rpp kurikulum 2013 kelas 3, perkembangan teknologi pangan - alfa singasari

rpp kurikulum 2013 kelas 3, perkembangan teknologi pangan

loading...
loading...
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd dengan tema perubahan alam sub tema pertama perkembangan teknologi pangan, membutuhkan 6 kali pertemuan pembelajaran. pada pembelajaran pertama ini memiliki kempetensi inti sebanyak 4 kategori dan serta kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran bervariatif sehingga apa yang aka di tuju diakhir pembelajran dapat tercapai dengan baik.

rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam, sub tema perkembangan teknologi pangan pembelajaran ke 1

rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Perubahan Alam
Sub Tema 1                   :  Perkembangan Teknologi Pangan
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.1    Mengelompokkan benda berdasarkan informasi isi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5    Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/pengurangan bilangan sampai dua angka.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1    Mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
4.2.8    Menuliskan kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan penjumlahan.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2    Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.6    Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi sambil bernyanyi.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi pola irama rata lagu bertanda birama enam.
4.6.2    Mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca wacana tentang macam wujud benda di alam, siswa dapat mengidentifikasikan wujud benda berdasarkan teks.
¡  Dengan mengamati benda-benda di sekitar kelas, siswa mengelompokkan benda sesuai dengan wujudnya.
¡  Dengan mengamati contoh pukulan pola irama enam, siswa dapat mengidentifikasikan pola irama lagu bertanda birama enam.
¡  Dengan mempraktekkan pukulan pola irama 6 pada lagu, siswa dapat mengiringi lagu birama 6 dengan menggunakan alat musik ritmis.
¡  Dengan memasangkan dua ekspresi, siswa dapat mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi.
¡  Dengan menuliskan persamaan dua ekspresi, siswa dapat menuliskan kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Wacana tentang macam wujud benda di alam
¡  Mengamati benda-benda di sekitar.
¡  Mengamati pukulan pola irama enam
¡  Mempraktikkan pukulan pola irama 6 pada lagu
¡  Memasangkan dua ekspresi
¡  Menuliskan persamaan dua ekspresi

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Alam”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengarahkan siswa untuk mengamati benda-benda di sekitar kelas. (Mengamati)
¡  Secara berkelompok siswa diarahkan untuk mengelompokkan benda yang ada di sekitar mereka, pengelompokkan dibebaskan.(Mengekplorasi)
¡  Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan pengelompokkan yang mereka lakukan. Misalkan berdasarkan ukuran, fungsi, warna dan sebagainya (bebaskan siswa untuk membuat pengelompokkan). (Mengasosiasi)
¡  Siswa diarahkan membaca wacana yang ada di buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengelompokkan benda berdasarkan wujudnya, yaitu padat, cair dan gas.
¡  Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan terkait wacana dan penjelasan guru sebelumnya. (Menanya)
¡  Siswa mengamati gambar yang ada di buku paket dan mengelompokkan benda–benda yang ada di dalam gambar sesuai dengan wujudnya.
¡  Siswa memeriksa kembali pengelompokkan yang sudah dilakukan pada aktivitas pembuka. (Aktifitas kelompok).(Mengasosiasi)
¡  Siswa berdisikusi untuk mengelompokkan benda yang sudah mereka kelompokkan sebelumnya ke dalam pengelompokkan berdasarkan wujudnya. (Mengekplorasi)
¡  Jika siswa sebelumnya hanya mendapatkan kelompok benda yang berwujud padat, maka siswa diminta untuk melengkapi dengan wujud lainnya.
¡  Setelah melengkapi wujud benda ke dalam kelompoknya, siswa menuliskan benda-benda yang dikelompokkan tersebut ke dalam tabel yang telah disediakan di buku siswa.
¡  Siswa menyimak pengarahan guru tentang sifat benda. Sifat fisik benda adalah segala sesuatu yang dapat mendeskripsikan atau mencirikan benda tersebut dan dapat diamati oleh indra manusia. Segala sesuatu yang bisa dilihat, diraba dan dirasa (jika perlu).(Mengamati)
¡  Siswa berlatih untuk mengidentifikasi sifat fisik benda yang dipilihnya. Misalkan penghapus: berbentuk kotak, berwarna putih, berwujud padat dsb. (Mengekplorasi)
¡  Setelah berlatih siswa melengkapi latihan di buku siswa, yaitu menuliskan wujud dan sifat benda.
¡  Terlebih dahulu siswa menentukan benda yang akan diamati (cukup empat benda).
¡  Kemudian menggambarkan benda tersebut di tabel yang telah disediakan dan menuliskannya wujud serta sifat benda tersebut.
¡  Siswa diarahkan oleh guru untuk memperhatikan penulisan huruf Kapital dan tanda baca titik (.) dengan tepat. Ingatkan siswa bahwa di awal kalimat harus huruf besar dan akhir kalimat di akhiri dengan tanda titik (.).
¡  Siswa diperlihatkan aneka alat musik ritmis.
¡  Siswa mengelompokkan apakah alat musik tersebut masuk kedalam wujud padat, cair atau padat.
¡  Siswa menyebutkan fungsi dari alat musik tersebut (untuk mengiringi lagu), apa perbedaan dengan alat musik melodis.
¡  Guru dapat mengenalkan alat musik ritmis daerah bila ada. Akan lebih baik jika ditunjukkan juga contoh alat musik daerahnya. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mengamati jenis alat musik ritmis yang ada di buku siswa. (Akan lebih baik, jika guru membawa salah satu contoh alat musik ritmis). Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan seputar alat musik ritmis.(Mengamati)
¡  Siswa diarahkan untuk berlatih tepuk birama enam. Tepukan sangat bervariasi, boleh tepukan lemahkuat, ataupun tepukan tangan –tepukan meja ataupun lainya.(Mengekplorasi)
¡  Siswa diperkenalkan simbol yang digunakan di buku siswa, yaitu simbol:
þ = Ketukan kuat/Tepuk meja
ý = Ketukan lemah/Tepuk tangan
Guru menyampaikan bahwa pukulan bisa divariasikan, misalkan menggunakan hentakanan kaki dan tepuk tangan, menggunakan stik pemukul dan tepuk tangan, mengetuk di meja dan kursi.
¡  Keterangan untuk birama 6 adalah sebagai berikut:
• Artinya dalam tiap – tiap batas garis (yang dinamakan 1 birama ) ada 6 ketukan dengan hitungan 1, 2, 3, 4, 5 dan 6
• Pola Ketukan Birama 6 adalah sebagai berikut :

rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam
Ket : K = kuat, L= lemah

