obat asam lambung bahan alami untuk pria dan wanita - alfa singasari

obat asam lambung bahan alami untuk pria dan wanita

loading...
loading...
obat asam lambung bahan alami untuk pria dan wanita - Umumnya penderita asam lambung yang sedang kumat pasti mencari berbagai macam obat asam lambung untuk meredakan atau meringankan gejala seperti nyeri, mual, kembung, rasa cepat kenyang, panas atau seperti ditusuk-tusuk di bagian ulu hati kita tepatnya lambung kita. Penyakit asam lambung atau sakit maag atau istilah medisnya disebut dispepsia. Lambung atau maag merupakan organ percernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi atau sari-sari makanan yang kita makan melalui rongga mulut. Dinding lambung kita terdiri atas 4 lapisan yaitu: mucosa, submucosa, muscularis dan serosa.

  1. Mucosa, merupakan lapisan yang mengeluarkan berbagai macam cairan seperti hormon, enzim dan asam lambung.
  2. Submucosa, merupakan lapisan yang terdapat pembuluh darah arteri dan vena yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel perut dan juga membawa nutrisi yang diserap seperti urea dan karbon dioksida dari sel tersebut.
  3. Muscularis, merupakan lapisan otot yang membantu dalam pencernaan mekanis. Lapisan muscularis terbagi atas 3 lapisan otot yaitu otot memanjang, otot melingkar dan otot menyerong. kontraksi dari ketiga otot ini menghasilkan gerak peristaltic atau gerak menggelombang yang menyebabkan makanan di dalam lambung diaduk-aduk.
  4. Lapisan terluar, serosa yang berfungsi sebagai lapisan pelindung perut. Sel-sel dalam lapisan serosa mengeluarkan cairan untuk mengurangi gesekan antara perut dengan anggota tubuh yang lain.

penyebab asam lambung
obat asam lambung bahan alami untuk pria dan wanita


pH lambung yang normal berkisar di antara 1 – 3 di perut bagian bawah dan 4 – 6 di perut bagian atas. Asam klorida dalam lambung yang menyebabkan pH rendah yang fungsinya untuk membantu berfungsinya enzim pepsin. pH tubuh yang sehat biasanya seimbang antara asam dan basa. Asam lambung berfungsi untuk membunuh bakteri penyakit yang masuk bersama-sama dengan makanan yang kita makan dan kemudian asam lambung menstabilkan zat gula yang berasal dari penguraian sebelumnya dan membantuk merangsang produksi enzim.
  • Pola makan yang tidak teratur
  • Makanan yang terlalu berlemak, pedas, asam
  • Sering telat makan
  • Stress

Umumnya orang yang asam lambungnya naik atau kumat, biasanya orang memilih obat asam lambung yang termasuk obat antisida yaitu obat yang menghambat sekresi asam lambung. Obat asam lambung ini hanya sementara meredakan asam lambung atau sakit maag dan sewaktu-waktu penyakit asam lambung ini dapat kambuh atau bahkan menjadi lebih parah.

Mencegah Penyakit Asam Lambung atau Dispepsia

  • Menjaga pola makan yang teratur dan gaya hidup sehat
  • Membiasakan mengunyah makanan sebanyak 32 kali dengan tujuan agar makanan yang masuk ke lambung sudah benar-benar lembut dan mudah dicerna oleh lambung.
  • Hindari makanan yang dapat memicu penyakit maag seperti makanan terlalu pedas, asam, keras, alkohol.
  • Hindari stress atau depresi karena stress dapat memicu asam lambung naik.
  • Hindari rokok. Rokok bukan hanya merusak paru-paru, tetapi juga dapat merusak organ tubuh yang lain salah satunya organ pencernaan lambung.

obat asam lambung bahan alami dari resep obat alami keluarga
obat asam lambung bahan alami untuk pria dan wanita

1.Curcuma Domestica Rhizoma ( Kunyit )
Kunyit memiliki banyak manfaat yang dapat membantunya dalam menurunkan asam lambung, karena kunyit memiliki fungsi sebagai memproduksi dalam menurunkan asam lambung yang tinggi, dan selain itu juga dapat membantunya dalam mengatasi infeksi pada bagian selaput lendir dan juga dapat membuat lambung akan mengurangi sakit akibat dari kekejangan otot pada bagian dinding lambung.

2.Curcuma Xanthoriza Rhizoma ( Temulawak)
Temulawak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan terutama yaitu dengan mengeluarkan racun dan kotoran didalam sistem pencernaan karena temulawak dapat membantunya dalam memelihata kesehatan lambung dan sudah bersifat senyawa antiinflamasi (anti radang di dalamnya) sehingga sangat berguna untuk membantunya mengatasi terjadinya pembengkakan di bagian lambung, dan selain itu terdapat manfaat di dalam temulawak yang dapat membantunya dalam mempercepat proses kerja dari usus halus sehingga membuat lambung semakin cepat di kosongkan, dan akan membantunya dalam mengurangi beban dari lambung akibat konsusi makanan serat cairan di dalam lambung.

3.Kencur, 
tidak hanya kunyit, tetapi obat asam lambung dari bahan alami kencur pun bisa digunakan. Bahan alami kencur ini tidak jauh berbeda dengan kunyit, cara membuatnya pun juga sama, dengan menghaluskan kencur lalu direbus bersama air matang secukupnya. Mengkonsumsi air ramuan kencur untuk menurunkan asam lambung dan juga akan mengurangi gejala asam lambung secara perlahan lahan.

4.Lidah buaya, 
kondisi LES yang lemah bisa menyebabkan asam lambung keluar, dan mengkonsumsi makanan yang memicu kenaikan asam lambung naik bisa menyebabkan mual dan muntah. Oleh sebab itu obat asam lambung dari bahan alami lidah buaya bisa digunakan dengan mengkonsumsi daging dari lidah buaya.

5.Cuka apel, obat asam lambung dari bahan alami fermentasi apel atau dikenal juga dengan nama lain cuka apel akan membantu mengatasi penyakit asam lambung. Dengan mengkonsumsi air yang dicampurkan dengan cuka apel lalu diminum secara teratur. 

demikianlah obat asam lambung naik dengan bahan alami yang berasal dari resep obat alami keluarga yang disajikan secara menarik, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membantu menyembuhkan sakit asam lambung yang naik.
Loading...


EmoticonEmoticon