perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar - alfa singasari

perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar

loading...
loading...
pada kali ini ada materi tentang pelajaran ipa kelas 6 tentang perkembangbiakan tumbuhan yang akan saya share secara lengkap dengan gambar dan keterangan yang lengkap. yang dapat dijadikan bahan acuan dalam menyampaikan materi ipa kelas 6 dengan baik kepada anak sekolah dasar.

Perkembangbiakan Tumbuhan biji
Semua makhluk hidup di alam ini melakukan perkembangbiakan. Pernahkah kamu memperhatikan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar lingkunganmu? Pertambahan jumlah hewan dan tumbuhanterjadi melalui proses perkembangbiakan. Berkembang biak adalah terbentuknya individu baru yang sama jenisnya dengan individu yang menghasilkannya. Contohnya seekor induk ayam menghasilkan anak ayam. Tujuan perkembangbiakan yaitu untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punah. Tumbuhan dibedakan menjadi tumbuhan berbiji dan tumbuhan tidak berbiji.

1. Perkembangbiakan Tumbuhan Berbiji
Perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji dapat terjadi dengan dua cara, yaitu: 
a. secara kawin (generatif)
b. secara tak kawin (vegetatif)

a. Perkembangbiakan tumbuhan generatif

Perkembangbiakan generatif terjadi pada tumbuhan yang mempunyai bunga. Perkembangbiakan generatif diawali dengan proses penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik. Penyerbukan diikuti dengan pembuahan. Proses pembuahan merupakan perkembangan bakal buah menjadi buah dan biji.


perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Perhatikan bagian-bagian bunga pada gambar disamping ini.
Bagian-bagian bunga:
1. Dasar bunga
2. Kelopak bunga
3. Mahkota bunga
4. Putik
5. Benang sari






Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri dari bakal buah, bakal biji, tangkai putik, dan kepala putik. Perhatikan gambar di berikut ini ini.
perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri dari kepala sari dan tangkai sari.
perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
     No. Jenis penyerbukan      Keterangan
  1. Penyerbukan sendiri    Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari bunga yang sama. 
  2. Penyerbukan tetangga  Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari bunga yang berbeda tetapi masih satu tanaman.
  3. Penyerbukan silang    Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari tanaman yang berbeda tetapi masih satu jenis.
  4. Penyerbukan bastar     Jika serbuk sari yang jatuh di ata kepala putik berasal dari tanaman yang berbeda, masih satu jenis tapi beda varietas.
    perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Umumnya penyerbukan pada bunga dibantu oleh serangga, misalnya lebah dan kupu-kupu. Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh serangga biasanya memiliki mahkota bunga berwarna cerah. Warna mahkota bunga yang indah berfungsi untuk menarik perhatian serangga. Selain itu, tanaman juga memiliki kelenjar madu yang merupakan makanan bagi serangga. Perantara penyerbukan lainnya yaitu manusia dan angin. Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh manusia, misalnya Vanili. Sedangkan tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh angin, misalnya tanaman jagung dan rumput-rumputan. Tanaman jagung dan rumput-rumputan memiliki serbuk sari yang banyak, kecil, dan ringan. Serbuk sarinya yang ringan mudah diterbangkan oleh angin.

b. Perkembangbiakan tumbuhan vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif merupakan perkembangbiakan secara tak kawin. Perkembangbiakan ini dapat terjadi secara alami dan buatan.


1) Perkembangbiakan tumbuhan vegetatif alami

Tunas pada cocor bebek merupa kan tunas daun. Tunas ini tumbuh pada ketiak daun. Tunas daun juga terdapat pada kaktus.

(a) Tunas
perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Perkembangbiakan pada pisang terjadi dengan tunas. Batang yang ada di dalam tanah akan membentuk tunas. Contoh lain tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah bambu dan tebu.









(b) Tunas daun
perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar

Tunas pada cocor bebek merupa kan tunas daun. Tunas ini tumbuh pada ketiak daun. Tunas daun juga terdapat pada kaktus.










(c) Umbi lapis
Umbi lapis merupakan umbi yang berlapis-lapis dan tumbuh tunas di tengahnya. Umbi lapis baru yang berasal dari ketiak terluar akan tumbuh membentuk tunas. Tunas ini disebut siung.
Contohnya bawang merah.