Ketukan dapat dibuat lebih bervariasi:
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam
Ket : K = kuat, L= lemah, M=agak kuat
• Beberapa contoh lagu birama 6 selain yang ada dibuku Siswa adalah:
Desaku yang Kucinta , Siapa Penciptamu? Naik-Naik ke Puncak Gunung,
Berdayung, Bungaku, Ibu Guru Kami, dsb.
¡  Siswa membentuk kelompok, dengan menggunakan alat musik yang berasal dari benda-benda yang ditugaskan untuk dibawa sebelumnya (Kaleng bekas, galon minuman dsb). Siswa berlatih tepuk birama 6 mengiringi lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung. (Mengekplorasi)
¡  Setelah berlatih secara berkelompok siswa memperlihatkan kemampuan mengiringi lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung dengan alat musik ritmis.
¡  Kelompok siswa yang menyaksikan kelompok siswa lainnya tampil diarahkan untuk memberikan masukan kepada temannya (apakah cukup kompak, tepukannya sesuai dengan hitungan dsb). (Mengasosiasi)
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan guru memperlihatkan beberapa buah kelereng. (dapat diganti kancing jika tidak ada).(Mengkomunikasikan)
¡  Siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, awali dengan pertanyaan sederhana (ketika membacakan pertanyaan, minta perwakilan siswa untuk mengambil kelereng dengan jumlah yang disebutkan dalam soal): (Mengekplorasi)
     Jika Dayu mempunyai 15 kelereng, kemudian Udin memberi Dayu 5 kelereng lagi. Berapa jumlah semua kelereng Dayu sekarang?
     Beni mengkoleksi 13 kelereng, berapa  kelereng yang harus ditambahkan Beni agar jumlahnya sama dengan yang dimiliki oleh Dayu?
¡  Siswa memberikan pendapatnya bagaimana menyelesaikan soal yang dibacakan oleh guru, perhitungan dapat dilakukan di papan tulis oleh perwakilan siswa. (Mengasosiasi)
¡  Siswa diberikan penjelasan oleh guru terkait teknik menghitung kesamaan dua ekspresi.(Mengkomunikasikan)
Beberapa langkah penyelesaian:
13 + ... = 15 + 5  tahap 1:
Tambahkan terlebih dahulu 15+5
13 + ... = 20  tahap 2:
20 – 13 = 7, maka 13 + 7 = 20
¡  Siswa berlatih untuk menyelesaikan kesamaan dua ekspresi yang ada di buku siswa.(Mengekplorasi)
¡  Siswa menggambarkan dulu berapa benda yang harus ditambahkan di sisi kanan sehingga sisi kanan dan kiri sama banyak.
¡  Siswa menuliskan kalimat matematikanya di bawah soal tersebut.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Benda–benda yang mewakili setiap wujud.
¡  Alat musik ritmis.
¡  Benda-benda di sekitar yang dapat dibuat menjadi alat musik ritmis seperti galon air mineral, kaleng, sendok, botol bekas, dan sebagainya.

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
a. Lembar kerja menggolongkan benda di sekitar berdasarkan wujudnya
b. Menyelesaikan persamaan dua ekspresi

3.    Penilaian Keterampilan :
a. Rubrik mendeskripsikan wujud dan sifat benda
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kemampuan menuliskan deskripsi
Mampu mendeskripsikan sampai 4 kalimat atau lebih.
Mendeskripsikan hanya sampai 3 kalimat
Mendeskripsikan hanya dengan 2 kalimat
Mendeskripsikan hanya dengan satu kalimat
Ketepatan dalam mendeskripsikan benda
Semua deskripsi tepat menggambarkan benda
Hanya 3/4 - ½ deskripsi tepat menggambarkan benda.
Hanya 1/4 - 1/2  deskripsi tepat menggambarkan benda
Kurang dari ¼ deskripsi tepat.
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik(.).
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik(.).
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik(.).

b. Rubrik Penilaian memainkan alat musik Ritmis
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Ketepatan gerakan memukul meja dan bertepuk tangan
Konsisten dalam pergantian.
Cukup konsisten, lebih banyak gerakan yang benar.
Cukup konsisten, lebih banyak kegiatan tertukar.
Tidak konsisten dalam pergantian.
Kestabilan tempo birama enam
Tempo konsisten dan stabil (tempo tetap tidak berubah sepanjang lagu).
Tempo stabil (tempo tetap/ tidak berubah sepanjang waktu).
Tempo kurang stabil (tempo agak berubah dibeberapa bagian lagu).
Tempo tidak stabil (tempo berubah-ubah sepanjang lagu



