
¡  Menyelesaikan soal pengurangan.

E.      METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Perkembangbiakan Tumbuhan”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Siswa bersama-sama mengulang materi sebelumnya dan menyimpulkan bahwa perkembangbiakan melalui tunas, umbi, dan biji adalah cara perkembangbiakan alami. Selain perkembangbiakan alami, ada perkembangbiakan secara buatan atau perkembangbiakan yang dibantu oleh manusia.Salah satu contohnya, yaitu pencangkokan. (Mengasosiasi)
¡  Siswa membaca teks tentang proses pencangkokan yang ada pada buku. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya. (Menanya)
¡  Siswa mengidentifikasi kata-kata baru yang ditemuinya. Selanjutnya, siswa mencari artinya dalam Kamus Bahasa Indonesia. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru cara mencari kata dalam Kamus Bahasa Indonesia. Kata-kata yang ada dalam kamus, disusun berdasarkan abjad. Huruf A-Z, dan diikuti Aa..Ab..dst. (Mengamati)
¡  Siswa berlatih terlebih dahulu menentukan kata yang akan lebih dahulu muncul dalam kamus. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berlatih mencari arti kata yang baru ditemuinya menggunakan kamus.
¡  Siswa berlatih membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemuinya.
¡  Siswa membaca teks, lalu mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga di rumah berdasarkan teks yang dibacanya. (Mengamati)
¡  Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks.
¡  Siswa memberikan tanggapan atau pendapat tentang sebuah situasi. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa berlatih menyelesaikan soal pengurangan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa juga berlatih membuat soal yang berkaitan dengan pengurangan.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit


G.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ” Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kamus Besar Bahasa Indonesia.


H.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
AGUNG












2
HERMA












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4


2.    Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a.  Menjawab pertanyaan sesuai teks.
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.
b.  Menjawab pertanyaan tentang sikap yang harus dilakukan.
Skor setiap soal 10.
Benar semua 3 x 10/30 = 10.
C.    Menjawab pertanyaan tentang soal pengurangan
Skor setiap soal 2,5.
Benar semua 4 x 2,5 = 10.

3.    Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Menggunakan Kamus
Nama Siswa
Kemampuan Menggunakan Kamus
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
Sultan Haykal


Aisy Anindya


dst……….



J.      REMEDIAL
1.    Mengulang materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat bantu.
2.    Berlatih mendeskripsikan benda yang dapat diamati langsung, tidak dari gambar.

K.     KEGIATAN ALTERNATIF (PENGAYAAN)
1.    Kunjungan ke perkebunan yang menggunakan teknik mencangkok.
2.    Mengamati langsung tanaman yang memiliki spora, tunas, dan umbi.


L.      REFLEKSI GURU
1.    Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
2.    Siswa mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus?
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
3.    Hal-hal apa saja yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan?
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
4.    Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan lebih efektif?
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

Demikian rpp kurikulum 2013 sd kelas 3 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pertemuan 3, 4 dan 5 semoga dapat dijadikan referensi yang baik dalam memberikan pelajaran kepada peserta didik. Sehingga apa yang menjadi terget pembelajaran tentang perkembangbiakan hewan dan tumbuhan dapat tercapai sesuai dengan harapan, guru, sekolah dan pemerintah.
Loading...


EmoticonEmoticon