(d) Umbi batang
Perkembangbiakan pada umbi batang misalnya terdapat pada kentang dan ubi jalar. Tunas dapat tumbuh pada beberapa tempat (pada mata tunas).

(e) Umbi akar
Umbi akar merupakan bagian akar yang membesar karena berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Umbi akar dapat tidak mempunyai
tunas dan tidak berbuku-buku. Tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar, misalnya wortel, dahlia, dan singkong.

(f) Akar tinggal (rhizoma)
Perkembangbiakan dengan akar tinggal mirip dengan tunas. Tunas pada akar tinggal merupakan batang yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Ciri akar tinggal adalah bentuknya mirip akar, tetapi berbuku- buku seperti batang. Contohnya terdapat pada kunyit, lengkuas, dan temulawak.

(g) Geragih atau stolon
Geragih atau stolon merupakan batang yang tumbuh menjalar di atas atau bawah tanah. Geragih di atas permukaan tanah contohnya terdapat pada arbei dan semanggi. Sedangkan geragih di bawah permukaan tanah contohnya terdapat pada rumput teki.

2) Perkembangbiakan  tumbuhan vegetatif buatan

(a) Okulasi atau menempel
perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar

Okulasi yaitu menempelkan batang yang memiliki tunas pada pohon lain yang sejenis. Tanaman yang diambil tunasnya biasanya memiliki keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain tanamannya lebih kuat, buahnya lebih besar, dan tahan penyakit. Contohnya okulasi tanaman singkong karet dengan singkong biasa.

(b) Mengenten atau menyambung
perkembangbiakan tumbuhan lengkap gambar, materi ipa kelas 6 sekolah dasar

Mengenten yaitu menyambung satu batang tanaman dengan batang bawah tanaman lainnya. Contohnya dilakukan pada tanaman rambutan dan tanaman ace binjai.









(c) Stek
Pembiakan dengan stek yaitu dengan cara memotong batang tanaman induk yang telah tua. Potongan batang tersebut harus mempunyai buku, agar dapat tumbuh. Contoh: stek batang singkong dan tebu.

(d) Mencangkok
Pembiakan dengan mencangkok hanya dapat dilakukan pada tumbuhan dikotil. Langkah awal mencangkok yaitu menghilangkan sebagian kulit batang serta kambiumnya. Setelah kambium hilang, batang ditutup dengan tanah. Dengan perawatan yang baik, bagian atas kulit batang yang disayat akan tumbuh akar. Kemudian, bagian batang tersebut dipotong dan ditanam dalam tanah. Contohnya pada pohon mangga, durian, dan rambutan.

(e) Merunduk
Merunduk yaitu menimbun bagian cabang yang tumbuh memanjang di permukaan tanah. Bagian cabang yang tumbuh memanjang dibenamkan di bawah tanah. Bagian yang terbenam tanah ini dapat tumbuh akar baru. Contoh: anggur, apel, alamanda, dan anyelir.

Perkembangbiakan Tumbuhan Tidak Berbiji

Perkembangbiakan pada tumbuhan tidak berbiji merupakan perkembangbiakan vegetatif. Cara perkembangbiakannya, antara lain:

a. Membelah diri

Tumbuhan yang berkembang biak secara membelah diri, disebut tumbuhan belah. Contoh: ganggang biru. Tumbuhan belah hanya dapat diamati dengan mikroskop dengan perbesaran 1000 kali.

b. Spora

Perkembangbiakan dengan spora terjadi pada jamur, tumbuhan paku, dan lumut.

Makhluk hidup berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punah. Tumbuhan berbiji berkembang biak secara generatif dan vegetatif  Bunga merupakan alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan berbiji. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Sedangkan benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Perkembangbiakan generatif diawali dengan proses penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik Perkembangbiakan vegetatif dibedakan menjadi vegetatif alami dan vegetatif buatan.  Perkembangbiakan pada tumbuhan tidak berbiji antara lain dengancara membelah diri dan spora.

pada kali ini ada materi tentang pelajaran ipa kelas 6 tentang perkembang biakan tumbuhan yang akan saya share secara lengkap dengan gambar dan keterangan yang lengkap. yang dapat dijadikan bahan acuan dalam menyampaikan materi ipa kelas 6 dengan baik kepada anak sekolah dasar.

Loading...


EmoticonEmoticon