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam, sub tema perkembangan teknologi pangan pembelajaran ke 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Perubahan Alam
Sub Tema 1                   :  Perkembangan Teknologi Pangan
Pembelajaran                :  2
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.1    Mendemonstrasikan percobaan berdasarkan instruksi tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerahTuhan Yang Maha Esa dilingkungan rumah dansekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan  mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.3    Memberikan contoh hak dalam mengamalkan sila ke-1 sesuai konteks/tema.
4.1.3    Menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama sesuai konteks.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1.   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7    Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.3    Mengidentifikasi gerak dasar lokomotor berbagai bentuk permainan sederhana.
4.1.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca instruksi percobaan melalui teks informatif, siswa dapat mengidentifikasi langkah percobaan.
¡  Dengan melakukan percobaan sifat benda berdasarkan wujudnya, siswa mendemonstrasikan percobaan berdasarkan instruksi.
¡  Dengan membaca wacana tentang ragam agama di Indonesia, siswa dapat memberikan contoh hal pengamalan sila ke 1 Pancasila.
¡  Dengan diskusi kelompok tentang kebebasan beragama, siswa dapat menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama.
¡  Dengan melatih dasar lempar dan tangkap bola, siswa dapat mengidentifikasi gerak dasar lokomotor berbagai bentuk permainan sederhana.
¡  Dengan melakukan permainan bola tangan, siswa dapat mempraktekkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membaca instruksi percobaan melalui teks informatif
¡  Melakukan percobaan sifat benda berdasarkan wujudnya.
¡  Membaca wacana tentang ragam agama di Indonesia
¡  Latihan dasar lempar dan tangkap bola
¡  Mempraktikkan permainan bola tangan



F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Alam”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru mengingatkan kembali tentang wujud benda yang telah dipelajari sebelumnya. Guru membawa contoh wujud benda masing-masing satu ke dalam kelas, contohnya: batu, air dan udara di dalam plastik/Balon. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa menyebutkan wujud benda yang ditunjukkan oleh guru. (Mengekplorasi)
¡  Siswa memberikan contoh benda lainnya yang ia ketahui.
¡  Siswa mengamati penjelasan guru tentang kegiatan hari ini, yaitu akan melakukan percobaan melalui pengamatan tentang sifat benda berdasarkan wujudnya. (Mengamati)
¡  Siswa diingatkan kembali tentang sifat benda yang sudah dipelajari sebelumnya.(Mengkomunikasikan)
¡  Siswa membentuk kelompok untuk percobaan. Terlebih dahulu siswa berdiskusi dalam kelompok untuk memberikan prediksi tentang sifat benda sebelum melakukan percobaan, guru bisa menjelaskan sifat benda yang dimaksud adalah sesuatu yang khas yang membedakan masing-masing wujud, terima semua jawaban siswa, guru mengarahkan siswa agar tidak keluar dari yang dimaksudkan (jawaban bisa bervariasi, misalkan benda padat keras, benda cair tidak bisa digenggam, dsb). (Mengekplorasi)
¡  Siswa menuliskan prediksi sifat wujud benda di buku siswa.
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan percobaan bersama kelompok.
¡  Siswa melakukan percobaan dengan alat dan bahan yang telah ditentukan sebelumnya oleh guru.
¡  Siswa akan melakukan percobaan untuk masing-masing wujud benda.
¡  Siswa mengambil sampel/contoh benda dari lingkungan sekitar, upayakan setiap wujud mempunyai sampel benda untuk diamati.
¡  Masukkan benda tersebut di dalam wadah yang telah ditentukan, yaitu ember, gelas dan kantong plastik.
¡  Siswa mencatat hasil pengamatannya, dengan cara memberikan checklist (ü) di dalam kotak yang tersedia.
¡  Siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari sifat benda yang teramati.(Mengasosiasi)
¡  Percobaan untuk wujud gas, siswa mengisi terlebih dahulu balon dengan meniupkan udara. (sampaikan bahwa mereka sedang mengisi balon dengan udara). Lalu lakukan percobaan seperti yang tertera di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡  Kegiatan diakhiri dengan siswa memeriksa kembali, apakah prediksi yang dibuat sebelumnya sesuai/tidak sesuai dengan hasil percobaan yang dilakukan.
¡  Siswa diarahkan untuk mensyukuri aneka wujud benda di alam yang saling melengkapi. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa memberikan pendapat mereka, apa yang terjadi jika hanya ada benda padat saja di bumi.
¡  Siswa diperlihatkan gambar bangunan tempat peribadatan agama yang diakui di Indonesia.
¡  Guru menjelaskan untuk membangun bangunan tempat peribadatan perlu campuran antara air, pasir dan semen, atau perpaduan antara benda berwujud padat dan cair.
¡  Siswa mengamati gambar yang ditunjukkan oleh guru (Mengamati)
¡  Siswa berdiskusi tentang fungsi gambar bangunan yang diperlihatkan oleh guru.(Mengekplorasi)
¡  Siswa mengerjakan latihan mengisi kolom rumah peribadatan dengan agama yang sesuai.
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa membaca contoh kasus tentang Beni dan teman-temanya yang sedang bermain galasin di halaman. (Mengamati)
¡  Siswa bertukar pendapat dengan siswa lainnya tentang sikap apa yang akan ambil jika mereka berada dalam situasi sebagai Edo.
¡  Siswa menuliskan pendapatnya di tempat yang telah disediakan. (Mengasosiasi)
¡  Siswa dapat menyatakan pendapatnya secara lisan. (Mengkomunikasikan)
¡  Setelah itu siswa diarahkan untuk keluar ruangan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berbaris untuk melakukan pemanasan di bawah bimbingan guru.
¡  Guru menyampaikan tujuan kegiatan hari ini yaitu bermain dengan benda padat yang di dalamnya terisi gas. Siswa diminta untuk menebak benda apakah itu?(Mengkomunikasikan)
¡  Siswa memperhatikan cara melempar dan menangkap bola dengan benar. (Mengamati)
¡  Siswa berbaris berhadap–hadapan mempraktikkan lempar dan tangkap bola.
¡  Siswa mendengarkan pengarahan tentang permainan lempar dan tangkap bola.(Mengkomunikasikan)
a.   Siswa akan dibagi ke dalam dua kelompok besar.
b.   Perwakilan kelompok melakukan suit, yang menang boleh mendapat giliran memegang bola pertama kali
c. Siswa dalam satu kelompok harus bekerja sama untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan.
d.   Bola dioperkan dengan melemparkan bola ke teman dalam satu tim.
e.   Siapa yang berhasil memasukkan bola ke dalam gawang akan mendapatkan 1 poin. Kelompok yang paling banyak mendapatkan poin itu yangmenjadi juaranya.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Berbagai jenis benda berwujud padat, gas dan cair.
¡  Kartu /Poster rumah peribadatan.
¡  Bola.

