perkembangbiakan hewan dan manusia, materi ipa kelas 6 sekolah dasar - alfa singasari

perkembangbiakan hewan dan manusia, materi ipa kelas 6 sekolah dasar

loading...
loading...

Dengan mempelajari perkembangbiakan hewan dan manusia yang merupakan pelajaran ipa kelas 6 ini diharapkan siswa didik sekolah dasar dapat dengan mudah paham tentang cara dan bagaimana perkembangbiakan hewan dan manusia.

Perkembangbiakan Hewan Tak Bertulang Belakang

Hewan tak bertulang belakang disebut juga hewan invertebrata. Perkembangbiakan hewan tak bertulang belakang dapat terjadi secara generatif dan vegetatif.

a. Perkembangbiakan secara tak kawin (vegetatif)
Perkembangbiakan secara vegetatif terjadi tanpa melalui proses pembuahan. Perkembangbiakan vegetatif pada hewan invertebrata meliputi:

1) Tunas
perkembangbiakan hewan dan manusia, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Hydra merupakan contoh hewan yang berkembang biak dengan bertunas. Hydra yang sudah cukup tua dan besar membentuk tunas. Tunas ini kemudian lepas dari induknya dan berkembang menjadi individu baru.

2) Membelah diri
perkembangbiakan hewan dan manusia, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Membelah diri adalah proses pembentukan individu baru melalui proses pembelahan diri. Pembelahan diri menghasilkan dua individu baru atau lebih. Contoh hewan yang berkembang biak dengan membelah diri yaitu Amoeba dan Paramaecium.








3) Spora
perkembangbiakan hewan dan manusia, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Hewan yang berkembang biak dengan membentuk spora contohnya Plasmodium. Beberapa jenis Plasmodium dapat menyebabkan penyakit malaria.







4) Partenogenesis
Sel telur tanpa proses pembuahan dapat tumbuh menjadi individu baru. Contohnya pada lebah.

b. Perkembangbiakan hewan secara kawin (generatif)
Perkembangbiakan secara kawin pada hewan invertebrata meliputi:
1) Anisogami
Anisogami yaitu peleburan dua sel kelamin yang berbeda bentuk dan ukurannya. Misalnya pada Hydra dan cacing tanah.
2) Konjugasi
Konjugasi merupakan perkawinan 2 jenis individu yang belum dapat dibedakan jenis kelaminnya. Dua hewan sejenis bergabung (konjugasi) kemudian berpisah. Masing-masing bagian yang terpisah ini akan menjadi individu baru.

Perkembangbiakan Hewan Bertulang Belakang

Perkembangbiakan hewan bertulang belakang atau vertebrata terjadi melalui proses peleburan sel kelamin. Peleburan antara sel kelamin jantan dan betina disebut pembuahan. Pembuahan dapat terjadi melalui dua cara, meliputi:
1) Pembuahan eksternal atau pembuahan di luar sel. Artinya peleburan sel telur dan sel sperma terjadi di luar tubuh induk betina. Contohnya ikan dan katak.

2) Pembuahan internal atau pembuahan di dalam sel. Artinya peleburan sel telur dan sperma terjadi dalam tubuh induknya. Contohnya mamalia, reptil, dan burung. Sel telur yang telah dibuahi disebut zigot. Zigot akan berkembang menjadi individu baru.
Perkembangbiakan generatif pada hewan vertebrata dapat terjadi secara ovipar, vivipar, atau ovovivipar. Perkembangbiakan secara ovipar yaitu perkembangbiakan dengan bertelur. Contoh: ayam, burung, dan ikan. Vivipar adalah cara perkembangbiakan dengan beranak. Contoh: anjing, gajah, harimau, dan kucing. Sedangkan ovovivipar adalah cara perkembangbiakan dengan bertelur dan beranak. Contoh: ular, kadal, dan buaya.

Perkembangbiakan Manusia

Perkembangbiakan pada manusia terjadi secara generatif. Perkembangbiakan secara generatif yaitu terjadi peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Sel kelamin jantan disebut sperma dan sel kelamin betina disebut ovum. Perhatikan gambar di bawah ini. Sumber: Ensiklopedia mini, 2003
perkembangbiakan hewan dan manusia, materi ipa kelas 6 sekolah dasar

sperma setiap hari. Sperma bergerak di sepanjang saluran sperma (vas deferens), lalu keluar melalui penis. Ovarium melepaskan satu sel telur setiap bulan. Telur akan dibuahi bila bertemu dengan sperma. Pembuahan terjadi di sepanjang tuba falopi menuju uterus (rahim).






perkembangbiakan hewan dan manusia, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Ovarium melepaskan satu sel telur setiap bulan. Telur akan dibuahi bila bertemu dengan sperma. Pembuahan terjadi di sepanjang tuba falopi menuju uterus (rahim).







perkembangbiakan hewan dan manusia, materi ipa kelas 6 sekolah dasar
Dua hari setelah pembuahan, sel telur telah membelah menjadi empat sel. Sel-sel tersebut akan terus membelah hingga menjadi milyaran sel. Milyaran sel ini akan membentuk tubuh manusia. Bayi yang berusia 38-40 minggu sudah siap untuk dilahirkan. Beberapa minggu sebelumnya ia berputar dalam rahim. Selama proses kelahiran, otot dinding rahim mulai berkontraksi. Lapisan atau membran yang menyelubungi bayi pecah. Pecahnya lapisan ini akan mendorong bayi keluar melalui vagina.





demikian materi pelajaran ipa kelas 6 tentang perkembangbiakan hewan dan manusian mudah - mudahan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin
Loading...


EmoticonEmoticon