istri yang baik - alfa singasari

istri yang baik

loading...
loading...
istri yang baik - Banyak fakta tak terbantahkan bahwa banyak hak -hak istri yang sering diabaikan oleh para suami. Padahal jika kita lihat, percikan konflik dalam rumah tangga berakar dari diabaikannya hak - hak istri / suami oleh pasangan mereka. apakah istrimu orang yang baik, lalu apa yang merupakan hak - hak istri yang harus ditunaikan oleh suami???????

apakah istrimu orang yang sangat baik

berbahagialah jika memang istrimu adalah orang yang baik hatinya, akhlaknya, sikapnya, sehingga mampu membawa kedamaian dalam rumah tangga, Apakah kamu seorang suami yang baik pula?? apakah kamu telah menunaikan hak istri kamu atas dirimu, wahai suami.........
dan berikut ini adalah hak istri dalam islam.
berikut adalah penjelasannya :
istri yang baik

  • MENDAPAT MAHAR

Dalam pernuikahan seorang lelaki wajib menyerahkan mahar kepada wanita yang dinikahinya. hukum mahar wajib dengan dalil ayat Allah SWT. di dalam surat An - Nisa ayat 4. yang artinya

" Berikanlah mahar kepada wanita - wanita yang kalian nikahi sebagai pemberian dengan penuh kerelaan."

dan juga An - Nisa ayat 24, yang artinya:

" .......berikanlah kepada mereka ( istri - istri kalian ) maharnya dengan sempurna sebagai suatu kewajiban."

  • SEORANG SUAMI HARUS BERGAUL DENGAN ISTRINYA SECARA PATUT ( MA'RUF ) DAN DENGAN AKHLAK MULIA.

Allah SWT. berfirman dalam surat An - Nisa : 19 yang artinya :

" Bergaullah kalian dengan para istri secara patut. Bila kalian tidak menyukai mereka maka bersabarlah karena mungkin kalian tidak menyukai sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak."

dan juga Hadist Rosulullah, berikut ini :

" Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan sebaik - baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri - istrinya." (HR. At - Tirmizi no. 1162 lihat Ash - Shahih no. 284).

  • MENDAPAT NAFKAH DAN PAKAIAN

Hak mendapat nafkah dan pakaian ditunjukkan didalam Al Qur'anul Karim, surat Al - Baqarah : 233, yang artinya;

" ........................dan kewajiban seorang ayah untuk memberikan nafkah dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma'ruf."

  • DIBERI TEMPAT UNTUK BERNAUNG / TEMPAT TINGGAL

Sebab seorang istri mau tidak mau harus memiliki tempat tinggal agar ia dapat menutup diri dari pandangan manusia yang tidak halal melihatnya.

  • WAJIB BERBUAT ADIL

Adil disini jika memiliki lebih dari seorang istri, maki seorang suami wajib adil dalam memberikan nafkah, pakaian, tempat tinggal dan waktu bermalam.

  • DIBANTU UNTUK TAAT KEPADA ALLAH SWT, MENJAGANYA DARI API NERAKA DAN MEMBERINYA PENGAJARAN AGAMA

Seperti dadalam surat At -Tahrim : 6, yang artinya :

" Wahai orang - orang yang beriman jagalah didr-diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.................................."

  • MENARUH RASA CEMBURU KEPADANYA

Sa'ad bin 'ubadah pernah berkata mengungkapkan kecemburuannya terhadap istrinya :

" Seandainya aku melihat seorang lali - laki bersama istriku niscaya aku akan memukul laki - laki itu dengan pedang bukan dengan bagian sisinya (yang tumpul)."

Mendengar ucapan Sa'ad yang demikian Nabi tidak mencelanya bahkan beliau bersabda :

" Apa kalian heran dengan cemburunya Sa'ad? Sungguh aku lebih cemburu dari pada Sa'ad dan Allah lebih cemburu daripadaku." (HR. Al - Bukhari dalam kitab An - Nikah, bab Al - Ghirah dan Muslim n0. 3743).

Demikian hah - hak istri dalam islam, semoga kita sebagai seorang suami mampu melaksanakannya. berbahagialah jika istrimu orang yang baik.semoga bermanfaat, dan para suami dapat menunaikan hak istrinya dengan baik.
Loading...


EmoticonEmoticon