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
a. Membuat kesimpulan dari percobaan.
b. Tes Tulis operasi hitung campuran di buku siswa.
c. Menghubungkan agama dengan tempat peribadatan yang tepat.

3.    Penilaian Keterampilan :
a. Pengamatan Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda
Penilaian : Rubrik
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Melakukan percobaan dengan hati-hati dan jujur.


Melakukan percobaan sesuai aturan dan instruksi guru.


Saling bekerjasama dan menunjukkan kekompakan dalam melakukan percobaan



b. Menyatakan pendapat siswa tentang sikap toleransi.
Penilaian : Rubrik
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema sikap toleransi
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan tema.
Setengah atau lebih isi teks sesuai dengan tema.
Kurang dari setengah isi teks sesuai dengan tema.
Seluruh isi teks belum sesuai tema.
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat.
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisannya
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta
Menggunakan tanda titik (.) di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.).
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.).
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik (.).

c. Melempar dan menangkap Bola
Penilaian : observasi ( pengamatan)
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu mengikuti instruksi


Siswa mampu menirukan gerakan menangkap bola.


Siswa mampu menirukan gerakan melempar bola


Siswa mampu bermain dengan sportif.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam, sub tema perkembangan teknologi pangan pembelajaran ke 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Perubahan Alam
Sub Tema 1                   :  Perkembangan Teknologi Pangan
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.2    Mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.2    Menuliskan hasil pengamatan dari percobaan perubahan wujud.
4.1.3    Menyimpulkan hasil percobaan berupa teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara tertulis.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5    Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/pengurangan bilangan sampai dua angka.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1. Mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
4.2.8. Menuliskan kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan penjumlahan.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2    Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.5    Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi pola irama rata lagu bertanda birama enam.
4.5.1    Menyanyikan lagu wajib birama enam dengan ketukan yang benar.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca instruksi langkah percobaan, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat
¡  Dengan melakukan percobaan berdasarkan instruksi dalam teks, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan perubahan wujud dari benda.
¡  Dengan melengkapi diagram perubahan wujud, siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan berupa teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara tertulis.
¡  Dengan kegiatan diskusi kelompok menyelesaikan kasus persamaan dua ekspresi, siswa dapat mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
¡  Dengan melengkapi persamaan dua ekspresi, siswa dapat menuliskan kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan penjumlahan.
¡  Dengan mendengarkan ketukan pada alat musik ritmis, siswa dapat mengidentifikasi pola irama rata lagu bertanda birama enam.
¡  Dengan mengikuti arahan guru dalam menyanyikan lagu wajib berjudul “Tanah Airku”, siswa dapat menyanyikan lagu wajib birama enam dengan ketukan yang benar

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membaca instruksi langkah percobaan
¡  Melakukan percobaan berdasarkan instruksi dalam teks
¡  Melengkapi diagram perubahan wujud
¡  Melengkapi persamaan dua ekspresi
¡  Mendengarkan ketukan pada alat musik ritmis.
¡  Lagu wajib berjudul “ Tanah Airku”


F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Alam”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Siswa diperlihatkan contoh es lilin atau es batu.(Mengamati)
¡  Guru mengajukan pertanyaan, terbuat dari apakah es batu atau es lilin ini? Bagaimana proses membuat es batu atau es lilin.(Menanya)
¡  Perwakilan siswa memberikan pendapatnya, bagaimana proses dari air menjadi es.(Mengasosiasi)
¡  Siswa berdiskusi tentang proses mencair yang terjadi pada es tersebut, beberapa arahan pertanyaan : (Mengekplorasi)
a. Apa wujud awal dari Es tersebut? (cair)
b. Apa yang terjadi setelah Es tersebut dibekukan di dalam lemari Es? (air menjadi benda padat, atau membeku)
c. Apa yang terjadi setelah es tersebut dibiarkan beberapa di udara terbuka? (kembali menjadi air, atau mencair)
¡  Siswa mencatat kosa kata baru yang baru diperkenalkan yaitu MEMBEKU dan MENCAIR beserta definisinya di buku catatan.(Mengekplorasi)
¡  Siswa menuliskan perubahan yang terjadi pada gambar di tabel yang telah diberikan (prediksi)
¡  Siswa diminta untuk membaca penjelasan tentang perubahan wujud di buku siswa.(Mengamati)
¡  Siswa mengajukan pertanyaan terkait wacana tersebut. (Menanya)
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan percobaan untuk mengetahui proses perubahan wujud. (Mengekplorasi)
¡  Guru menyiapkan perlengkapan, jika memungkinkansetiap kelompok dapat menyiapkan perlengkapan masing-masing.
¡  Langkah percobaan adalah sebagai berikut:
   Masing-masing kelompok diberikan bahan percobaan.
   Letakkanlah es batu di dalam wadah selama lebih kurang 5 menit, perhatikan perubahan apa yang terjadi?
   Setelah itu masukkan air ke dalam panci, panaskan air, hati-hati dalam menyalakan kompornya (guru dapat membantu dalam menyalakan kompornya)
   Ambillah wadah yang berisi es batu, letakkan di atas uap air panas yang telah mendidih, perhatikan apa yang akan terjadi?
¡  Siswa menuliskan hasil pengamatannya di tabel yang telah dipersiapkan.
¡  Siswa diarahkan untuk menuliskan laporan dalam bentuk teks laporan.
¡  Setelah membuat laporan hasil pengamatan, siswa melengkapi nama proses percobaan yang telah dilakukan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa melengkapi bagan perubahan wujud yang ada di buku siswa.
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mendengar penjelasan guru tentang kotak susu Lani.
¡  Siswa memperhatikan gambar kotak susu Lani, siswa diminta melengkapi jumlah kotak susu yang dimiliki oleh Lani. (Mengamati)
¡  Siswa berdiskusi dalam kelompok tentang untuk menyelesaikan pertanyaan yang ada di buku.(Mengekplorasi)
¡  Siswa memilih siapa yang mempunyai jumlah kotak susu sama dengan kotak susu milik Lani.
¡  Siswa menuliskan kalimat matematika, misalkan: 12 + 8 = ......+ ......
¡  Bersama guru mendiskusikan jawaban yang tepat. (Mengasosiasi)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru untuk meyelesaikan latihan soal di buku siswa.(Mengamati)
¡  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya, jika ada instruksi yang belum jelas. (Menanya)
¡  Siswa mengerjakan soal latihan di buku siswa, bagian pertama adalah memasangkan satu ekspresi di kotak kiri ke ekspresi yang di kotak kanan.
¡  Siswa menuliskan kalimat matematikanya di bagian buku siswa.
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa diingatkan kembali tentang bermain alat musik ritmis pada pelajaran sebelumnya.
¡  Siswa mengikuti bimbingan guru, melakukan tepuk birama 6.
¡  Siswa memperhatikan teks lagu yang ada di buku siswa. (Mengamati)
¡  Berlatih menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. (Mengasosiasi)
¡  Siswa menyanyikan lagu “Tanah Airku“ mengikuti arahan guru.
¡  Siswa memainkan alat musik ritmis mengiringi lagu “Tanah Airku” dengan alat musik ritmis.
¡  Siswa maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu “Tanah Airku”. Lagu dapat diiringi oleh ketukan birama 6. (Mengkomunikasikan)
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Es lilin /es batu
¡  Es Batu
¡  Baskom
¡  Air
¡  Panci
¡  kompor
¡  Pewarna makanan
¡  Gelas bening

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
a. Menghubungkan diagram perubahan wujud
b. Melengkapi persamaan dua ekspresi

3.    Penilaian Keterampilan :
a. Rubrik membuat laporan percobaan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian langkah
kerja dengan instruksi
Mengikuti
semua instruksi
dengan benar
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam
memahami
instruksi
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
dalam
memahami
instruksi
Tidak satupun
instruksi yang
dilakukan
dengan benar
Penggunaan kalimat
yang efektif dalam
membuat kesimpulan
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
Partisipasi dalam
kelompok
Siswa aktif
dalam kelompok
secara mandiri
Siswa hanya
setengah atau
lebih mengikuti
kegiatan
kelompok secara
mandiri
Kurang dari
setengah
aktivitas diikuti
siswa secara
mandiri
Tidak ada
aktifitas yang
diikuti oleh
siswa secara
mandiri

b. Menyanyikan lagu Tanah Airku
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penguasaan lagu
Konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat tanpa
bimbingan guru
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat tanpa
bimbingan guru
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat
walalupun telah
dibimbing guru
Menyanyi
dengan nada
yang tidak tepat
walaupun telah
dibimbing guru
Kemampuan
memainkan alat
musik ritmis
Mampu
mengembangkan
ritmik dari pola
yang disajikan
Hanya mampu
memainkan
ritmik dari pola
yang disajikan,
tapi tidak
mampu untuk
mengembangkan
Mengalami
kesulitan dalam
meniru ritmik
yang disajikan
Tidak mampu
sama sekali
meniru ritmik
yang disajikan


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam, sub tema perkembangan teknologi pangan pembelajaran ke 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Perubahan Alam
Sub Tema 1                   :  Perkembangan Teknologi Pangan
Pembelajaran                :  4
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Memasangkan kosakata yang tepat dengan deskripsi perubahan wujud benda.
4.1.1    Menyusun kalimat dari kosakata terkait perubahan wujud.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerahTuhan Yang Maha Esa dilingkungan rumah dansekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan  mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.3    Mendeskripsikan bentuk pengamalan sila ke-1 pancasila dalam keseharian.
4.1.3    Mendata hari besar keagamaan yang diperingati sebagai bentuk toleransi beragama di Indonesia.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1.   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
3.8    Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8    Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.2    Mengidentifikasi konsep kebutuhan tidur untuk menjaga kesehatan
4.8.2    Mempresentasikan kondisi yang dapat meningkatkan kualitas tidur untuk  menjaga kesehatan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mendeskripsikan peristiwa perubahan wujud benda dari gambar, siswa dapat memasangkan kosakata yang tepat dengan deskripsi perubahan wujud benda.
¡  Dengan mencari arti dari kata yang baru, siswa dapat memahami kosakata baru.
¡  Dengan menuliskan kalimat, siswa dapat menyusun kalimat dari kosakata terkait perubahan wujud.
¡  Dengan membaca wacana tentang perayaan hari besar, siswa dapat mendeskripsikan bentuk pengamalan sila ke-1 dalam keseharian.
¡  Dengan menandai hari besar keagamaan pada kalender, siswa dapat mendata hari besar keagamaan yang diperingati sebagai bentuk toleransi beragama di Indonesia.
¡  Dengan menyimak bacaan tentang pentingnya tidur untuk kesehatan , siswa dapat mengidentifikasi konsep kebutuhan tidur untuk menjaga kesehatan.
¡  Dengan menuliskan kondisi yang bisa membuat tidur menjadi nyaman, siswa dapat mempresentasikan kondisi yang dapat meningkatkan kualitas tidur untuk menjaga kesehatan.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mendeskripsikan peristiwa perubahan wujud benda dari gambar yang diberikan
¡  Mencari arti dari kata yang baru
¡  Menuliskan kalimat dengan kosa kata baru.
¡  Membaca wacana tentang perayaan hari besar
¡  Menandai hari besar pada kalender
¡  Membaca wacana tentang pentingnya tidur untuk kesehatan



F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Alam”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Siswa memulai pelajaran dengan bermain tebak wujud. Perwakilan diminta untuk mendeskripsikan satu benda, siswa menyampaikan ciri-cirinya, berdasarkan wujud dan fungsinya, dan siswa yang lain menebak benda tersebut. (Mengekplorasi)
Contoh :
   Bentuknya panjang
   Berwujud padat
   Berfungsi memotong.
¡  Siswa melanjutkan kegiatan di buku siswa, latihan untuk mengetahui wujud benda. Tersedia 9 gambar, siswa menuliskan wujud benda tersebut, kata-kata kunci diberikan didalam kotak yang tersedia.
¡  Siswa saling memeriksa hasil pekerjaannya.
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa menuliskan katakata baru yang telah dipelajarinya, siswa menuliskan arti dari kosa kata baru yang dipelajarinya di tempat yang telah disediakan.
¡  Siswa menyebutkan pilihan kata yang menurut pendapatnya baru, dan mendiskusikannya bersama teman-teman di kelas. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mencari arti kata yang didapat dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia.
¡  Siswa membuat kalimat baru dengan menggunakan kata-kata baru yang dimilikinya.
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan guru menuliskan satu kata “TOLERANSI” di papan tuli.(Mengkomunikasikan)
¡  Siswa diarahkan untuk melakukan aktivitas tanya jawab terkait makna kata toleransi. Guru mengarahkan kegiatan ini ke dalam kehidupan keberagaman di Indonesia.(Menanya)
¡  Siswa mencari sila Pancasila yang sesuai dengan semangat menghormati perbedaan keyakinan. (Mengekplorasi)
¡  Perlihatkan kalender yang ada di tahun berjalan, tentang hari-hari Raya di mana merupakan libur Nasional.
¡  Siswa diarahkan pada kegiatan tanya tanya terkait kebijakan yang berlaku di Indonesia yaitu pada pada hari besar keagamaan, walaupun sebagian penduduk yang beragama berbeda tidak merayakan namun tetap diberikan kesempatan untuk menikmati libur Nasional (jawabannya mengarah kepada untuk menghormati pemeluk agama lain yang sedang merayakan hari istimewanya). (Menanya)
¡  Siswa menyimak salah satu siswa lainnya yang membaca nyaring wacana yang ada di buku siswa yang berjudul “Hari Raya”.(Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk memberikan pertanyaan kepada temannya terkait wacana yang baru saja dibacakan. (Menanya)
¡  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
¡  Siswa dalam kelompok, mencermati kalender dan menuliskan hari-hari besar yang diperingati di Indonesia. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menuliskannya di dalam tabel yang sudah disediakan.
¡  Siswa mendiskusikan sikap-sikap toleransi yang harus dibangun oleh setiap anak terkait toleransi terhadap perayaan hari besar.
¡  Kelas dimulai dengan pertanyaan siapa yang merasa lemas dan tidak bersemangat hari ini? (Guru bertanya apakah siswa cukup tidur tadi malam, karena bisa jadi perasaan lemas dan mengantuk pada siang hari disebabkan waktu tidur yang kurang atau kualitas tidur yang tidak bagus).
¡  Siswa dengan bimbingan guru mendiskusikan pentingnya tidur bagi kesehatan.
¡  Siswa menceritakan hal-hal yang dapat menunjangnya tidur dengan nyenyak.(Mengasosiasi)
¡  Guru menunjuk perwakilan siswa untuk menceritakan hal yang dapat membuatnya tidur dengan nyenyak
¡  Guru menyampaikan bahwa penting untuk menjaga kebersihan diri sebelum tidur, seperti gosok gigi, dan mencuci kata sebelum tidur. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa diminta untuk menuliskan apa yang dapat membuatnya tidur nyenyak?
¡  Siswa menuliskan di lembar kerja di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang, apakah suasana tempat tidur berpengaruh pada kualitas tidur? (Menanya)
¡  Setelah itu, siswa menggambarkan suasana kamar tidur yang dapat membuat mereka tidur dengan nyaman. (Mengasosiasi)
¡  Kelas ditutup dengan kesimpulan yang diberikan oleh siswa, apa keutamaan tidur dan faktor apa saja yang dapat menunjang kualitas tidur yang lebih nyenyak.
¡  Jika memungkinkan siswa diminta untuk membaca contoh baju tidur yang dikenakan di rumah. (Mengekplorasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit


H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kalender
¡  Kamus Bahasa Indonesia
¡  Pensil warna



I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
a. Mengisi perubahan wujud benda.
b. Menjawab pertanyaan tentang hari Raya di buku siswa
c. Melengkapi hal-hal yang membuat tidur menjadi nyaman.

3.    Penilaian Keterampilan :
a. Observasi: Membuat kalimat dari kosakata baru.
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu menuliskan kata dengan struktur baku (S-P-O)


Siswa mampu menggunakan huruf besar, dan tanda baca dengan tepat


Keterkaitan antara kata dengan kalimat




b. Observasi : Mengamati dan mencari data hari besar di kalender.
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu mengelompokkan hari besar keagamaan dengan tepat.


Siswa aktif berdiskusi dalam kelompok.



c. Menggambarkan suasana tempat tidur
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu menggambarkan suasana tempat tidur yang nyaman untuk tidur.


Siswa mampu menuliskan pendapatnya tentang suasana tempat tidur siswa.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam, sub tema perkembangan teknologi pangan pembelajaran ke 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Perubahan Alam
Sub Tema 1                   :  Perkembangan Teknologi Pangan
Pembelajaran                :  5
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.1    Mendemonstrasikan percobaan berdasarkan instruksi tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerahTuhan Yang Maha Esa dilingkungan rumah dansekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan  mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.3    Memberikan contoh hak dalam mengamalkan sila ke-1 sesuai konteks/tema.
4.1.3    Menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama sesuai konteks.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1.   Mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam penyelesaian masalah.
4.2.8.   Menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara tulis dengan tepat.
¡  Dengan mengurutkan proses terjadinya hujan, siswa dapat menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara tulis dengan tepat.
¡  Dengan menyimak penjelasan tentang penyelesaian operasi hitung campuran, siswa dapat mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam penyelesaian masalah.
¡  Dengan berlatih menyelesaikan operasi campuran, siswa dapat menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
¡  Dengan mengamati gambar suasana perayaan hari besar, siswa dapat memberikan contoh hak masyarakat dalam mengamalkan sila ke-1 Pancasila sesuai konteks/tema.
¡  Dengan menuliskan pengalaman hari besar keagamaaan yang berkesan siswa dapat menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama sesuai konteks.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Wacana tentang siklus hujan
¡  Mengurutkan proses terjadinya hujan
¡  Penyelesaian operasi hitung campuran
¡  Gambar suasana perayaan hari besar

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Alam”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru mengajak siswa mengamati cuaca hari ini, siswa mendeskripsikan kondisi cuaca saat ini. (Mengamati)
¡  Siswa mendengarkan informasi dari guru, bahwa perubahan cuaca merupakan akibat dari perubahan wujud air di muka bumi (biarkan siswa mempelajari siklus dengan mandiri, informasi yang diberikan hanya sebatas pengaruh perubahan wujud pada proses terjadinya hujan). (Mengekplorasi)
¡  Guru mempersiapkan dan memperlihatkan siklus hujan ke pada siswa, dan siswa memperhatikan gambar siklus hujan yang ada di buku siswa.
¡  Siswa diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan di kelas, siswa lain memberikan tanggapannya terhadap pertanyaan temannya yang lain. Guru memandu dan mengarahkan diskusi. (Menanya) dan(Mengekplorasi)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan dengan guru tentang siklus hujan. (Mengamati)
¡  Siswa Siswa mengurutkan proses hujan berdasarkan pengamatan terhadap gambar siklus dan juga berdasarkan proses tanya jawab yang dilakukan sebelumnya.(Mengekplorasi)
¡  Siswa menuliskan proses terjadinya hujan.
¡  Siswa diminta untuk memperhatikan penulisan huruf besar. Ingatkan penulisan huruf besar yang tepat, di awal kalimat, awal nama orang, awal nama hari, bulan dan Agama.(Mengamati)
¡  Siswa diingatkan pula untuk menggunakan tanda baca yang tepat. (Mengkomunikasikan)
¡  Perwakilan siswa membacakan hasil tulisannya di depan kelas.
¡  Pembahasan dilanjutkan dengan siswa mengamati soal di buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa diberi kesempatan untuk menyelesaikan soal tersebut dengan terlebih dahulu menuliskan kalimat matematika:
15 + 20 – 30 = ..........
¡  Perwakilan siswa maju untuk menyelesaikan soal yang diberikan di papan tulis.(Mengasosiasi)
¡  Siswa mendapatkan penjelasan guru tentang operasi campuran.
Yaitu:
rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam
¡  Siswa kemudian penyelesaian latihan matematika yang ada dibuku siswa(Mengekplorasi)
¡  Siswa menyelesaikan soal matematika dan memberi warna yang tepat sesuai petunjuk
¡  Siswa saling menukar jawaban dengan teman, untuk memeriksa jawaban yang benar.(Mengasosiasi)
¡  Siswa mengamati buku teks siswa.
¡  Kegiatan diawali dengan mengaitkan materi sebelumnya, yaitu: “Pernahkah kamu mengalami pada yang Siti alami di buku siswa?” (Mengasosiasi)
¡  Siswa menyebutkan hari raya agama-agama yang diakui di Indonesia. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menyatakan pendapatnya tentang perayaan hari besar keagamaan yang paling berkesan.
¡  Siswa menuliskan Hari Raya yang paling berkesan yang pernah mereka alami.
¡  Siswa menceritakan peristiwa yang dituliskan di depan kelas.
¡  Kegiatan diakhiri dengan bersama–sama menyimpulkan tentang keragaman umat beragama di Indoensia dan pentingnya sikap saling menghormati antar umat beragama.(Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gambar siklus hujan

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
a. Melengkapi proses terjadinya hujan.
b. Mengisi latihan operasi campuran

3.    Keterampilan
a. Observasi menuliskan kegiatan yang menarik di hari Raya.
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu menuliskan kata dengan struktur baku (S-P-O)


Siswa mampu menggunakan huruf besar, dan tanda baca dengan tepat


Keterkaitan antara kata dengan kalimat





Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd tema perubahan alam, sub tema perkembangan teknologi pangan pembelajaran ke 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 3                            :  Perubahan Alam
Sub Tema 1                   :  Perkembangan Teknologi Pangan
Pembelajaran                :  6
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dancuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.1    Mendemonstrasikan percobaan berdasarkan instruksi tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerahTuhan Yang Maha Esa dilingkungan rumah dansekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan  mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.3    Memberikan contoh hak dalam mengamalkan sila ke-1 sesuai konteks/tema.
4.1.3    Menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama sesuai konteks.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5    Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/pengurangan bilangan sampai dua angka.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1    Mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam penyelesaian masalah.
4.2.8    Menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dan pengurangan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca wacana tentang perubahan wujud benda, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara tulis dengan tepat.
¡  Dengan Menuliskan gagasan pokok ke dalam bentuk bagan, siswa dapat menuliskan gagasan pokok dari isi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara tulisan.
¡  Dengan melengkapi kalimat dengan kata yang tepat, siswa dapat menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara tulisan.
¡  Dengan membuat soal cerita dari operasi hitung campuran, siswa dapat mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam penyelesaian masalah.
¡  Dengan memecah masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran, siswa dapat menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
¡  Dengan mengisi daftar sikap tentang toleransi, siswa dapat menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama sesuai konteks.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Wacana tentang perubahan wujud benda.
¡  Menulis gagasan pokok ke dalam bentuk bagan
¡  Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
¡  Soal cerita dari operasi hitung campuran.
¡  Mengisi daftar sikap tentang toleransi

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Alam”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Siswa diperlihatkan air berisi gelas, guru menanyakan: (Mengkomunikasikan)
a.   Bagaimana caranya agar air bisa berubah menjadi es? (jawaban: diletakkan di lemari pendingin).
b.   Apakah es dapat berubah kembali menjadi air? (bisa, dengan cara diletakkan di suhu ruangan).
c. Apakah es yang telah mencair bisa kembali menjadi es? (bisa, dengan cara meletakkan kembali ke lemari pendingin).
¡  Siswa membaca wacana yang ada di buku siswa “Jenis Perubahan Wujud Benda”.
¡  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya hal yang belum mereka pahami dari wacana yang dibaca. (Menanya)
¡  Siswa diperkenalkan istilah perubahan dapat kembali, atau dinamakan perubahan fisika. Perubahan fisika atau perubahan wujud yang dapat kembali yaitu perubahan benda yang tidak menghasilkan benda baru dan sifat perubahannya tidak tetap (sementara).(Mengasosiasi)
¡  Siswa memberikan contoh perubahan fisika yang mereka amati di sekitar mereka(Mengamati)
¡  Siswa diperlihatkan kertas koran yang diletakkan di atas piring, lalu kertas tersebut dibakar, guru menanyakan:
a.   Apa yang terjadi pada kertas setelah dibakar? (berubah menjadi abu)
b.   Apakah kertas yang sudah dibakar bisa kembali seperti semula? (tidak bisa )
¡  Siswa diperkenalkan istilah perubahan tidak dapat balik, atau dinamakan perubahan kimia, Perubahan kimia atau perubahan wujud yang tidak dapat balik yaitu perubahan benda yang menghasilkan benda baru dan sifat perubahannya tetap.(Mengekplorasi)
¡  Siswa dalam kelompok mendiskusikan contoh-contoh perubahan fisika dan kimia yang ada di lingkungan sekitar.
¡  Siswa menuliskan hasil diskusi di dalam tabel yang telah disediakan.
¡  Setelah itu perwakilan siswa mempresentasikan contoh perubahan fisika dan kimia. (Mengkomunikasikan)
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan Siswa melengkapi bagan yang kosong yang ada di buku siswa.
¡  Setelah itu melengkapi kata yang hilang dari pernyataan yang ada di buku siswa.
¡  Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab seputar materi yang telah dipelajari.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya menguasai operasi hitung campuran, karena dalam kehidupan kita harus  menyelesaikan permasalahan yang melibatkan operasi hitung campuran(Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk membaca soal yang ada di buku siswa, yaitu:
Murid kelas 3 terdiri dari 24 murid laki-laki dan 46 murid perempuan. 10 orang murid kelas 3 tidak dapat masuk dikarenakan hujan sangat deras, dan jalan menuju sekolah tertutup banjir. Berapakah jumlah siswa yang masuk sekolah?
¡  Siswa mencoba untuk menyelesaikan dengan menuliskan kalimat matematika di dalam kotak yang tersesia. (Mengekplorasi)
¡  Minta perwakilan siswa untuk maju menuliskan pendapatnya.
¡  Siswa memberikan pendapatnya apakah jawaban yang ditulis temannya terhadap soal buatannya telah benar.
¡  Siswa memperhatikan soal yang ada di buku siswa, siswa menyelesaikan soal tersebut dengan mandiri. Ingatkan siswa untuk menuliskan cara dalam proses perhitungannya di buku Siswa.
¡  Siswa dengan panduan guru memeriksa hasil perhitungan yang sudah dilakukan.(Mengasosiasi)
¡  Siswa mendengarkan cerita guru tentang pentingnya kerukunan umat beragama.(Mengamati)
¡  Guru menjelaskan bahwa sejak Indonesia memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, Indonesia sudah mengakui keberagaman suku bangsa dan agama. Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan budaya, merupakan negara yang kaya. Kita dapat bersatu karena semangat menghormati keragaman yang ada di tanah air kita. Begitu juga dengan agama, kita harus menghormati keberagaman agama yang ada. Dalam berinteraksi baik di dalam sekolah ataupun di luar sekolah, kita harus dapat bekerja sama dengan banyak orang dengan latar budaya dan agama yang berbeda. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa memberikan pendapatnya tentang bagaimana seharusnya kita menyikapi keberagaman yang ada. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati pernyataan yang ada di buku siswa, dan mengisi bagaimana sikap mereka terhadap pernyataan tersebut.(Mengamati)
¡  Menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu Dari Sabang sampai Merauke bersama–sama. (Mengkomunikasikan)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gelas
¡  Air
¡  Kertas Koran
¡  Korek Api

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
a. Melengkapi tabel Perubahan wujud benda
b. Menyelesaikan kalimat matematika

3.    Keterampilan
a. Observasi : Diskusi kelompok
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu berpartisipasi dalam kelompok.


Siswa mampu berdiskusi dengan bahasa yang sopan dan santun.



b. Observasi Mengisi tabel sikap toleransi
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu menunjukkan sikap toleransi


Siswa mampu berdiskusi dengan bahasa yang sopan dan santun



J.      REFLEKSI
1.  Hal-hal yang menggambarkan keberhasilan dan perlu dipertahankan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. Siswa yang perlu mendapat perhatian, remedial dan pengayaan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

mudah - mudahan dengan contoh rpp kurikulum 2013 kelas 3 sd yang mengambil tema perubahan alam dengan sub tema perkembangan teknologi pangan dari pembelajaran ke 1 sampai dengan ke 6 ini dapat membantu dalam melaksanakan pembelajaran dengan hasil yang memuaskan.
Loading...


EmoticonEmoticon